Fakta Penting Seputar Bibir Miss V Wanita

Dipublish tanggal: Mei 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Fakta Penting Seputar Bibir Miss V Wanita

Bukan hanya wajah, ternyata miss V juga memiliki area yang disebut sebagai bibir vagina atau singkatnya dikatakan sebagai labia. 

  • Labia ini terdiri atas dua bagian berbeda, yakni labia luar dengan lapisan tebal dan cenderung berlemak atau disebut sebagai labia majora. 
  • Kedua adalah labia bagian dalam atau bagian bibir vagina yang cenderung tipis serta lebih kecil dari labia luar, disebut sebagai labia minora.

Kedua jenis labia ini memiliki peranannya masing-masing, di mana secara garis besar memiliki fungsi untuk melindungi vagina. Labia luar berperan untuk menjaga vagina dari pembukaan, kecuali ketika berhubungan seks. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Sementara labia dalam berperan sebagai pelindung agar beragam benda asing dan berbahaya seperti serangga, debu, dan kotoran bisa masuk dengan bebas ke area vagina wanita.

Di samping memiliki peranan utama seperti di atas, keseluruhan bibir vagina, baik labia luar maupun labia dalam memiliki beragam fakta menarik. Beragam fakta yang akan diutarakan ini berkaitan dengan bentuk, fungsi, dan juga beragam poin menarik lainnya.

Fakta-fakta tersebut dirangkum dalam beberapa pembahasan di bawah ini. Yuk, simak sebagai ilmu baru terutama untuk wanita.

Otomatis hangat ketika terangsang

Ketika berada dalam kondisi terangsang, otomatis bagian bibir vagina akan merasa hangat karena aliran darah yang disalurkan. Jika terasa vagina agak sedikit mengencang dan tegang, itu berarti labia minora Anda yang sedang bereaksi. 

Banyak faktor yang mempengaruhi datangnya rangsangan, seperti sentuhan pada klitoris yang notabene bagian ini merupakan puncak dari rasa klimaks pada organ intim wanita.

Bentuk labia berbeda-beda

Sama seperti bentuk bibir di wajah, ternyata bentuk labia atau bibir pada miss V pun memiliki bentuk tidak seragam antara satu wanita dan wanita lain. Ada yang memiliki bentuk vagina bergelambir, namun ada juga yang memiliki bentuk vagina menonjol keluar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Tidak hanya itu, beberapa wanita pun memiliki bentuk bibir vagina yang tidak simetris. Bentuk ini tentu tidak memengaruhi gairah seksual di atas ranjang.

Melembut ketika menopause

Ketika tua, semua wanita akan mengalami penyusutan pada area kulit miss V. Hal ini normal terjadi, sebab ketika menopause, kondisi vagina sudah mulai menurun serta kadar hormone estrogen pun mulai berkurang. 

Akibatnya bukan hanya Anda mengalami penghentian menstruasi, namun juga memiliki vagina yang lebih lembut. Di samping itu kondisi rambut di area vagina pun akan berkurang seiring umur berkurang.

Pembedahan diperbolehkan

Fakta selanjutnya tentang labia ternyata jika Anda tidak puas dengan bentuk alami labia Anda, Anda bisa saja melakukan pembedahan. 

  • Ada berbagai alasan kenapa wanita tidak percaya diri dengan bentuk labianya. 
  • Bisa karena terlalu besar dan menganggap bahwa labia seperti itu sama sekali tidak menarik di mata pria. Padahal, berbagai jenis labia konon katanya tidak akan memengaruhi gairah seksual pria.
  • itu dia berbagai fakta unik dan menarik seputar labia yang bisa Anda ketahui dan pahami sendiri. Pada dasarnya adalah seperti apa pun bentuk labia yang Tuhan berikan, merupakan yang terbaik bagi Anda. 

Jadi, alih-alih merasa tidak percaya diri, lebih baik Anda mensyukurinya dan memaksimalkan fungsi labia tersebut sebaik mungkin serta tidak lupa menjaga kebersihan serta kesehatan labia tersebut.

Namun, kepuasan memiliki bentuk tubuh tentu hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri. Jadi, pun Anda hendak melakukan perbaikan melalui labioplasty atau bedah labia oleh dokter bedah plastic, hal tersebut pun amat wajar dilakukan. 

Yang terpenting dari semuanya adalah konsistennya Anda dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan kandungan dalam vagina Anda sendiri.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vagina facts: What are the 10 things you should know?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320939.php)
23 Vagina Facts You’ll Want to Tell All Your Friends. Healthline. (https://www.healthline.com/health/womens-health/vagina-vulva-facts)
Vagina Size and Sexual Pleasure: Does Size Matter?. WebMD. (https://www.webmd.com/women/features/vagina-size)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app