Cara Salah Dalam Membentuk Perut Sixpack

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Salah Dalam Membentuk Perut Sixpack

Semua orang menginginkan perut sixpack. Meskipun tidak selalu mudah untuk mendapatkan otot perut yang kuat dan seksi, Anda dapat menemukan perut six pack Anda, atau setidaknya perut yang kencang dan rata, ketika Anda mengkombinasikan makan sehat, dengan rutinitas kebugaran yang solid yang mencakup daya tahan, kekuatan dan latihan khusus untuk perut anda. 

Mengenai Istilah Core dan Abs

Istilah abs dan core memiliki hubungan yang serupa terkait otot perut. Abs mengacu pada rektus abdominis, yang merupakan otot yang terletak di bagian depan perut Anda antara tulang rusuk dan panggul bagian bawah. Rektus abdominis terdiri dari enam kotak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

Sementara core mengacu pada otot  perut dan setiap otot lain di antara pinggul dan trapezius Anda (tidak termasuk dada dan punggung bagian atas).

Jadi jika anda melakukan sit-up, mengangkat kaki, dan latihan lain yang secara khusus menargetkan perut Anda, sangat mungkin untuk mengembangkan six pack yang lebih dominan dengan otot core yang lemah.

Setiap perut adalah bagian dari otot besar yang sama, rektus abdominus. Itu berarti mereka semua bekerja bersama, bahkan jika mereka terlihat berbeda di tubuh Anda.

Meskipun dihubungkan melalui beberapa saraf yang berbeda, tidak ada cara untuk benar-benar mengisolasi bagian perut yang mana. 

Untungnya, latihan yang melatih bagian otot perut Anda, sama seperti Anda dapat menekankan bagian yang berbeda dari kelompok otot lainnya dengan lift yang berbeda. Gerakan-gerakan tertentu seperti pull up dengan mengangkat lulus melatih perut bagian bawah lebih keras sambil tetap melatih seluruh otot perut.

Jadi bahkan jika otot perut Anda kuat, Anda tidak akan melihatnya kecuali Anda juga berhasil menghancurkan lemak perut di atasnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Mungkin itu sebabnya ada begitu banyak mitos di luar sana tentang perut melalui teknik yang berbeda, variasi, latihan, dan tips untuk mengatasinya.

Kesalahan dalam Membentuk Perut Sixpack

Banyak cara yang salah dalam membentuk sixpack. Hal ini tidaklah mudah karena beberapa orang yang bahkan rajin berlatih di gym tidak dapat membentuk otot perut dengan sempurna. 

Hanya mengandalkan sit up

Memang diketahui  bahwa sit up merupakan teknik utama untuk meningkatkan otot perut dan membentuk abs dengan cepat. Namun cara tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Sit up tidak akan membesarkan otot perut dan menghancurkan lemak, sit up hanya bekerja menguatkan otot perut anda, meskipun dapat membentuk otot perut lebih sempurna. 

Tidak rutin 

Latihan untuk membentuk otot perut harus dilakukan secara rutin. Latihan yang tidak rutin secara perlahan dapat mengecilkan otot perut sehingga kontraksi tidak lagi membuat otot berkembang dengan cepat.

Bentuk perut kotak

Bentuk otot perut tidak sama setiap orang. Faktor genetiklah yang membentuk  tekstur otot pada orang yang berbeda. Besarnya otot juga ditentukan dari beratnya intensitas latihan otot perut

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Latihan kurang maksimal

Latihan otot perut harus dilakukan dengan maksimal. Tanpa konsistensi maka tidak ada kontraksi otot rutin dan otot perut tidak berkembang dengan cepat. 

Berhenti berolahraga ketika sixpack sudah terbentuk

Olahraga yang rutin akan menjaga otot dan kebugaran tubuh. Jika suatu momen anda berhenti berolahraga, secara perlahan jaringan otot akan mengecil dan stamina tidak lagi sekuat rutinitas olahraga setiap hari.

Begitu juga otot perut. Otot perut yang telah sempurna harus tetap diberikan asupan melalui olahraga dan kontraksi. Hilangnya kontraksi akan mengempiskan otot perut. Apalagi ditambah dengan asupan makanan berlemak yang dapat membentuk otot perut. 

Hanya latihan kardio

Latihan kardio seperti treadmill, berlari, dan jogging dapat menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan lemak di perut. Tetapi perlu diketahui bahwa ini tidak akan membentuk otot perut anda. Pola latihan kardio hanya mengecilkan perut dari lemak yang tertimbun. Ini perlu dilakukan bersamaan dengan 

Terlalu banyak konsumsi lemak

Lemak sebenarnya juga dapat dinilai baik karena lemak dapat menjadi bahan bakar untuk olahraga karena dapat dibakar dengan mudah. Namun terlalu banyak konsumsi makanan lemak justru Akan menggagalkan proses pembentukan otot perut yang tertimbun oleh tumpukan lemak perut. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Truths & Myths About Six-Pack Abs: Discover What Works To Avoid Disappointment! - Bodybuilding.com (https://www.bodybuilding.com/fun/six_pack_abs_truths_and_myths.htm)
Six Pack Abs - Myths vs Facts for Building Ripped Abdominals (http://www.shapefit.com/abs/six-pack-abs-myths-vs-facts.html)
13 Never-Dying Myths About Six Pack Abs (http://absexperiment.com/13-never-dying-myths-about-six-pack-abs/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Lakukan Olahraga ini untuk Mewujudkan Tubuh Berotot Bagi Si Kurus
Lakukan Olahraga ini untuk Mewujudkan Tubuh Berotot Bagi Si Kurus

Adakah solusi untuk si kurus bisa memiliki tubuh berotot? Tentu bisa, salah satunya dengan melakukan beberapa jenis olahraga yang dapat memberi hasil maksimal untuk pembentukan otot.

Buka di app