Takut Makan Durian Karena Kolesterol?

Dipublish tanggal: Mei 31, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Agu 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Takut Makan Durian Karena Kolesterol?

Buah durian sangat dikenal diseluruh dunia karena memiliki bentuk yang unik dan juga bau yang khas. Rasanya pun tak kalah uniknya. Banyak orang yang tergila-gila dengan buah yang satu ini namun banyak juga yang tidak suka karena baunya yang sangat menyengat.

Karena banyaknya pecinta durian, berbagai tempat menyediakan all you can eat  durian dengan harga yang terjangkau. Pesertanya pun tak sedikit, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Mereka sangat menikmati cita rasa yang diberikan oleh buah durian. Lalu apakah pecinta durian mengidap kolesterol tinggi ?

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Benarkah durian penyebab kolesterol?

Buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan kaya akan manfaat lainnya. Dalam buah durian juga terkandung karbohidrat, kalori, lemak baik, mineral, kalium, serat dan juga protein.

Banyak orang beranggapan bahwa durian sangat tinggi kolesterol, namun penelitian menyatakan, durian mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar beberapa jenis lemak dalam tubuh, seperti trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jadi, istilah durian bisa meningkatkan kolesterol tidak benar. Jika Anda memiliki kolesterol cukup tinggi, Anda tetap bisa mengkonsumsi buah durian dengan porsi yang normal.

 

Manfaat Buah Durian Berdasarkan Kandungannya

  • Sumber energi. Dalam durian terdapat gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang ketika dimakan akan menambah energi dan menyegarkan tubuh secara instan. Dalam 100gr atau 2 butir buah segar mengandung 147 kalori.

  • Lemak sehat. Meskipun mengandung jumlah lemak yang relatif lebih tinggi di antara buah-buahan lainnya, namun buah durian tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.
  • Serat makanan. Durian kaya akan serat makanan, yang membuatnya menjadi pencahar yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus besar dengan mengurangi waktu paparan dengan racun pada feses. Serat juga membantu mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker usus.
  • Antioksidan. Buah durian merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik. Konsumsi makanan yang kaya vitamin-C membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mencari radikal bebas yang berbahaya.
  • Vitamin B kompleks. Durian adalah sumber yang sangat baik untuk kesehatan yang bermanfaat karena mengandung vitamin B-kompleks; kandungan langka pada buah-buahan, seperti niasin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6) dan tiamin (vitamin B-1). Vitamin ini sangat penting bagi tubuh karena membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk diisi ulang.
  • Mineral. Durian juga mengandung sejumlah mineral seperti mangan, tembaga, besi dan magnesium. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah (RBC).
  • Kalium. Buah durian segar adalah sumber kalium yang sangat kaya. Kalium adalah elektrolit penting di dalam sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.
  • Asam amino. Selain itu, juga mengandung asam amino esensial triptofan (juga disebut "pil tidur alami"). Triptofan pada manusia dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin ; dua neurokimia yang memainkan peran penting dalam inisiasi tidur dan menenangkan iritabilitas saraf.

Bolehkah mengkonsumsi durian dalam jumlah banyak?

Disisi lain durian mengandung kadar gula yang tinggi dan jika dikonsumsi tanpa pengawasan medis, berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Maka untuk penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi durian terlalu sering, karena akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Begitu pula dengan Anda yang menjalani  program diet atau penurunan berat badan, konsumsi durian dalam jumlah besar akan membuat diet Anda gagal total.

Menikmati durian namun tetap sehat

Memanjakan lidah dengan buah durian boleh saja dilakukan, namun perhatikanlah porsi yang sesuai agar terhindar dari efek samping yang dapat mengganggu kesehatan.

Dalam kondisi normal, Anda boleh mengkonsumsi durian sebanyak dua butir dalam sehari, namun jika memiliki riwayat diabetes atau sedang dalam proses penurunan berat badan, cukup konsumsi satu butir buah durian.

Meskipun banyak manfaat yang terdapat pada durian, Anda tidak boleh mengkonsumsinya setiap hari. Kandungan serat dan glukosa yang berlebih berpotensi menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Durian Nutrition Facts and Health Benefits. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/durian-fruit-nutrition-facts-4588715)
Kruszewska, Hanna & Leontowicz, Maria & Jesion, Iwona & Bielecki, Wojciech & Poovarodom, Sumitra & Vearasilp, Suchada & Aguilar, Gustavo & Sánchez, Maribel & Trakhtenberg, Simon & Gorinstein, Shela. (2011). Positive effects of durian fruit at different stages of ripening on the hearts and livers of rats fed diets high in cholesterol. European Journal of Integrative Medicine. 3. 10.1016/j.eujim.2011.08.005.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/251711513_Positive_effects_of_durian_fruit_at_different_stages_of_ripening_on_the_hearts_and_livers_of_rats_fed_diets_high_in_cholesterol)
Durian: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1458/durian)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app