Cara Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Cara Sehat Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung
Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya jika dialami. Siapa pun bisa terkena penyakit ini jika tidak menjaga kesehatan dengan baik. Terlebih untuk Anda yang usianya sudah di atas 30 tahun akan lebih rentan mengalami penyakit jantung. 

Berikut cara sehat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Olahraga dengan rutin

Cara mencegah penyakit jantung yang dapat dilakukan untuk menyehatkan tubuh adalah olahraga dengan rutin. Olahraga akan meningkatkan kebugaran jantung dan menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Selain itu berat badan Anda akan terjaga hanya dengan melakukan olahraga 30 menit sehari.

Semua jenis olahraga bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dan pilihan yang diinginkan. Jika tidak biasa melakukan olahraga Anda bisa memulainya dengan gerakan peregangan biasa yang mudah dilakukan. Tujuannya untuk membantu agar jantung bekerja dengan optimal memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Kontrol tensi

Cara berikutnya dengan Anda rutin mengontrol tensi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Secara umum tekanan darah yang dinyatakan normal adalah di bawah 120/80 mmHg. Jika tekanan darah berada di angka 120-139 atau dibawah 80-89 maka ini menandakan Anda memiliki “prehipertensi”.

Anda harus hati-hati dan harus segera mengendalikannya. Kontrol makan yang dikonsumsi dan tanyakan pada pihak dokter apa upaya yang bisa dilakukan jika dari pengukuran tensi Anda berisiko memiliki penyakit jantung. Sebab penyakit ini juga biasanya disertai dengan stroke.

3. Banyak minum air putih

Anda juga dapat melakukan upaya pencegahan dengan banyak minum air putih. Minimal dalam sehari Anda minum delapan gelas air putih. Upaya ini akan membuat jumlah cairan di dalam tubuh terpenuhi dengan baik sehingga kerja organ di dalam tubuh tidak mengalami kendala. 

Air yang diminum usahakan bukanlah air dingin dan sebaiknya dilakukan dengan tepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

4. Buah dan sayuran

Tubuh membutuhkan nutrisi agar organ yang ada bisa bekerja dengan aman tanpa menimbulkan risiko penyakit jantung. Anda perlu memakan buah dan sayuran yang tinggi serat untuk membantu menurunkan kolesterol yang dimiliki juga menjaga tekanan darah.

Ada banyak sekali buah dan sayuran yang dapat menjadi pilihan. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan harga yang terjangkau. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

5. Manajemen stres

Setiap orang memiliki masalah dalam hidupnya dan memiliki tingkat stres yang berbeda-beda. Anda hanya perlu menemukan cara untuk memanajemen stres yang dialami. Berikan diri Anda celah untuk merasa rileks agar tidak mengalami ketegangan.

Ketika Anda bisa mengatasi stres yang dialami maka tekanan darah pun dapat terjaga untuk tetap berada di ukuran stabil. Jika Anda membutuhkan seseorang untuk mengatasi stres maka lakukan. 

Jangan tunda keinginan untuk mengatasinya karena bisa berakibat fatal dan berisiko lebih besar mengalami penyakit jantung.

6. Hindari garam dan gula

Cara yang paling mudah dan sehat untuk dilakukan adalah menghindari konsumsi garam dan gula yang terlalu banyak. Anda perlu memulai ini dari masakan yang dimasak secara bertahap sampai menjadi terbiasa. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Garam yang digunakan pun sebaiknya adalah garam dengan kandungan yodium terbaik. Gula juga jangan dikonsumsi terlalu banyak.

Cara mencegah terjadinya penyakit jantung dengan pola yang sehat ini akan sangat membantu. Anda bisa membuktikannya sekarang juga. Jangan tunggu hari esok untuk menjaga kesehatan. Jika terlambat melakukannya maka Anda akan mendapatkan risiko yang buruk dalam jangka panjang. 

Saatnya peduli kesehatan dilakukan dari sekarang.  


17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the benefits of quitting smoking? (2016, June 22) (http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/smo/benefits)
Reid, R. D., Mullen, K. A., Pipe, A. L. (2011). Systematic approaches to smoking cessation in the cardiac setting. Current Opinion in Cardiology, 26(5), 443-8.
Mayo Clinic Staff. (2016, June 17). Strategies to prevent heart disease (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-disease-prevention/art-20046502)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app