HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Jadikan Hidup Tetap Normal Bersama Psoriasis

Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 1, 2020 Waktu baca: 2 menit
Jadikan Hidup Tetap Normal Bersama Psoriasis

Tubuh tersusun dari rangkaian jaringan hidup hampir di setiap inci tubuh. Bagian luar tubuh terlindungi oleh kulit yang dilapisi jaringan kulit tersendiri. Akan tetapi kulit juga rentan terkena resiko gangguan kulit seperti Psoriasis.

Psoriasis adalah kondisi auto-imun yang mempercepat pertumbuhan siklus sel kulit mati. Kondisi ini mengakibatkan sel kulit menumpuk, kemudian menebal dan timbul sisik berwarna keperakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Pada kasus yang parah kulit menjadi kering kemerahan dan menimbulkan rasa perih yang menyakitkan. Psoriasis akan menyerang beberapa bagian tubuh seperti siku, lutut, tangan, leher dan bahkan wajah.

Cuaca bisa perburuk kulit dengan psoriasis

Psoriasis menjadi salah satu kasus penyakit yang sampai saat ini belum bisa disembuhkan, namun hanya bisa dikurangi intensitas kemunculannya supaya tidak semakin parah. Memilih makanan yang dikonsumsi turut menjadi pertimbangan para penderita psoriasis. 

Selain itu cuaca ekstrem juga turut menjadi salah satu penyebab Psoriasis kembali timbul. 

Sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki akan menerima keadaan cuaca dalam dua kondisi. Pertama akan memperburuk psoriasis dan kedua akan menenangkan psoriasis secara berkala.

  • Cuaca panas akan membuat kondisi kulit menjadi tenang, hal itu terjadi karena sinar matahari bertindak sebagai Imunosupresif atau penekan sistem imun. Akan tetapi Anda tidak diperbolehkan terlalu lama berada di bawah sinar matahari, kondisi tersebut akan memperparah kondisi kulit. 

Disarankan untuk berjemur selama 5 hingga 10 menit saja perhari. Tak lupa oleskan tabir surya sebelum beraktifitas di luar ruangan, kemudian gunakan pakaian dengan bahan yang nyaman untuk mengurangi iritasi dan menjaga sirkulasi udara.

  • Cuaca dingin akan memperburuk kondisi kulit dengan kondisi psoriasis. Hal itu terjadi akibat penurunan kelembaban dan suhu ruangan. Pada saat cuaca sedang dingin, sinar matahari pun akan kekurangan sinar UVB yang baik untuk kulit dengan kondisi psoriasis. 

Gunakan pelembab kulit untuk mencegah kulit kering. Anda juga bisa memanfaatkan pelembab udara atau Humidifier supaya suhu ruangan terjaga dengan baik. Kemudian tambahkan beberapa koleksi tanaman hidup untuk menjaga kelembaban secara maksimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Hidup normal bersama psoriasis

Pengidap psoriasis di Indonesia hanya sekitar 2,5 persen saja, keadaan ini membuat masyarakat tidak begitu akrab dengan salah satu gangguan autoimun ini dan menganggapnya sebagai hal sepele. 

Padahal penyakit ini harus dilalui dengan pengobatan seumur hidup untuk menenangkan kulit dan menghindari kerusakan organ tubuh bagian dalam yakni jantung dan pembuluh darah.

Akan tetapi serangkaian konsultasi ke dokter umum atau spesialis tidak harus menyurutkan semangat hidup. Sebab pada beberapa kasus, pasien tetap bisa melakukan aktifitas seperti biasa dengan penanganan yang tepat.

Pasien psoriasis harus melakukan berbagai kegiatan seperti berikut ini:

  • Mandi dengan rutin minimal 2 kali sehari.
  • Hindari suhu yang terlalu ekstrem.
  • Gunakan pelembab kulit yang cocok.
  • Menjaga berat badan yang ideal.
  • Kurangi kegiatan menggosok permukaan kulit. Baik dengan beragam produk kecantikan atau garukan tangan yang berlebihan.
  • Kurangi makanan berlemak dan kandungan gula yang tinggi.

Tenangkan psoriasis

Apabila psoriasis Anda masih tergolong cukup ringan, cukup aplikasikan obat oles yang bisa menenangkan kulit dari rasa gatal dan percepatan sel kulit mati. Kemudian lakukan aktifitas Anda seperti biasa tanpa rasa khawatir.

Namun segera konsultasi dengan dokter spesialis apabila psoriasis yang Anda alami sudah berada di tahap yang berat atau bahkan menyulitkan beragam aktivitas harian.

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. Psoriasis: Symptoms. (2015, June 17) (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriasis/basics/symptoms/con-20030838)
Mayo Clinic Staff. Psoriasis: Causes. (2015, June 17) (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriasis/basics/causes/con-20030838)
Coimbra, S., Oliveira, H., Belo, L., Figueiredo, A., Rocha-Pereira, P., Santos-Silva, A. (2013, February). Principal determinants of the length of remission of psoriasis vulgaris after topical, NB-UVB, and PUVA therapy: A follow-up study. American Journal of Clinical Dermatology, 14(1), 49-53 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23329079)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Ampuh Redakan Stres
Cara Ampuh Redakan Stres

Untuk meredakan stres pada diri Anda, berikut ada cara mengatasi stres paling ampuh yang bisa diterapkan.

Buka di app