Ingin Hamil Usai Lepas KB?

Dipublish tanggal: Mei 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ingin Hamil Usai Lepas KB?

Ingin Hamil Usai Lepas KB?  

Tidak semua wanita ingin memiliki anak setelah menikah. Untuk mencegah kehamilan, wanita pun diberi pilihan untuk menggunakan alat KB atau kontrasepsi. Dengan memasang alat kontrasepsi, maka wanita dapat mengontrol kehamilannya.

Cara ini dapat membantu pasangan yang ingin merencanakan waktu yang tepat untuk memiliki buah hati. Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan wanita seperti oral, hormonal, kondom dan alat kontrasepsi lainnya. Baru, setelah wanita siap memiliki anak, alat KB tersebut dapat dilepas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Namun, tahukah Anda bahwa wanita membutuhkan waktu untuk dapat memiliki anak usai melepas KB? Seberapa cepatkan wanita dapat kembali subuh dan hamil setelah melepas melepas alat kontrasepsi? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Kapan Wanita Bisa Hamil Usai Melepas KB?
Tahukah Anda, kemampuan wanita untuk hamil ditentukan oleh usianya? Ya, semakin bertambahnya usia, maka kemampuan hamil wanita akan menurun dimulai dari usia 25 tahun. Sehingga, ketika menggunakan alat KB dalam waktu yang cukup lama, kemampuan hamil wanita akan menurun disebabkan usianya yang tidak lagi muda seperti saat ia menggunakan alat KB tersebut. 

Ditambah lagi, kondisi kesehatan wanita yang buruk dan siklus menstruasi yang tidak teratur, dapat berpengaruh terhadap penurunan kesuburan wanita. Waktu untuk dapat hamil kembali setelah melepas KB pun bervariasi tiap individu serta tergantung jenis alat kontrasepsi yang digunakan.

Alat KB Metode Penghalang
Ada beberapa macam alat KB metode penghalang yang tersedia diantaranya diafragma, kondom pria, kondom wanita, cervical cap, spons,suppositoria, dan spermisida (berbentuk busa, krim, dan gel). Penggunaan alat kontrasepsi ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kesuburan Anda. Setelah berniat memiliki anak, maka dengan melepas alat KB dan berhubungan seksual, Anda akan dapat langsung hamil. 

Namun, bagaimana jika terjadi pembuahan secara tidak sengaja usai menggunakan spermisida? Tenang, Anda akan tetap dapat hamil tanpa masalah karena spermisida tidak membahayakan bagi janin.

Alat KB Metode Kombinasi Hormonal
Beberapa jenis KB dengan metode kombinasi hormonal ini diantaranya pil KB, suntikan, dan juga cincin vagina dengan kandungan hormon estrogen dan progestin. Sebenarnya, Anda dapat hamil kembali setelah berhenti menggunakan dosis rendah maupun reguler alat kontrasepsi ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Namun, hal ini kembali lagi terhadap kondisi kesuburan tiap wanita. Kebanyakan, wanita dapat memperoleh kesuburannya kembali setelah berhenti menggunakan alat KB. Namun, ada juga diantara wanita yang memerlukan waktu selama satu bulan atau lebih untuk ovarium bisa melepaskan sel telurnya lagi.

Sedangkan pada penggunaan pil KB, setengah dari wantia dapat hamil di waktu 3 bulan pertama setelah berhenti mengonsumsi. Namun, ada juga yang memerlukan waktu 12 bulan usai berhenti mengonsumsi pil KB. Untuk informasi lebih detail mengenai seberapa cepatnya wanita dapat hamil masih belum tersedia.

Alat KB Metode Hormonal Progestin
Beberapa jenis KB dengan metode ini seperti pil, implan, dan suntikan depo-provera dengan kandungan hormon progestin. Bagi Anda yang ingin hamil setelah menggunakan alat KB implan, maka impian tersebut dapat terwujud segera setelah implan dilepas. Sedangkan ketika Anda menggunakan pil progestin, maka kebanyakan wanita dapat hamil setelah 6 bulan berhenti mengonsumsi pil progestin. 

Terakhir, pada penggunaan suntikan depo-provera, Anda dapat subur kembali setelah 13 minggu suntikan terakhir diberikan. Atau, bisa juga membutuhkan waktu lebih lama sekitar setahun untuk dapat terjadi pembuahan lagi. Sebagian besar, wanita dapat hamil setelah 6-7 bulan suntikan terakhir depo-provera.

IUD
Kesuburan wanita yang menggunakan alat KB jenis IUD akan diperoleh kembali setelah siklus haid pertama.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
When will my periods come back after I stop taking the pill? (2015). (http://www.nhs.uk/Conditions/contraception-guide/Pages/when-periods-after-stopping-pill.aspx)
Raine-Bennett T. (2017). Birth control and infertility: Does using birth control hurt my chances of getting pregnant later? (https://www.bedsider.org/features/76-birth-control-and-infertility-does-using-birth-control-hurt-my-chances-of-getting-pregnant-later)
Mikkelsen EM, et al. (2013). Pre-gravid oral contraceptive use and time to pregnancy: A Danish prospective cohort study. DOI: (https://doi.org/10.1093/humrep/det023)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app