ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Ini Tandanya Anak Anda Perlu Mendapatkan Fisioterapi Cedera Olahraga

Dipublish tanggal: Okt 19, 2020 Update terakhir: Nov 6, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ini Tandanya Anak Anda Perlu Mendapatkan Fisioterapi Cedera Olahraga

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Fisioterapi olahraga adalah cabang fisioterapi yang secara khusus menangani cedera akibat olahraga;
    • Fungsi fisioterapi olahraga pada anak adalah membantu mempercepat pemulihan dan mencegah cedera berulang pada anak di kemudian hari;
    • Segera ajak anak melakukan fisioterapi olahraga jika nyerinya berlangsung lama, terasa semakin sakit saat bergerak, hingga menyebabkan sulit tidur atau menghambat aktivitas;
    • Tahap fisioterapi olahraga terdiri dari latihan kekuatan, ketahanan, keseimbangan, kelenturan, dan latihan fungsional sesuai cabang olahraga anak;
    • Fisioterapi olahraga pada anak dilakukan dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan supaya anak merasa nyaman dan tidak ketakutan;
    • Dapatkan promo fisioterapi cedera olahraga di Bagus Homecare atau bandingkan harga paket fisioterapi lainnya di HDMall sekarang. 

    Memasuki masa kanak-kanak, si kecil biasanya akan semakin aktif mengeksplorasi dunia luar. Meski tampaknya menyenangkan, orang tua justru perlu lebih waspada karena semakin aktif anak, semakin tinggi pula risiko cedera. Dari sekian banyak kegiatan, olahraga merupakan salah satu penyumbang angka cedera paling besar pada anak-anak dan remaja, bahkan tak jarang sampai membutuhkan fisioterapi olahraga pada anak.

    Apa itu fisioterapi olahraga?

    Fisioterapi olahraga adalah cabang fisioterapi yang secara khusus menangani cedera akibat olahraga. Jenis fisioterapi ini berfungsi untuk membantu atlet maupun non-atlet agar segera pulih dari cedera olahraga dan mencegah cedera berulang di kemudian hari.

    Iklan dari HonestDocs
    Fisioterapi Cidera Olahraga 5x Visit Di NK Health

    Cedera olahraga sangat menganggu. Selain membantu untuk memulihkan saat mengalami cedera olahraga, fisioterapis dapat membantu mengembalikan prestasi olahraga yang pernah dicapai dengan exercise. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan). Harga

    Fisioterapi cidera olahraga 5x visit di nk health

    Sedangkan cedera olahraga adalah jenis cedera yang terjadi pada sistem otot dan rangka tubuh selama olahraga, baik saat berlatih, bertanding, maupun olahraga santai. Penyebabnya terdiri dari kurang latihan, tidak pemanasan sebelum olahraga, intensitas latihan yang terlalu berat, stres, atau kecelakaan.

    Cedera olahraga tidak hanya dialami oleh atlet profesional, lho. Individu yang bukan atlet pun juga bisa mengalaminya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

    Jika tergolong ringan, cedera olahraga biasanya dapat diatasi dengan melakukan kompres es. Namun, jika kondisinya parah, sebaiknya segera lakukan fisioterapi olahraga.

    Baca juga: Peran Fisioterapi dalam Cedera Olahraga

    Kapan anak perlu melakukan fisioterapi olahraga?

    Sekitar 40% anak muda, termasuk anak-anak dan remaja, dilaporkan mengalami cedera akibat olahraga. Sayangnya, tidak sedikit orang tua yang masih ragu-ragu membawa anaknya ke fisioterapis. Entah karena cederanya dianggap ringan atau merasa cedera adalah hal yang wajar sebagai risiko olahraga.

    Menurut Brukner dan Khan dalam bukunya bertajuk Clinical Sport Medicine, jumlah anak usia di bawah 15 tahun yang mencari perawatan medis karena cedera olahraga mengalami peningkatan sebanyak 60% dalam kurun 2004 hingga 2010. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya anak yang terlibat dalam aktivitas olahraga, ditambah lagi dengan meningkatnya sifat kompetitif pada anak usia muda.

    Iklan dari HonestDocs
    Fisioterapi Cidera Olahraga 5x Visit Di NK Health

    Cedera olahraga sangat menganggu. Selain membantu untuk memulihkan saat mengalami cedera olahraga, fisioterapis dapat membantu mengembalikan prestasi olahraga yang pernah dicapai dengan exercise. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan). Harga

    Fisioterapi cidera olahraga 5x visit di nk health

    Jangan biarkan si kecil terus-terusan mengerang kesakitan karena mengalami cedera olahraga. Segera buat jadwal fisioterapi olahraga pada anak jika muncul tanda-tanda berikut:

    • Nyeri yang berlangsung lama;
    • Nyeri bertambah dari hari ke hari atau terasa menusuk;
    • Rasa nyeri semakin parah saat bergerak atau berpindah posisi;
    • Nyeri yang menghambat aktivitas;
    • Nyeri menyebabkan jalan pincang;
    • Sulit tidur;
    • Nyeri ringan, tetapi kambuhan (berulang);
    • Kemerahan atau bengkak di sekitar area yang nyeri.

    Baca juga: Memahami Proses Fisioterapi untuk Anak dan Balita

    Prosedur fisioterapi olahraga pada anak

    Pada dasarnya, teknik fisioterapi olahraga pada anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Hanya saja, fisioterapis akan melakukan proses rehabilitasi dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan supaya anak merasa nyaman dan tidak ketakutan.

    Mulanya, fisioterapis akan menanyakan riwayat cedera pada anak dan melakukan pemeriksaan klinis secara menyeluruh. Informasikan fisioterapis mengenai seberapa sering anak melakukan aktivitas olahraga sebelum cedera.

    Jika dicurigai ada tanda-tanda cedera parah atau patah tulang, fisioterapis mungkin akan menyarankan pemeriksaan radiologi untuk membantu menegakkan diagnosis. Proses ini bisa berupa USG, MRI, atau rontgen sesuai kebutuhan masing-masing anak.

    Hasil diagnosis tadi akan digunakan oleh fisioterapis untuk menentukan rencana terapi dan perawatan lanjutan. Secara umum, tahapan fisioterapi olahraga terdiri dari:

    • Latihan kekuatan;
    • Latihan ketahanan;
    • Latihan keseimbangan;
    • Latihan kelenturan;
    • Latihan fungsional sesuai cabang olahraga yang digeluti.

    Fisioterapi olahraga pada anak bertujuan agar ia bisa bergerak dengan rasa sakit seminim mungkin meski gerakannya akan sedikit terbatas. Tahap demi tahap terapi akan membantu meningkatkan sirkulasi, massa otot, dan respons hormonal guna mempercepat pemulihan.

    Semakin cepat fisioterapi olahraga pada anak dilakukan, semakin mudah pula cedera tersebut dipulihkan. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai anak mengeluh nyeri yang hebat untuk membawanya ke ahli fisioterapi cedera olahraga.

    Baca juga: 5 Fisioterapi Jakarta Terbaik dengan Fasilitas Lengkap

    5 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Sports Injuries. (https://www.niams.nih.gov/health-topics/sports-injuries). Februari 2016.
    Physiotherapy Canada. Brukner & Khan’s Clinical Sports Medicine. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3941124/). 30 Januari 2014.
    First in Physio Rehabilitation Clinic. Kids and Sport: When to see a Physiotherapist. (https://firstinphysio.com.au/kids-sport-see-physiotherapist/).

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app