Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Dipublish tanggal: Nov 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah paru-paru yang memiliki fungsi penting pada sistem pernapasan. Maka menjaga kesehatan paru-paru sangatlah penting dilakukan. Banyak faktor penyebab terganggunya saluran pernapasan, seperti akibat polusi udara dan gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok atau vape dapat menyebabkan masalah pada paru-paru, seperti radang paru-paru, asma, hingga kanker. 

Baca juga: Waspadai Penyakit Paru-Paru pada Perokok Aktif

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan sehat berikut, seperti brokoli, alpukat, jahe, dan lainnya. Berikut ini beberapa daftar makanan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru:

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan gizi dan baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat secara efektif membantu mencegah tumbuhnya sel kanker, termasuk kanker paru-paru. Mengonsumsi brokoli dan kubis dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru agar tetap bersih.

Baca juga: Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Alpukat

Alpukat mengandung asam folat yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru termasuk untuk mencegah kanker paru-paru. Selain alpukat, buah jeruk dan buah bit juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Tak hanya bermanfaat bagi paru-paru, tetapi asam folat juga sudah dikenal sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Salmon

Ikan salmon juga dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru karena salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu meredakan gejala asma, seperti demam, sesak nafas, dan sakit kepala bila dikonsumsi secara rutin. Selain salmon, terdapat pula makanan yang mengandung asam lemak omega 3, yaitu tuna, biji rami, dan kacang-kacangan.

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan paru-paru. Wortel mengandung senyawa karotenoid yang bermanfaat terhadap kesehatan paru-paru. Karotenoid dalam wortel dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru, mengurangi resiko kanker paru-paru, dan meringankan gejala asma. Terdapat beberapa bahan makanan lain yang ternyata juga mengandung senyawa karotenoid, antara lain tomat, bayam, dan ubi jalar. 

Baca juga: Manfaat Lain Wortel untuk Kesehatan

Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin dan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Senyawa allicin ini bermanfaat untuk membantu melawan infeksi, mencegah asma, dan mengurangi resiko radang paru-paru. Bawang putih juga mengandung senyawa antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel kanker pada tubuh. 

Teh hijau

Teh hijau (green tea) mengandung senyawa antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Selain itu, teh hijau juga sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang terdapat pada teh hijau memiliki sifat antimikroba dan dipercaya dapat memperlancar keluarnya lendir dari paru-paru dan membersihkan paru-paru. 

Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang mengandung beberapa senyawa bermanfaat seperti antioksidan, flavonoid, dan vitamin yang baik bagi kesehatan, terutama kesehatan paru-paru. Kandungan pada apel tersebut dapat membantu mencegah penyakit asma, radang paru-paru, serta pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Kelompok Buah Beri

Beberapa buah yang termasuk dalam kelompok buah beri adalah blueberry, strawberry, blackberry, dan raspberry juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Buah beri-berian tersebut mengandung senyawa flavonoid, karotenoid, antioksidan, zeaxanthin, dan lutein yang dapat mengeluarkan zat karsinogen dari paru, meringankan infeksi paru-paru, dan mencegah tumbuhnya sel kanker. 

Jahe

Selain digunakan sebagai bumbu masak dan penyedap, ternyata jahe juga dapat bermanfaat untuk paru-paru. Jahe yang memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan sehingga dapat mencegah peradangan pada paru-paru. Selain itu, jahe juga dapat membersihkan paru-paru dari polusi udara dan racun yang mengendap. Jahe juga mengandung senyawa kurkumin yang dapat meringankan radang paru-paru.

Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu buah yang mengandung senyawa antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di paru-paru, memaksimalkan suplai darah ke paru-paru, membuang racun yang mengendap di paru-paru, dan memaksimalkan kerja organ paru-paru. Buah delima juga mengandung berbagai mineral termasuk kalium, magnesium, serta zinc yang dapat menjaga kesehatan jantung dan kolesterol.

Kesehatan paru-paru dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Tidak sulit bukan? Selain menjaga pola makan, Anda juga harus menjalani pola hidup sehat. Segera periksa ke dokter apabila terjadi masalah serius pada paru-paru Anda. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Foods That May Help Fight Lung Cancer. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/lung-cancer-fighting-foods-2249268)
Healthy Diets and Lung Health. Connecting the Dots. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5018896/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app