Ciri & Gejala Terserang Sakit Radang Sendi

Untuk mengetahui apakah tulang Anda sehat atau tidak, maka Anda bisa mengetahui ciri radang sendi Anda mengalami gangguan, yaitu sebagai berikut:
Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 16, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ciri & Gejala Terserang Sakit Radang Sendi

Radang sendi disebut sebagai arthritis yang merupakan kondisi peradangan pada beberapa sendi. Radang sendi biasanya ditandai dengan rasa nyeri, sensasi hangat, mengalami bengkak, dan kemerahan pada bagian sendi. 

Selain itu, radang sendi dapat menyebabkan sendi berubah menjadi kaku, sehingga akan sulit untuk digerakkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Orang yang berpeluang mengalami serangan radang sendi yaitu orang yang memiliki usia lanjut, obesitas, punya riwayat kesehatan keluarga serupa. Bagi orang yang memiliki riwayat cedera pada bagian sendi pun juga berpeluang terkena serangan penyakit radang sendi.

Untuk mengetahui apakah tulang Anda sehat atau tidak, maka Anda bisa mengetahui ciri radang sendi Anda mengalami gangguan, yaitu sebagai berikut:

1. Saat lutut digerakkan terdengar suara gemeretak

Terdengar bunyi gemeretak atau krek pada tulang saat lutut digerakkan, misalnya saat posisi duduk beranjak berdiri. Hal ini menandakan bahwa Anda sudah kehilangan tulang rawan halus. 

Bunyi yang ditimbulkan tersebut karena adanya pertemuan permukaan dengan benjolan pada tulang yang saling bergesekan dengan tulang yang lainnya ketika Anda sedang menggerakkan sendi.

2. Adanya peradangan karena pembentukan tulang taji

Kulit pada bagian lutut memang akan terlihat berwarna merah dan ketika disentuh akan terasa hangat. Hal inilah yang dinamakan sebagai peradangan periodik. Ketika kondisinya parah, maka peradangan yang terjadi pada lutut tidak mudah membaik meskipun sudah dilakukan pengobatan.

3. Meninggalkan rasa nyeri pada bagian sendi penopang tubuh

Gejala awal penderita radang sendi yaitu terdapat rasa nyeri pada bagian punggung, lutut, leher maupun pada bagian pinggang. Tidak hanya bagian itu saja, bagian tubuh lain pun juga bisa terserang radang sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

 Gerakan sederhana seperti menggerakkan jari pun juga bisa meninggalkan rasa nyeri. Dengan begitu, radang sendi bukan hanya terjadi karena gerakan yang berat saja, namun gerakan yang sederhana pun bisa menjadi pemicunya. 

4. Struktur sendi yang tidak stabil

Struktur sendi yang tidak stabil disebabkan karena otot lutut yang makin lemah. Hal ini dapat menyebabkan bagian sendi menempel maupun mengunci. Dengan demikian kondisi seperti ini tidak dapat meluruskan atau menekuk bagian lutut.

5. Rasa nyeri yang tidak kunjung hilang

Rasa nyeri pada bagian lutut bisa datang secara tiba-tiba. Akan tetapi pada umumnya rasa nyeri tersebut datang secara perlahan dan terkadang hilang-timbul. Rasa sakit tersebut sering dirasakan pada pagi hari maupun ketika Anda selesai melakukan aktivitas yang sudah lama tidak Anda lakukan.

6. Adanya keterbatasan dalam gerak

Apabila radang sendi sudah lama Anda alami, maka akan membuat Anda mengalami kesulitan untuk menggerakkan bagian lutut Anda. Ketika radang sendi semakin buruk, maka bagian persendian pun juga tidak akan berfungsi secara normal.

Tentu hal ini dapat menghambat aktivitas sehari-hari, terutama ketika Anda sedang berjalan. Sebab bagian lutut tidak dapat menahan atau menopang beban tubuh. Hal tersebut membuat penderita sakit radang sendi lutut membutuhkan alat bantu jalan atau tongkat.

Apabila radang lutut terus dibiarkan begitu saja, maka akan membuat kerusakan yang lebih parah pada bagian lutut. Kondisi yang umum terjadi saat radang sendi ini dibiarkan maka membuat bentuk lutut berubah menjadi lebih cekung. 

Hal ini disebabkan karena otot-otot yang ada di sekitar lulut jadi melemah dan mengecil.

Perubahan yang terjadi pada lutut memang tidak cepat terlihat. Walau begitu penderitanya akan merasakan rasa nyeri yang makin parah. Oleh karena itu ketika gejala radang sendi ini sudah terdeteksi, sebaiknya segera lakukan pengobatan intensif agar kondisinya bisa segera ditangani. 

Rutin melakukan kontrol dan pemeriksaan membuat penyakit radang sendi ini bisa disembuhkan. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Arthritis. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/arthritis/)
Arthritis: Causes, types, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/7621)
11 effective home remedies for arthritis. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324446)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app