Kesehatan Fisik

Perokok Pasif Lebih Beresiko Penyakit Jantung

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 1 menit
Perokok Pasif Lebih Beresiko Penyakit Jantung

Tahukah Anda jika asap rokok juga memberikan dampak bagi kesehatan orang lain? Sebuah penelitian oleh University of Nottingham, Imggris menunjukkan hasil bahwa paparan asap rokok yang dihirup oleh orang lain juga mampu meningkatkan resiko penyakit jantung.

Penelitian menyatakan bahwa tingkat paparan asap rokok tidak langsung yang sedikit sekalipun mampu menimbulkan resiko penyakit jantung secara signifikan. Penelitian tersebut juga membandingkan orang-orang yang tidak terdeteksi nikotin dalam tubuhnya dengan orang-orang yang pernah mengonsumsi nikotin. Hasil memaparkan bahwa mereka yang tidak pernah mengonsumsi nikotin memiliki resiko lebih rendah atas penyakit jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Andrea Venn, PhD, WebMDselaku peneliti menyebutkan bahwa paparan asap rokok memiliki efek klinis yang penting pada kerentanan tubuh seseorang terhadap penyakit jantung, bahkan dalam kuantitas asap yang sedikit sekalipun. Andrea juga menambahkan, penemuan tersebut juga menyoroti pentingnya meminimalisir konsumsi rokok terutama saat berada di ruang publik.

Sementara itu penelitian lain asal University of California San Francisco menunjukkan bahwa menghilangkan atau menghindari asap rokok mampu mencegah lebih dari 228.000 kasus baru penyakit jantung dan 119.000 penyakit jantung yang terkait kematian pada 2030 mendatang. Kini peneliti telah mengembangkan sebuah model yang dapat memperkirakan dampak dari asap rokok  bahwa 292.500 serangan jantung dapat dicegah selama periode yang sama, jika seseorang sama sekali tidak menghirup asap rokok.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Heart disease: Types, causes, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/237191.php)
Heart Disease: Risk Factors, Prevention, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/heart-disease)
The LInk Between Smoking and Heart Disease Explained. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/quit-smoking-heart)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app