Juvenile Primary Fibromyalgia - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 568.870 orang

Fibromyalgia adalah kondisi nyeri kronis yang umum dijumpai. Kondisi Ini jauh lebih sering ditemukan pada wanita daripada pria. Biasanya dimulai saat seseorang berusia belasan tahu, Tetapi kondisi ini paling sering ditemukan pada wanita yang berusia 20 hingga 50 tahun. 

Apa itu  Juvenile Primary Fibromyalgia (JFM)?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Fibromyalgia (fibromialgia) adalah sindrom jangka panjang, atau kronis, yang menyebabkan rasa sakit pada otot di seluruh tubuh, persendian, dan jaringan lunak tubuh lainnya.

Istilah "fibromyalgia" berasal dari kata Latin "fibro" untuk jaringan fibrosa, dan bahasa Yunani "myo" untuk otot, dan "algos" yang berarti nyeri. Pada anak-anak, kadang-kadang disebut sebagai sindrom Juvenile Primary Fibromyalgia.

Ciri-ciri rasa sakit fibromyalgia biasanya ditandai oleh daerah nyeri atau nyeri yang terisolasi, kelelahan, kurang tidur, sakit kepala, dan gejala lainnya.

Fibromyalgia sering dianggap sebagai sindrom daripada penyakit karena merupakan kumpulan gejala yang tampaknya terkait tetapi, tidak seperti penyakit, tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi.

Meskipun fibromyalgia adalah kondisi kronis, gejalanya biasanya datang dan pergi. Gejalanya bervariasi dari ringan hingga sangat parah pada orang lain sehingga mengganggu aktivitas normal.

Banyak anak-anak dengan fibromyalgia dapat bersekolah secara teratur, tetapi kemampuan mereka bervariasi tergantung pada keparahan gejala mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Apa penyebab terjadinya sindrom JFM?

Kami tidak tahu penyebab pasti terjadinya JFM. Biasanya diturunkan dalam keluarga, tetapi penyebab genetik belum ditemukan. Kelainan neurotransmiter (bahan kimia yang mengirim sinyal rasa sakit ke otak) dan beberapa hormon telah ditemukan pada orang dewasa dengan fibromyalgia, tetapi kita tidak tahu apakah kelainan ini benar-benar menyebabkan JFM.

Seringkali JFM dipicu oleh sesuatu, seperti Cidera, penyakit atau stres. Hubungan di rumah dan di sekolah, pekerjaan / studi sekolah, kematian dalam keluarga, hanyalah beberapa pemicu stres yang mungkin terjadi.

Gejala lain apa yang bisa timbul berkenaan dengan sindrom ini?

Sebagian besar anak-anak dengan fibromyalgia mengeluhkan nyeri otot pada seluruh tubuh, dengan karakteristik nyeri yang bervariasi dari berdenyut, nyeri tumpul dan nyeri seperti tertusuk-tusuk.

Biasanya, seseorang dengan fibromyalgia juga memiliki sejumlah titik nyeri tempat di mana ia merasa sakit jika titik tersebut ditekan. Biasanya titik nyeri terdapat pada belakang kepala, antara tulang belikat, bahu, dada, leher, pinggul, lutut, dan siku.

Kelelahan (kelelahan) adalah keluhan umum anak-anak dengan fibromyalgia. Karena itu, fibromyalgia dapat disalah artikan dengan sindrom lain yang menyebabkan seorang anak terlihat lelah setiap saat. Fibromyalgia juga biasanya menyebabkan gangguan tidur.

Gejala tambahan lain pada fibromyalgia dapat meliputi:

  • masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus
  • masalah dengan memori atau konsentrasi
  • sakit kepala
  • sifat lekas marah
  • kegelisahan
  • depresi

Orang dengan fibromyalgia sering memperhatikan berbagai faktor eksternal yang dapat membuat gejala mereka lebih buruk, dari stres emosional, cuaca dingin atau lembab.

Bagaimana Anda mengetahui secara pasti jika Anda mengalami kelainan ini?

Tidak ada tes darah atau pemindaian yang dapat mendiagnosis JFMS, tetapi dokter Anda perlu melakukan beberapa tes untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain gejala anak Anda.

Diagnosis JFMS umumnya didasarkan pada pemeriksaan fisik, riwayat medis, dan kriteria diagnostik. Anak Anda harus memiliki semua kriteria utama dan setidaknya tiga kriteria minor di bawah ini.

Kriteria utama

  • Nyeri meluas di tiga tempat atau lebih selama setidaknya tiga bulan
  • Gejala tidak disertai oleh kondisi lain
  • Hasil tes laboratorium dan radiografi normal
  • Nyeri di lima dari 18 titik dimana JFM sering muncul

Kriteria minor

  • Kecemasan kronis
  • Kelelahan
  • Kualitas tidur yang buruk
  • Sakit kepala kronis
  • Gejala saluran pencernaan (IBS)
  • Pembengkakan jaringan lunak
  • Rasa sakit yang diperburuk oleh aktivitas fisik
  • Rasa sakit yang diperparah oleh perubahan cuaca
  • Rasa sakit yang diperburuk oleh kecemasan dan stress

Jika dokter Anda tidak begitu memahami JFM dan bagaimana menanganinya, Anda mungkin ingin mengunjungi dokter spesialis. Ahli reumatologi anak memiliki lebih banyak pelatihan dalam mengenali dan mendiagnosis kondisi ini.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini?

Perawatan untuk fibromyalgia berfokus pada penanganan rasa sakit dan gejala lainnya. Penanganannya dilakukan dengan kombinasi obat-obatan dan perubahan gaya hidup, seperti olahraga, relaksasi, dan teknik manajemen stres.

Tidak ada obat untuk fibromyalgia, tetapi pengobatan telah terbukti meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang menderita sindrom ini.

Pendekatan pengobatan yang direkomendasikan untuk JFMS adalah kombinasi dari beberapa perawatan, dan biasanya melibatkan beberapa praktisi medis. Tidak ada obat untuk JFMS, jadi perawatan ditujukan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi.

Karena gejala spesifik dan keparahannya dapat sangat bervariasi, perawatan harus disesuaikan pada masing-masing orang.

Opsi perawatan termasuk:

  • obat-obatan
  • suplemen nutrisi
  • terapi fisik
  • program latihan terstruktur khusus
  • terapi perilaku kognitif
  • Grup konseling

Prognosis (harapan ke depannya) untuk anak-anak dengan JFM sebenarnya lebih baik dibandingkan orang dewasa dengan JFM. Beberapa anak pulih dengan baik dan memiliki gejala yang secara signifikan lebih ringan ketika dewasa.

Beberapa di antaranya mungkin terus mengalami gejala hingga dewasa. Mungkin saja sebagian besar gejalanya hilang, kemudian muncul kembali di kemudian hari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit