GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Suplemen Penting untuk Mengatasi Hipertensi, Kolesterol Tinggi, dan Gangguan Kecemasan

Dipublish tanggal: Sep 18, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Suplemen Penting untuk Mengatasi Hipertensi, Kolesterol Tinggi, dan Gangguan Kecemasan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Mengonsumsi suplemen tambahan tak hanya menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga membantu memperbaiki kondisi kesehatan tertentu;
  • Suplemen tertentu ternyata bisa digunakan untuk menunjang pengobatan hipertensi, kolesterol tinggi, dan gangguan kecemasan (anxiety);
  • Sebelum mengonsumsi suplemen kesehatan, cari tahu dulu jenis suplemen dan kandungan yang dibutuhkan serta berkonsultasi dengan dokter;
  • Manfaat minyak ikan omega 3 tak hanya membantu menurunkan tekanan darah, tetapi juga menurunkan kadar trigliserida;
  • Untuk mengatasi gangguan kecemasan, suplemen dengan ekstrak chamomile bisa menjadi pilihan, begitu pun dengan kava;
  • Klik untuk mendapatkan produk suplemen dan vitamin ke rumah Anda di HDmall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Temukan dan booking ragam paket pemeriksaan kesehatan dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman di HDMall.

Mengonsumsi suplemen bukan buat gaya-gayaan. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, suplemen dapat digunakan untuk menunjang pengobatan hipertensi, kolesterol tinggi, dan gangguan kecemasan atau anxiety.

Meski demikian, mengonsumsi suplemen tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi suplemen kesehatan, di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8
  • Ketahui jenis vitamin atau mineral yang dibutuhkan;
  • Perhatikan kandungan obat yang tertera di label kemasan;
  • Konsultasikan seluruh penggunaan obat maupun suplemen dengan dokter;
  • Sesuaikan dengan dosis dan aturan pakai yang ada.

Baca juga: Jaga Sistem Imun dengan Konsumsi Vitamin dan Mineral  

Suplemen untuk pengidap hipertensi

1. Minyak ikan omega 3

Minyak ikan atau asam lemak omega 3 dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah yang bisa menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke. Minyak ikan omega 3 juga dapat diandalkan untuk mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).

2. Magnesium

Suplemen yang mengandung magnesium juga bagus untuk penderita hipertensi. Suplemen jenis ini dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur selama 6 minggu. Akan tetapi, suplemen ini tidak dianjurkan untuk pasien yang juga memiliki riwayat penyakit ginjal.

3. Kedelai

Mengonsumsi berbagai makanan atau minuman yang berasal dari kedelai atau suplemen protein kedelai memungkinkan terjadinya penurunan tekanan darah tinggi, terutama tekanan darah sistolik yang normalnya berada di angka 120 mmHg. 

Suplemen kedelai yang mengandung tinggi protein diperkirakan juga dapat membantu menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dalam darah.

Suplemen untuk pengidap kolesterol tinggi

Penderita penyakit kolesterol umumnya akan diberikan obat kolesterol golongan statin, seperti Simvastatin atau Atorvastatin, untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh. Akan tetapi, ada pula suplemen yang memiliki cara kerja mirip dengan obat tersebut. Beberapa jenis suplemen atau vitamin yang digunakan pada penderita kolesterol, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Minyak ikan omega 3

Kandungan EPA dan DHA yang terdapat dalam minyak ikan omega 3 juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida sekitar 30 persen. Meski demikian, asam lemak omega 3 yang secara alami terdapat pada biji rami, canola oil, maupun ikan salmon , juga bisa meningkatkan sedikit kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

2. Angkak (red yeast rice)

Suplemen herbal yang mengandung beras merah hasil fermentasi atau angkak sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Manfaat angkak dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Akan tetapi, beberapa jenis beras merah fermentasi juga mengandung citrinin atau monacolin K yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal--terutama gagal ginjal--sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Baca selengkapnya: Red Yeast Rice: Manfaat, Dosis, & Efek Samping 

3. Coenzyme Q10 (CoQ10)

Mengonsumsi Coenzyme Q10 yang mengandung antioksidan memiliki manfaat penting dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Penggunaan Coenzyme Q10 diperkirakan mampu mengurangi efek samping obat kolesterol golongan statin dalam meredakan nyeri otot.

Suplemen untuk pengidap gangguan kecemasan

1. Ekstrak Chamomile

Ekstrak chamomile seringkali menjadi pilihan dalam meredakan gangguan kecemasan atau anxiety. Teh atau suplemen dengan kandungan chamomile yang kaya antioksidan ini juga sering digunakan untuk mengatasi masalah sulit tidur dan memberikan rasa tenang bagi tubuh. 

2. Kava

Kava yang memiliki kandungan zat aktif kavalakton dikenal ampuh untuk mengatasi gangguan kecemasan. Selain itu, kava dipercaya bisa memberikan rasa rileks pada otot dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Seluruh penggunaan suplemen atau vitamin tambahan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari potensi efek samping atau interaksi obat.

Baca juga: 3 Jenis, Gejala, dan Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthine. What Supplements Can I Take for High Blood Pressure? (https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/supplements-to-lower-blood-pressure).
Harvard Health Publishing. Supplements for three common conditions. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/supplements-for-three-common-conditions).

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app