Daftar Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka!

Penelitian ilmiah telah membuktikan fakta besar tentang apa yang membuat penyembuhan luka terhambat dan bagaimana nutrisi tertentu serta vitamin dapat mempercepat penyembuhan. Memakan makanan yang kaya protein adalah salah satu hal yang dapat mempercepat penyembuhan semua luka.
Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Daftar Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka!

Makanan tinggi protein memberikan tubuh nutrisi esensial yang dibutuhkannya untuk menyembuhkan luka. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi dari berbagai varietas makanan sehat untuk menyembuhkan luka secara efektif. 

Apa yang Anda makan adalah salah satu faktor kunci yang menentukan seberapa cepat tubuh Anda akan menyembuhkannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Makan makanan tinggi protein untuk penyembuhan luka mempunyai manfaat jangka panjang mengingat setiap sel dalam tubuh manusia mengandung protein.

Penelitian ilmiah telah membuktikan fakta besar tentang apa yang membuat penyembuhan luka terhambat dan bagaimana nutrisi tertentu serta vitamin dapat mempercepat penyembuhan. Memakan makanan yang kaya protein adalah salah satu hal yang dapat mempercepat penyembuhan semua luka.

1. Kacang

Kacang adalah salah satu sumber protein yang paling banyak. Anda dapat mengonsumsi polong-polongan, kacang hitam, atau mungkin kacang panjang sebagai diet Anda dengan menambahkannya ke dalam pasta, makaroni, sup, sayur asem, tumis, dan lain sebagainya. Kacang memiliki rasa yang cukup enak.

2. Telur

Telur tentunya dikenal kaya akan protein dan salah satu sumber protein paling mudah di zaman ini mengingat penggunaannya terhadap berbagai jenis masakan termasuk roti, kue, salad, dan lain sebagainya. Telur adalah salah satu cara paling efektif untuk memberikan Anda makanan yang kaya akan protein untuk menyembuhkan luka. Sementara telur secara keseluruhan merupakan sumber energi terbaik, kuning telur  cukup tinggi kolesterol. Jadi, tetap hati-hati dalam mengonsumsinya ya, apalagi jika Anda memiliki masalah jantung.

4. Ayam

Ayam merupakan salah satu protein hewani tersehat. Sumber makanan ini juga tergolong lumrah di kehidupan sehari-hari karena kita menjumpainya di berbagai jenis masakan mulai dari sup, dimsum, sampai ayam goreng sendiri, ataupun ayam bakar. Dapatkan protein yang sangat mudah ini dan konsumsilah dengan memasaknya terlebih dahulu hingga matang.

5. Susu

Meminum susu adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat tubuh Anda. Jika Anda lactose intolerance atau alergi laktosa atau mungkin memang tidak menyukai susu sapi, Anda masih bisa memilih jenis-jenis susu yang lain seperti susu kedelai, susu almond, dan susu dari hewan yang lain. Anda bisa membuat suatu kebiasaan baik seperti memakan sereal dengan susu setiap pagi atau minum dua gelas susu setiap hari. Jika ragu-ragu tentang pola diet susu yang pas, coba konsultasikan dengan dokter Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

6. Suplemen protein

Jika Anda tidak bisa memakan jenis-jenis makanan yang lain di daftar ini, Anda bisa memilih suplemen protein saja. Ada banyak sekali tipe suplemen protein yang bisa Anda pilih untuk mempercepat penyembuhan luka. Di antaranya adalah di bawah ini.

a. Protein gandum.

b. Protein kedelai.

c. Protein tumbuh-tumbuhan.

Yang Anda butuhkan adalah segelas air atau susu saja. Campur satu scoop atau dua bubuk suplemen kesehatan ini untuk mendapatkan dosis protein sehat tiap hari.

Tubuh Anda membutuhkan kadar protein yang cukup tinggi untuk dengan sukses menyembuhkan luka. 

Mendapatkan protein cukup memang sulit bagi Anda yang memiliki alergi atau masalah makanan, namun dengan memakan berbagai variasi makanan tinggi protein Anda mungkin tidak akan menghadapi problematika khusus. Ditambah lagi, luka Anda pasti akan semakin mudah disembuhkan.

Pilih protein yang tepat untuk diri dan tubuh Anda. Namun tetap catat bahwa daftar makanan penyembuh luka dalam postingan ini harus diimbangi dengan fakta bahwa Anda harus berkonsultasi kepada dokter. 

Itu karena industri medis selalu berubah dan bisa jadi ada cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan luka Anda dengan makanan-makanan lainnya.

 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nutrition and Wound Healing: An Overview Focusing on the Beneficial Effects of Curcumin. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6429075/)
8 Foods That Help You Heal. Healthline. (https://www.healthline.com/health/foods-that-help-you-heal)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app