Perawatan Wajah

Cara Unik Untuk Menghilangkan Jerawat Anda DI Rumah

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Unik Untuk Menghilangkan Jerawat Anda DI Rumah

Bintik merah yang kadang disertai oleh nanah di dalamnya ini tentunya menjadi gangguan yang paling tidak diharapkan kedatangannya pada setiap kulit wajah manusia, baik pria ataup wanita pasti membenci sekali  kedatangan dari jerawat

Ya, jerawat memang hal yang sangat umum terjadi di setiap kulit wajah manusia dikarenakan oleh banyak faktor, mulai dari kulit wajah yang tidak cukup bersih, faktor perubahan hormon dan banyak faktor lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Di jaman maju seperti sekarang ini, banyak sekali obat-obatan jerawat yang di claim dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat. Selain itu, banyak sekali pakar-pakar kecantikan atau klinik-klinik kecantikan yang menawarkan berbagai macam pelayanan penyembuh jerawat. 

Namun sebelum kamu mencoba itu semua, ada baiknya kamu mencoba cara-cara dan bahan-bahan unik yang ada di sekitar kamu dan dapat kamu manfaatkan dalam menghilangkan atau memudarkan ruam merah pada jerawatmu.

1. Es Batu

Ini ialah cara paling cepat yang dapat memudarkan ruam-ruam kemerahan pada jerawatmu.  Cukup ambil kain untuk menampung beberapa es batu, lalu letakan kain yang sudah terisi es tersebut pada bagian wajahmu yang berjerawat. 

Diamkan beberapa saat, ulangin terus menerus hingga kemerahan pada jerawatmu memudar. Sensasi dingin yang kamu dapatkan dari cara ini juga dapat membuat kulit wajahmu lebih rileks dan segar. 

2. Obat Tetes Mata

Ya kamu tidak salah membaca, obat tetes matapun ternyata dapat meredakan ruam kemerahan pada jerawatmu.  Ini dikarenakan pada setiap obat tetes mata umumnya mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. 

Caranya mudah yaitu hanya dengan menaruh kapas yang sudah ditetesi oleh obat tetes mata kedalam freezer semalaman. Keesokan paginya, kamu bisa meletakan kapas tersebut pada jerawatmu sampai cairan dalam kapan terserap baik oleh jerawatmu. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Ketika cairan tetes mata terserap ke dalam kulit, akan ada penyempitan sementara pembuluh darah. Hal ini akan membuat kemerahan pada jerawat berkurang dan jerawat menjadi lebih cepat sembuh. 

3. Odol tanpa kandungan Mint dan Flouride

Odol atau pasta gigi juga dapat kamu gunakan dalam mengatasi jerawatmu dikarenakan dalam odol terkandung kandungan silica yang dapat membantu kamu cepat mengeringkan jerawatmu. Namun perlu diingat jangan memilih odol yang mengandung mint dan flouride karena akan menyebabkan wajahmu iritasi dan menimbulkan lebih banyak jerawat.

4. Obat Aspirin

Obat aspirin yang dimaksud disini bukanlah obat yang kamu konsumsi untuk menghilangkan jerawatmu. Obat aspirin disini dipakai dengan cara dioles, sebelum kamu oles, kamu harus membelah obat aspirinmu menjadi separuh, tambahkan air lalu oles ke bagian wajahmu yang berjerawat lalu diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air bersih. 

Ini dapat dilakukan karena dalam obat aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah sehingga dapat dengan singkat menyembuhkan jerawat.

Obat untuk menghilangkan jerawat

Bila kamu tidak sabaran dalam menghilangkan jerawatmu, kamu bisa mengkonsultasikan wajahmu ke dokter kulit kepercayaanmu. Umumnya dokter akan mengajurkan suntik penghilang jerawat tepat di bagian wajahmu yang berjerawat. Suntik yang dilakukan biasanya ialah suntik vitamin C yang di claim dapat menyembuhkan jerawatmu paling lama dalam tiga hari kerja. 

Namun bila kondisi jerawatmu memang sudah parah, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan seperti dibawah ini:

  • Retinoid Tropikal
    Retinoid topikal (Retin-A, adapalene, tazarotene, dan tretinoin) ialah termasuk turunan jenis vitamin A dapat membantu menyembuhkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menutup pori-pori, dan mencegah jerawat yang parah.

    Untuk mendapatkan hasil yang efektif, biasanya retinoid topikal digunakan bersamaan dengan antibiotik topikal. Obat oles yang umumnya dipakai ialah obat Adapalene yang tersedia baik dalam bentuk krim, gel ataupun lotion.

    Kamu bisa mengoleskan obat ini satu hari sekali yaitu pada saat malam hari setelah mencuci muka dengan bersih. Atau kamu dapat mengikuti anjuran dokter yang disarankan untukmu.
  •  Isotretinoin atau Accutane.
    Ini ialah obat minum yang harus dikonsumsi sesuai saran dokter dan efektif untuk menyembuhkan jerawat batu yang membandel. Obat ini berasal dari turunan vitamin A yang dapat produksi mengurangi minyak berlebih.

    Obat ini dapat kamu konsumsi 1-2 kali dalam sehari atau sesuai anjurang dokter. Pemakaian obat ini dilarang keras bagi ibu hamil dan menyusui.

Demikianlah beberapa cara unik dan instan yang dapat membantu kamu menghilangkan jerawatmu. Semoga bermanfaat ya ladies. 

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Acne Home Remedies That Work (and Some That Don't). Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/acne-home-remedies-15728)
How to Get Rid of Pimples Fast. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/how-to-get-rid-of-pimples-fast-15960)
10 things to try when acne won’t clear. American Academy of Dermatology. (Accessed via: https://www.aad.org/public/diseases/acne/DIY/wont-clear)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app