Gejala Muntah Kuning - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 566.259 orang

Muntah, tentunya hal yang sangat lumrah dan sering terjadi di sekitar kamu. Ya kamu sendiri tentunya pernah merasakan mual dan muntah. Muntah memang bukanlah suatu penyakit, namun muntah merupakan akibat adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuh mu sehingga memaksa tubuh mu mengeluarkan hal hal yang tidak baik tersebut lewat proses muntah.

Ini ialah reaksi dalam tubuh mu dalam menolak dan memfilter hal hal yang tidak baik yang masuk dalam tubuhmu. Lalu bagaimana bila muntah yang kamu keluarkan berwarna kuning ? apakah penyebabnya ? Dan bagaimana cara mengatasi nya? Yuk simak lebih lanjut artikel ini untuk menjawab rasa penasaran mu.

Muntah

Muntah, ialah suatu proses reaksi tubuh yang secara refleks melindungi tubuh kamu dari zat zat berbahaya dan zat racun yang masuk ke dalam tubuhmu secara tidak sengaja. Lambung dan usus secara otomatis akan saling bereaksi dan akan mengeluarkan segala isi lambung dan usus yang tidak baik lewat muntahan yang keluar dari mulut mu.

Selain mengeluarkan zat zat racun dan berbahaya, muntah pun dapat menjadi suatu cara tubuh dalam mengurangi tekanan akibat adanya sumbatan atau pembesaran pada organ yang sering mengakibatkan penekanan pada saluran pencernaanmu.

Biasanya sebelum kamu muntah, kamu akan merasakan rasa mual, lalu retching atau gerakan awal seperti ingin mengeluarkan sesuatu dari mulutmu dan baru kamu muntah dan mengeluarkan segala isi makanan atau cairan yang ada pada lambungmu.

Muntah biasanya beriisi makanan namun bisa juga muntah yang dikeluarkan bewarna seperti muntah kuning, muntah dengan bercak darah serta muntah hijau. Muntah hijau termasuk muntah yang mengindikasikan bahwa ada masalah kesehatan yang berbahaya bagi tubuh dan cenderung merusak saluran pencernaan mu.

Sama seperti gerakan lain dalam tubuh manusia yang dikontrol oleh otak manusia begitupun dengan proses muntah yang juga dapat terjadi karena muntah dikontrol oleh susuan saraf otak yang terangsang baik dari reaksi lambung dan usus seperti yang sudah dijelaskan diatas, maupun oleh reaksi perasaan jijik atau tidak suka baik dalam melihat ataupun mencium sesuatu yang menurut manusia itu terasa menjijikan.

Rangsangan yang diterima oleh otak secara otomatis akan dilanjutkan kepada bagian diagframa yaitu bagian yang ada antara sekat dada dan perut, lalu dilanjutkan lagi kepada otot otot lambung sehngga diagfragma akan mengalami penurunan dan otot otot lambung akan mulai kontraksi dan mengkerut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Domperidone if 10mg tab 1

Hal ini menyebabkan adanya peningkatan tekanan dalam lambung dan perut manusia sehingga isi lambung akan memaksa untuk keluar dan dikeluarkan melalui mulut lewat proses muntah.

Muntah Kuning dan penyebabnya

Muntah yang berwarna kuning biasanya diakibatkan oleh cairan empedu yang dihasilkan oleh hati dan kantung empedu yang berfungsi sebagai pengemulsi lemak yang menyebabkkan lemak lebih mudah dicerna.

Cairan ini seharusnya tidak masuk ke dalam lambung namun saat cairan ini masuk ke dalam lambung, maka secara otomatis lambung akan memaksa mengeluarkan kembali cairan ini dalam bentuk berupa muntahan sehingga muntahan akan terlihat berwarna kuning.

Muntah kuning juga biasanya akan diikuti dengan rasa nyeri pada perut karena adanya peregangan pada otot spchinter kerongkongan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami muntah berwarna kuning seperti :

  • Adanya gangguan atau hambatan pada saluran pencernaanmu
  • Adanya kondisi medis tertentu pada seseorang seperti bile reflux atau ulkus peptikum yang biasanya terjadi bila seseorang pernah mengalami operasi pada daerah perut seperti operasi batu empedu
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan atau alkohol
  • Flu perut atau flu lambung atau Gastroenteritis yaitu suatu kondisi dimana terjadi infeksi pada usus atau perut yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri
  • Reaksi akibat alergi pada makanan
  • Reaksi akibat keracunan makanan
  • Lambung dalam kondisi kosong sehingga saat muntah, yang dapat dimuntahkan dan dikeluarkan ialah cairan empedu saja sehingga muntah bewarna kuning

Cara mudah mengatasi Muntah Kuning

  • Makanlah dengan tepat waktu  dan dengan gizi serta nutrisi yang baik
  • Lebih baik untuk makan sering dengan porsi sedikit daripada makan banyak dalam waktu yang berjauhan
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, berminyak, asam, kopi dan mie
  • Istirahatlah dengan cukup
  • Banyak mengkonsumsi air putih sehingga tubuh tidak dehidrasi

Bila muntahmu berwarna kuning dan sudah berlangsung lebih dari 2 hari lalu disertai dengan demam, maka segeralah periksakan dirimu ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih tepat akan penyakit dan kondisi mu sehingga kesehatanmu pun lebih cepat pulih.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit