HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Cara Sederhana Mengatasi Vagina Gatal Saat Menstruasi

Kondisi tersebut pastinya sangat mengganggu bagi setiap wanita. Hal itulah yang pastinya membuat wanita ingin tahu cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya.
Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit

Masalah di area kewanitaan memang bisa dibilang cukup kompleks dan beragam. Salah satunya yang paling sering dialami oleh wanita adalah kondisi vagina yang gatal saat menstruasi. Kondisi tersebut pastinya sangat mengganggu bagi setiap wanita. Hal itulah yang pastinya membuat wanita ingin tahu cara untuk mengatasinya. 

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Lakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dulu

Cara sederhana pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter khusus terlebih dulu. Soalnya langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memastikan dulu bahwa rasa gatal yang dialami tersebut memang disebabkan karena menstruasi. 

Bukan disebabkan karena alasan-alasan lainnya yang lebih membahayakan kesehatan tentunya.

Setelah dipastikan oleh dokter, barulah akan diambil langkah selanjutnya untuk pengobatan tersebut. Biasanya dokter ini akan memberikan obat anti jamur untuk meredakan rasa gatal tersebut terlebih dulu. 

Namun apabila sudah tergolong parah maka dokter akan mengambil langkah selanjutnya yaitu pengobatan intensif yang bisa dijalankan bisa sampai enam bulan.

2. Pakai celana dan pembalut yang tepat

Pemakaian celana yang tepat juga tidak bisa dianggap sembarangan oleh setiap wanita. Soalnya pemakaian celana ini tentunya akan berhubungan langsung dengan kebersihan dan juga kesehatan organ kewanitaan. 

Jadi pastikan bahwa Anda selalu menggunakan celana yang nyaman dan juga bersih. Hal ini berguna untuk selalu menjaga area kewanitaan Anda sendiri.

Bukan hanya celana yang mesti diperhatikan tapi pembalut yang digunakan oleh wanita juga tidak kalah pentingnya. Selalu pastikan bahwa Anda tidak menggunakan pembalut yang menggunakan pewangi. 

Bukan tanpa alasan karena pembalut yang menggunakan pewangi ini ternyata mengandung zat kimia tambahan yang berbahaya untuk area kewanitaan dari Anda.

3. Rutinlah mengganti pembalut ketika haid

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para wanita adalah malas mengganti pembalut yang dimiliki. Terutama ketika mereka sedang mengalami masa menstruasi atau masa haid

Bahkan sebagian wanita yang lainnya menganggap sepele pada kegiatan mengganti pembalut secara rutin. Soalnya mereka masih beranggapan bahwa hal ini tidak terlalu penting.

Padahal perlu diketahui bahwa pada pembalut tersebut terdapat banyak sekali bakteri maupun jamur yang berkumpul. Apabila tidak rutin diganti maka sudah dipastikan bahwa jamur dan bakteri tersebut akan menempel pada area kewanitaan. 

Sesuatu yang kemudian bisa menimbulkan banyak penyakit. Disarankan untuk mengganti pembalut itu empat jam sekali.

4. Jangan bersihkan area kewanitaan dengan sabun biasa

Kesalahan besar berikutnya yang juga seringkali dilakukan oleh banyak wanita adalah membersihkan atau mencuci area kewanitaan dengan sabun biasa. Biasanya mereka melakukan ini karena sekedar ketidaktahuan semata. 

Soalnya masih banyak yang beranggapan bahwa membersihkan atau mencuci area kewanitaan menggunakan sabun biasa tidak ada bedanya.

Padahal perlu diketahui bahwa kandungan yang dimiliki sabun biasa tidak cocok dengan kadar pH yang dimiliki oleh vagina. Untuk itulah, lebih baik Anda mulai sekarang lebih baik menggunakan sabun khusus untuk membersihkan area kewanitaan ini. 

Tentunya dengan kandungan yang lebih cocok untuk kadar pH dari vagina ini sendiri.

5. Kurangi makanan manis

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi makanan yang tergolong manis. Bukan tanpa alasan karena apabila terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan terlalu manis ini bisa maka membuat perkembangan jamur makin cepat. 

Hal tersebut pastinya akan memperburuk dari rasa gatal yang sedang Anda rasakan.

Dengan semua cara di atas pastinya diharapkan Anda mampu mengatasi kondisi vagina yang terasa gatal saat menstruasi. Hal ini berguna untuk membuat rasa gatal tersebut tidak semakin parah dan malah mengundang penyakit berbahaya lainnya.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vaginal Itching: Causes, Treatments, and Diagnosis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/vaginal-itching)
Vagina: What's normal, what's not. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.com/health/vagina/MY01913)
Vaginal Itching, Burning, and Irritation. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/vaginal-itching-burning-irritation)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel selanjutnya
Amankah Penggunaan Sabun Sirih Secara Rutin?
Amankah Penggunaan Sabun Sirih Secara Rutin?

Jika ingin membersihkan berbagai mikroorganisme patogen seperti bakteri, jamur dan parasite, sebaiknya Anda menggunakan antiseptik dengan kandungan povidine-iodine untuk membersihkan area kewanitaan Anda.

Buka di app