Ginkgo Biloba: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 14, 2019 Update terakhir: Nov 8, 2021 Waktu baca: 5 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ekstrak tanaman ginkgo biloba sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional di Cina. Saat ini, ginkgo biloba juga tersedia dalam kemasan tablet, ekstrak cairan, kapsul;
  • Khasiat tanaman herbal ginkgo biloba juga dipercaya dapat mengatasi kondisi yang berhubungan dengan gangguan memori atau fungsi kognitif pada otak;
  • Manfaat ginkgo biloba lainnya terutama bagi wanita adalah membantu mengurangi gejala PMS termasuk nyeri, gelisah, hingga rasa lemas;
  • Dosis umum ginkgo biloba yang disarankan adalah 120-240 mg sehari atau dosis untuk orang dewasa adalah 3 tablet sehari. Ikuti petunjuk dokter;
  • Klik untuk membeli suplemen ginkgo biloba atau obat herbal lain di HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Ginkgo biloba adalah pohon besar yang memiliki daun berbentuk kipas dan merupakan tanaman asli Cina, Jepang, dan Korea yang dianggap sebagai salah satu pohon tertua yang masih hidup dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang menakjubkan. Ekstrak tanaman ginkgo biloba sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional di Cina.

Ginkgo biloba (Salisbury adiantifolia) disebut juga dengan pohon gadis atau tanakan merupakan tanaman obat dalam kategori divisi Ginkgophyta yang tersisa karena spesies lainnya sudah punah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Ginkgo biloba mengandung antioksidan yang mampu bekerja secara efektif dalam sistem aliran darah pada area mata, telinga, dan juga otak.

Apa itu Ginkgo Biloba?

Ginkgo biloba terkenal sebagai makanan yang baik untuk nutrisi otak karena memiliki kemampuan yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak. 

Khasiat tanaman herbal ini juga dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi yang berhubungan dengan gangguan memori atau fungsi kognitif pada otak.

Selain itu, manfaat ginkgo biloba dikenal untuk meningkatkan sirkulasi aliran darah pada otak terutama pada orang lanjut usia, membantu mengatasi gangguan memori pada penderita Alzheimer, serta membantu mengatasi beberapa kondisi seperti hilang ingatan, pusing, sulit berkonsentrasi, dan gangguan mood.

Biji ginkgo biloba mengandung zat yang dipercaya dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi dalam tubuh. Perlu diketahui, biji ginkgo juga mengandung racun yang dapat menimbulkan efek samping serius seperti kejang dan kehilangan kesadaran. 

Oleh karena itu, penggunaan ginkgo biloba harus disesuaikan dengan kondisi pasien dan anjuran dokter agar mendapatkan manfaat yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Mengenai Ginkgo Biloba 

Golongan

Obat hebal

Kemasan

Tablet, ekstrak cairan, kapsul

Kandungan

Antioksidan, bilobalide, ginkgolide, asam ginkgolic, gingols, asam shikimic

Manfaat Ginkgo Biloba

Manfaat ginkgo biloba bagi kesehatan bisa ditujukan untuk perawatan area kulit, rambut, hingga fungsi otak. 

7 Manfaat ginkgo biloba adalah:

1. Memperbaiki pembuluh darah

Ginkgo biloba sudah digunakan sebagai tanaman herbal yang dapat memperbaiki pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Anti Inflamasi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 42

Aliran darah tubuh yang lancar akibat konsumsi ginkgo biloba terjadi akibat efek anti trombus atau anti pembekuan darah yang dapat membantu menjaga fungsi kerja otak, mata, telinga, dan kaki. 

Manfaat ginkgo biloba juga dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan merangsang aliran darah hingga ke setiap ujung sel sehingga penyakit seperti stroke akibat penyumbatan darah dapat teratasi.

2. Mengatasi peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau invasi zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Tanda peradangan yang bisa menjadi penyebab munculnya macam penyakit antara lain nyeri sendi, rematik, asam urat, dan arthritis. 

Peradangan tersebut umumnya dapat diatasi dengan mengonsumsi ginkgo biloba karena kandungan sifat anti inflamasi dalam ginkgo biloba dianggap dapat mengurangi peradangan. 

3. Meningkatkan konsentrasi

Enzim perangsang sistem neurotransmitter bekerja meningkatkan konsentrasi dan antioksidannya bekerja dalam membersihkan jaringan yang terkena radikal bebas. 

Salah satu manfaat ginkgo biloba adalah dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, meningkatkan fungsi otak, serta membantu mengatasi kelelahan pada otak.

4. Mengatasi depresi

Manfaat ginkgo biloba lainnya juga bisa membantu mengatasi depresi. Hormon yang terkandung dalam ginkgo biloba dapat meningkatkan sirkulasi dan metabolisme tubuh serta meningkatkan nutrisi pada otak. 

Selain itu, karena memiliki sifat antiinflamasi, ginkgo biloba juga menghasilkan hormon dopamine dan serotonin yang dapat memberikan rasa semangat dan bahagia serta mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh.

5. Mengatasi ADHD pada anak

Kondisi anak yang hiperaktif dan anak yang memiliki tingkat kematangan mental yang rendah atau biasa disebut ADHD (Attention deficit-hyperactivity disorder) dapat diatasi melalui pemberian ginkgo biloba. 

Menurut sebuah penelitian, nutrisi pada ginkgo biloba yang digunakan selama enam minggu dipercaya terbukti efektif dalam memperbaiki kondisi AHDH, tetapi hal ini masih perlu dipelajari lebih jauh untuk memastikan kebenarannya.

6. Mengatasi asma

Manfaat ginkgo biloba juga diperkirakan dapat membantu mengatasi asma dan penyakit peradangan di saluran pernapasan lainnya. Hal ini dikarenakan produk ginkgo bilibo memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan fungsi saraf serta mengatasi gangguan pernapasan yang dialami. 

7. Mengatasi masalah menstruasi (PMS)

Menurut sebuah hasil penelitian, ginkgo biloba sangat baik digunakan oleh wanita karena kandungannya memberikan efek positif untuk mengatasi nyeri perut, gelisah, perubahan mood yang mendadak, sampai meringankan rasa lelah selama masa menstruasi. Manfaat ginkgo biloba juga baik dikonsumsi wanita yang akan memasuki fase menopause.

Efek samping Ginkgo Biloba

Penggunaan ginkgo biloba dapat memberikan efek samping bagi penggunanya, termasuk:

  • rasa mual
  • diare
  • pusing
  • sakit kepala
  • sakit perut
  • alergi
  • ruam pada kulit

Dosis Ginkgo Biloba

Dosis ginkgo biloba diberikan sesuai dengan kebutuhan dan usia pengguna, tetapi secara umum dosis yang disarankan adalah 120-240 mg sehari atau dosis untuk orang dewasa adalah 3 tablet sehari. Untuk memastikan dosis penggunaan yang tepat sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Interaksi Ginkgo Biloba 

Obat antikoagulan/antiplatelet untuk memperlambat pembekuan darah

Efek ginkgo biloba dapat memperlambat pembekuan darah sehingga penggunaan secara bersamaan dengan obat pembekuan darah lainnya dapat meningkatkan peluang terjadinya memar dan pendarahan. 

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan darah secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ginkgo biloba.

Beberapa obat yang dapat memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), diklofenak (Voltaren, Cataflam), ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Anaprox, Naprosyn), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, dan warfarin (Coumadin).

Perhatian

  • Ginkgo biloba tidak boleh dikonsumsi pada ibu hamil dan menyusui
  • Ginkgo biloba tidak aman untuk dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak
  • Pemakaian ginkgo biloba terhadap orang dengan tekanan darah yang tidak stabil harus diperhatikan karena kandungannya dapat memengaruhi tekanan darah
  • Perhatian yang ekstra perlu diberikan pada penderita jantung, diabetes, gangguan lambung, gangguan otot, dan orang yang memiliki riwayat kejang
  • Hindari pemakaian ginkgo biloba dengan obat-obatan seperti insulin, aspirin, antikoagulan, antiplatelet, dan obat anti inflamasi
  • Ginkgo biloba mungkin dapat menyebabkan infertilitas sehingga dapat mengganggu rencana kehamilan, konsultasikan dengan dokter
  • Hentikan penggunaan ginkgo biloba minimal 2 minggu sebelum operasi atau pembedahan karena dapat memperlambat pembekuan darah


Artikel terkait:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gingko Biloba. American Academy of Family Physicians (AAFP). (https://www.aafp.org/afp/2003/0901/p923.html)
Ginkgo Biloba: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/ginkgo-what-should-you-know-about-it-88329)
12 Benefits of Ginkgo Biloba (Plus Side Effects & Dosage). Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/ginkgo-biloba-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app