HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Dipakai dalam Pengobatan Diabetes Tipe 2, Bagaimana Cara Kerja Janumet?

Dipublish tanggal: Okt 2, 2020 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Dipakai dalam Pengobatan Diabetes Tipe 2, Bagaimana Cara Kerja Janumet?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Janumet adalah obat yang biasa digunakan dalam terapi diabetes tipe 2. Fungsinya adalah untuk membantu mengontrol kadar gula darah;
  • Janumet memiliki kandungan dua obat diabetes sekaligus, metformin dan sitagliptin. Karena itulah, obat ini sering dipakai untuk mengontrol kadar gula darah dalam kasus diabetes 2 yang tidak bisa diatasi dengan pengobatan tunggal;
  • Janumet tidak bisa digunakan untuk pengobatan diabetes tipe 1;
  • Waspadai risiko penggunaan Janumet dan gunakan obat ini sesuai dosis yang dianjurkan dokter;
  • Klik untuk membeli Janumet dan obat diabetes lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan paket pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Janumet adalah obat yang biasa digunakan dalam terapi diabetes tipe 2. Fungsinya adalah untuk membantu mengontrol kadar gula darah. 

Janumet memiliki kandungan dua obat diabetes sekaligus, metformin dan sitagliptin. Karena itulah, obat ini sering dipakai untuk mengontrol kadar gula darah dalam kasus diabetes 2 yang tidak bisa diatasi dengan pengobatan tunggal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Pahami cara kerja Janumet

Pada diabetes tipe 2, tubuh sudah sangat lelah dengan pola makan tinggi gula. Oleh karena itu, tubuh tetap dapat memproduksi hormon insulin. Akan tetapi, sel di dalam tubuh tidak ;peka' terhadap insulin tersebut sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Nah, metformin bekerja untuk mengatasi masalah tersebut. Metformin dapat merangsang sel yang tidak 'peka' terhadap insulin untuk menjadi lebih peka agar bisa mengubah gula darah menjadi gula otot. Obat ini juga efektif menurunkan produksi gula di hati (glukosa) dan mengurangi penyerapan glukosa ke dalam usus. Kerja metformin dalam Janumet tersebut ditunjang dengan sitagliptin yang dapat mengatur kadar insulin yang diproduksi tubuh setelah makan.

Karena memiliki kandungan metformin dan sitagliptin itulah, Janumet tidak bisa digunakan oleh pengidap diabetes tipe 1. Jangan lupa bahwa dalam kasus diabetes tipe 1, tubuh kekurangan atau sama  sekali tidak bisa memproduksi insulin. Karena itu yang dibutuhkan para pengidap diabetes tipe 1 adalah pemberian insulin untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. 

Baca juga: Kenali 7 Tanda Awal Diabetes Tipe 2

Perhatikan dosis penggunaan Janumet

Dosis obat untuk setiap orang bisa berbeda-beda. Dokter biasanya menentukan dosis obat yang cocok berdasarkan usia, kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respons mereka terhadap pengobatan.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun, termasuk Janumet. Hal ini semata-mata untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan sehingga bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. Dosis lazim Janumet adalah sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dosis untuk pasien yang tidak minum obat metformin

  • 50 mg sitagliptin / 500 mg metformin hidroklorida diminum 2 kali sehari;
  • Peningkatan dosis dilakukan secara bertahap untuk mengurangi efek samping gangguan pencernaan akibat metformin. 

Dosis untuk pasien sudah diobati dengan metformin

  • Dosis sitagliptin 50 mg diminum 2 kali sehari (dosis total harian 100 mg);
  • Untuk pasien yang menggunakan metformin 850 mg, dosis yang dianjurkan adalah 50 mg sitagliptin / 1000 mg metformin hidroklorida diminum 2 kali sehari.

Baca juga: Apakah Madu Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes?

Waspadai risiko efek samping Janumet

Berikut adalah beberapa efek samping Janumet :

  • Efek samping Janumet yang paling umum adalah iritasi pada saluran pencernaan misalnya diare, kram perut, mual, muntah, perut kembung, dan lebih sering buang angin. Efek samping obat ini pada saluran pencernaan lebih tinggi dibandingkan obat anti diabetes lainnya;
  • Efek samping yang lebih serius, tetapi jarang terjadi adalah asidosis laktat. Efek samping ini umumnya terjadi jika pasien juga menderita gangguan hati, ginjal paru, gangguan jantung kongestif, atau mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Jika efek samping ini terjadi segera hentikan pemakaian obat dan hubungi pihak medis. Tanda-tanda asidosis laktat adalah merasa sangat lemah, lelah, atau tidak nyaman, nyeri otot, kesulitan bernapas, gangguan perut, merasa kedinginan, pusing, detak jantung lambat atau tidak teratur.
  • Waspadai terjadinya malabsorpsi vitamin B12 pada penggunaan jangka panjang;
  • Efek samping lain adalah sakit kepala, pusing, edema perifer, infeksi saluran pernapasan bagian atas, nasofaringitis, peningkatan nilai enzim hati, gagal ginjal akut, hipoglikemia, artralgia, mialgia, nyeri pada ekstremitas, dan nyeri punggung;
  • Efek samping yang berpotensi fatal: Pankreatitis akut (misalnya pankreatitis hemoragik atau nekrosis) dan reaksi hipersensitivitas serius (misalnya anafilaksis, angioedema, dan kondisi kulit eksfoliatif termasuk sindrom Stevens-Johnson).

Baca juga: Kadar Gula Normal dan Cara Mencegah Diabetes

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Janumet Tablet Salut Selaput 50 mg + 1000 mg. Pusat Informasi Obat Nasional (PIO Nas). (http://ioni.pom.go.id/obat-baru/janumet-tablet-salut-selaput-50-mg-1000-mg)
Janumet Dosage & Drug Information. MIMS.com. (https://www.mims.com/indonesia/drug/info/janumet)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app