Chromium Picolinate: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.380.657 orang

Chromium Picolinate merupakan salah satu mineral yang dapat ditemukan dalam beberapa makanan. Tubuh biasanya hanya membutuhkan jumlah kromium, dan kekurangan mineral ini jarang terjadi pada manusia.

Manfaat obat Chromium Picolinate

Chromium Picolinate tersedia dalam bentuk obat oral; baik dalam bentuk capsule, capsule liquid filled, maupun tablet. Chromium Picolinate bekerja sama dengan insulin yang diproduksi oleh pankreas untuk memetabolisme karbohidrat dalam tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Chromium Picolinate juga sudah digunakan sebagai pilihan terapi alternative dalam mengobati kondisi kekurangan kromium, secara tidak langsung juga sebagai bantuan dalam mengkontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes mellitus ataupun pasien dengan pre – diabetes

Manfaat lain dari penggunaan obat ini yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga suplemen dalam program penurunan berat badan

Perlu diketahui juga, bahwa tidak semua penggunaan Chromium Picolinate telah disetujui oleh FDA. Chromium Picolinate tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat yang diresepkan untuk anda oleh dokter anda. 

Obat ini mungkin dapat digunakan sebagai pilihan terapi pada masalah kesehatan lainnya, hanya saja pada pedoman medis disini tidak terdaftar.

Dosis obat Chromium Picolinate

Dosis dari Chromium Picolinate dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu penyakit apa yang timbul, apakah ada riwayat alergi obat ini, respon tubuh seseorang terhadap pemberian obat ini, serta penyakit lainnya yang dapat bereaksi jika konsumsi obat Chromium Picolinate.

Tujuan pengobatanBentuk sediaan obat, Dosis

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Suplemen untuk penderita diabetes mellitus tipe 1 dan 2

Obat oral
Dosis dewasa yang dianjurkan adalah 200 – 1000 mcg / hari.

Dalam penggunaan obat ini anda dapat mengikuti saran dari dokter yang merekomendasikan obat ataupun telah memeriksa anda secara langsung baik untuk dosis ataupun jumlah obat dalam sehari yang sudah disarankan untuk dikonsumsi. Beritahukan kepada dokter bilamana anda sedang menggunakan obat lain di luar dari Chromium Picolinate ini.

Efek Samping obat Chromium Picolinate

Efek samping yang dapat ditimbulkan setiap obat memang dapat bereaksi berbeda-beda dan tergantung pada reaksi masing-masing individu. 

Tetapi, hingga saat ini belum ada efek samping yang dilaporkan dalam konsumsi kromium. Tetapi, sebaiknya anda dapat konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter yang memberikan anda obat tersebut jika mengalami suatu kondisi yang tidak seperti biasanya saat anda dalam masa penggunaan obat ini.

Ibu hamil dan ibu dalam masa menyusui
Penggunaan tidak direkomendasikan kecuali jelas sangat diperlukan. Menurut US FDA Pregnancy dan AU TGA Pregnancy, obat ini belum dikategorikan, 

tetapi ada beberapa sumber menyatakan bahwa obat ini termasuk dalam kategori N. Data terkait penggunaan obat ini pada ibu dalam masa laktasi belum diketahui secara pasti bahaya atau tidaknya. 

Coba konsultasikan kembali kepada dokter anda terkait penggunaan obat ini dalam kondisi hamil ataupun masa laktasi.

Peringatan obat Chromium Picolinate

  • Waspadai penggunaan obat Chromium Picolinate dan disarankan dengan indikasi dari dokter dulu sebelum mengenakannya, terutama bila anda merupakan wanita yang sedang berencana untuk hamil, wanita yang sedang hamil ataupun dalam masa menyusui.
  • Stop pemakaian bila timbul reaksi alergi obat ataupun suatu overdosis, atau – pun suatu kondisi yang tidak seperti biasanya, dan segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri.
  • Beritahukan kepada dokter and jika anda memiliki riwayat penyakit seperti: gangguan ginjal, gangguan pada organ hati, gangguan kesehatan jiwa, penyakit terkait tiroid, jika anda memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus (kencing manis), dan bila anda sedang dalam masa pengobatan menggunakan obat steroid (contohnya seperti fluticasone, beclomethasone, prednisone, dan yang lainnya).
  • Jangan memberikan obat ini kepada anak – anak tanpa adanya indikasi atau pemeriksaan kesehatan anak anda dengan dokter secara langsung.
  • Jika anda sedang konsumsi suplemen herbal tertentu, sebaiknya beritahukan kepada dokyer anda, supaya dokter dapat mempertimbangkan solusi terbaik kepada anda terkait dengan penggunaan Chromium Picolinate.
  • Jika anda menggunakan obat ini, sebaiknya dapat dengan benar mengikuti anjuran dari dokter yang telah memeriksa anda, apoteker, atau tenaga kesehatan lainnya yang memiliki kompetensi dalam bidang ini.
  • Disarankan untuk melakukan pemeriksaan berkala terhadap kadar gula dalam darah jika anda merupakan penderita diabetes mellitus dan sedang mengkonsumsi obat ini.

Overdosis obat Chromium Picolinate

Jika menggunaan obat Chromium Picolinate yang dirasa secara berlebihan sehingga memunculkan kondisi yang tidak seperti biasanya, sebaiknya segeralah menemui dokter anda atau dapat ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat dengan anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp