Golongan Darah AB Lebih Berisiko Alami Kepikunan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Golongan Darah AB Lebih Berisiko Alami Kepikunan

Apa yang bisa dikatakan oleh golongan darah mengenai kemampuan dan cara berpikir kita? Cairan merah yang mengalir melalui pembuluh darah kita ternyata memiliki kekuatan lebih dari yang ilmuwan perkirakan selama ini. Sebuah studi selama tiga tahun menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB ternyata dua kali lebih mungkin untuk mengalami masalah memori dibanding orang dengan golongan darah O. Tapi temuan ini tidak perlu membuat Anda yang bergolongan darah AB khawatir, ada banyak faktor lain yang memengaruhi seseorang terkena demensia (kepikunan) lebih dari golongan darah. 

"Studi kami mengevaluasi hubungan antara golongan darah dengan risiko kerusakan kognitif. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes dapat meningkatkan risiko gangguan kognitif dan demensia," kata pemimpin penelitian Dr. Mary Cushman dari Universitas Vermont College of Medicine. "Golongan darah juga terkait dengan gangguan pembuluh darah lainnya seperti stroke. Temuan ini menyoroti hubungan antara masalah pembuluh darah dan kesehatan otak. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hasil penelitian kami."

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Para peneliti meneliti 495 relawan yang memiliki masalah memori dan masalah kognitif lainnya dan membandingkan mereka dengan 587 orang yang tidak punya masalah kognitif. Mereka yang memiliki golongan darah AB terdiri enam persen dari seluruh kelompok dan mereka adalah orang-orang yang mengalami gangguan kognitif. Selain itu, 82 persen relawan  memiliki kesulitan dengan kemampuan mengingat kembali hal yang pernah diingat sebelumnya, kesulitan bahasa, dan tingkat fokus mereka terhadap hal yang terjadi sehari-hari. Semua itu adalah  sinyal progresif defisit memori atau demensia.

"Bukti-bukti saat ini menunjukkan cara terbaik untuk menjaga otak tetap sehat adalah diet seimbang, tidak merokok, dan olahraga teratur," Dr. Simon Ridley, kepala penelitian di Alzheimer Research UK. Dia menambahkan,  penelitian tidak melihat risiko demensia secara khusus dan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuat hubungan definitif antara golongan darah AB dan risiko demensia.

Penelitian sebelumnya memang telah membuktikan bahwa golongan darah AB lebih berisiko mengalami gangguan pembuluh darah terkait dengan tingkat pembekuan protein VIII yang lebih tinggi. Protein VIII berfungsi untuk membantu darah  menggumpal dan menghentikan pendarahan ketika kita terluka. Darah yang dimiliki oleh mereka dengan golongan darah AB, cenderung lebih cepat membeku dan ini berpotensi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau penyumbatan pembuluh darah lainnya. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Blood types: What are they and what do they mean?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/218285.php)
How to Find Out Your Blood Type: Home Testing & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-find-out-your-blood-type)
Blood Type Diet: Eating for Types O, A, B, & AB. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/a-z/blood-type-diet)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Mengenal Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O
Mengenal Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

ujuan mengenal karakteristik golongan darah ialah untuk meminimalisir risiko terkena komplikasi. Karena apabila terjadi ketidakcocokan antara ABO dan Rh pada saat transfusi darah dapat membahayakan nyawa seseorang.

Buka di app