Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Docusate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 5, 2019 Tinjau pada DEC 5, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.884.609 orang

Biasanya sembelit terjadi karena Anda kurang minum atau kurang serat pada makanan Anda, sehingga kotoran menjadi kering. Jika keadaan ini berlanjut, maka dapat menyebabkan luka pada daerah dubur karena konsistensi kotoran yang keras dapat melukai daerah dubur tersebut sehingga menyebabkan wasir.

Dilihat dari penyebabnya, sebenarnya sembelit bisa ditangani dengan minum lebih banyak cairan dan makan makanan yang berserat. Tetapi pada kondisi tertentu, penggunaan obat-obatan mungkin dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pengobatan yang cepat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Docusate adalah obat pencahar yang digunakan untuk mengobati sembelit (kesulitan buang air besar). Penggunaan obat ini dapat membantu membuat kotoran Anda menjadi lebih lembek dan membuat Anda buang air besar lebih mudah.

Docusate hadir dalam bentuk kapsul dan syrup. Docusate tersedia dalam sediaan enema, yakni obat ini dimasukkan melalui dubur Anda agar dapat menghasilkan efeknya. Docusate bisa dibeli bersama dengan resep dokter atau membelinya dari apotek.

Mengenai Obat Docusate

Golongan:

Obat resep dan bebas

Kemasan: 

Kapsul, cairan, enema

Kandungan:

Obat anti-sembelit

Bagaimana cara kerja obat Docusate?

Natrium Docusate termasuk ke dalam obat-obatan pelunak feses. Obat ini digunakan untuk mengobati dan mencegah sembelit karena tinja yang keras. Docusate sodium berfungsi dengan meningkatkan jumlah air dalam tinja, membuat tinja lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Biasanya obat ini mulai bekerja dalam 1 hingga 3 hari, tetapi mungkin butuh hingga 5 hari untuk bekerja.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Obat ini mungkin tersedia dengan berbagai merek dan/atau dalam beberapa bentuk berbeda. Nama merek tertentu dari obat ini mungkin tidak tersedia dalam semua bentuk atau disetujui untuk semua kondisi yang dibahas di sini. Selain itu, beberapa bentuk obat ini mungkin tidak digunakan untuk semua kondisi yang dibahas di sini.

Pada kondisi apa Docusate sebaiknya tidak digunakan?

Kebanyakan orang dewasa dapat dengan aman menggunakan Docusate, tetapi obat ini tidak boleh diberikan kepada anak di bawah 12 tahun kecuali dengan arahan langsung dari dokter.

Seperti obat-obatan lainnya, Docusate tidak cocok digunakan untuk sebagian orang. Untuk memastikannya aman untuk Anda, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki kondisi seperti:

  • Pernah memiliki reaksi alergi terahadap penggunaan obat docusate atau obat lain
  • Pernah mengalami reaksi alergi terhadap fruktosa atau sorbitol (jenis gula)
  • Mengalami penyumbatan di usus Anda (usus)
  • Sakit perut
  • Merasa sakit dalam 24 jam terakhir
  • Telah mengambil obat pencahar minyak mineral seperti parafin cair

Jangan memakai Docusate dalam sediaan enema jika Anda memiliki:

  • wasir atau pendarahan dari bagian belakang
  • luka di sekitar anus Anda yang disebut anal fissures
  • penyakit di mana usus meradang seperti kolitis ulserativa atau penyakit Crohn ileus - ketika otot-otot di usus Anda tidak bisa menggerakkan makanan dan cairan

Bagaimana cara menggunakan obat Docusate dengan dosis yang tepat?

Obat Docusate tersedia dalam beberapa bentuk sediaan. Berikut dosis pemberian obat Docusate yang biasa digunakan:

  • Kapsul - telan seluruh kapsul dengan banyak air. Dosis normal adalah 1 kapsul 3 kali sehari. Jangan minum lebih dari 5 kapsul dalam sehari.
  • Cairan - ini dilengkapi dengan gelas plastik atau sendok untuk mengukur takaran. Jangan menggunakan sendok dapur karena tidak akan memberikan jumlah yang tepat. Jika Anda tidak memiliki cangkir atau sendok, tanyakan pada apoteker Anda. Saat Anda menelannya, minumlah banyak air atau minuman lain, seperti susu atau jus jeruk. Dosis normal adalah 2 atau 3 x 5ml sendok. Ambil dosis ini 3 kali sehari
  • Enema - peras tabung cairan dengan lembut ke dalam dubur Anda. Leaflet informasi yang disertakan dengan dokumen Anda akan menjelaskan bagaimana melakukan ini. Biasanya 1 tabung cairan yang Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan dosis kedua, Anda dapat menggunakannya nanti di hari berikutnya. Anda akan merasa lebih nyaman dalam 1 atau 2 hari perawatan. Kurangi dosis saat kondisi Anda membaik.

Minumlah banyak cairan (6 hingga 8 gelas sehari) saat Anda minum obat atau sembelit Anda bisa bertambah parah. Penting untuk minum obat ini persis seperti arahan dokter Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika Anda melewatkan satu dosis, minum sesegera mungkin dan lanjutkan dengan jadwal rutin Anda. Jika hampir waktunya untuk dosis Anda berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan dengan jadwal dosis reguler Anda. Jangan mengambil dosis ganda untuk menebus dosis yang terlewatkan. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan setelah melewatkan dosis, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Apa efek samping yang mungkin terjadi dari pengobatan dengan obat Docusate?

Semua obat tentu dapat menyebabkan efek samping. Efek samping adalah respons yang tidak diinginkan terhadap obat ketika diminum dalam dosis normal. Efek samping bisa ringan atau berat, sementara atau permanen. Efek samping yang tercantum di bawah ini tidak dialami oleh semua orang yang menggunakan obat ini. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, diskusikan risiko dan manfaat obat ini dengan dokter Anda.

Efek samping berikut telah dilaporkan oleh setidaknya 1% orang yang menggunakan obat ini. Banyak dari efek samping ini dapat dikelola, dan beberapa mungkin hilang dengan sendirinya seiring waktu.

Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping ini dan mereka bertambah parah atau mengganggu. Efek samping yang mungkin muncul meliputi :

  • diare
  • ruam kulit
  • perut atau kram usus
  • iritasi tenggorokan (jika menggunakan bentuk cair)

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping selain yang terdaftar. Periksa dengan dokter Anda jika Anda melihat gejala yang membuat Anda khawatir saat Anda minum obat ini. 

Bagaimana interaksi Docusate dengan obat-obatan lain?

Docusate dapat meningkatkan resorpsi obat lain, misalnya dantron (1,8-dihydroxyanthraquinone). Untuk keamanan, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda menggunakan obat lain, termasuk obat herbal, vitamin atau suplemen.

Perhatian

  • Obat ini tidak boleh digunakan selama kehamilan kecuali manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Jika Anda hamil saat minum obat ini, hubungi dokter Anda.   
  • Tidak diketahui apakah natrium docusate masuk ke dalam ASI. Jika Anda seorang ibu menyusui dan sedang minum obat ini, itu dapat mempengaruhi bayi Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apakah Anda harus terus menyusui.

Referensi

American Family Physician (2015). Management of Constipation in Older Adults.

BPOM RI (2015). Pionas. Laxatab.

BPOM RI (2017). Cek BPOM. Docusate.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini