Olahraga dan Kebugaran

Cara Mudah Besarkan Otot Bagian Bawah Biar Lebih Kekar

Dipublish tanggal: Jul 12, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Mudah Besarkan Otot Bagian Bawah Biar Lebih Kekar

Bagi Anda yang peduli terhadap bentuk otot tubuh, tentu sudah terbiasa dengan melakukan berbagai latihan gerakan seperti angkat beban, push up, pull up, dan lainnya. 

Gerakan tersebut berguna untuk menguatkan otot bagian lengan dan punggung. Namun, otot bagian bawah juga perlu dibentuk supaya postur tubuh tetap ideal. Lantas, gerakan latihan apa saja yang perlu dilakukan supaya otot paha, bokong, dan betis terbentuk?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebelumnya, pahami dulu alasan mengapa otot bagian bawah juga perlu dibesarkan, tidak melulu bagian lengan dan punggung saja. Sebab, seseorang dengan dada yang bidang dan bahu yang lebar, juga membutuhkan ukuran betis dan paha yang besar pula. 

Jika ada salah satu ukuran tubuh yang kecil, seperti paha yang kecil, maka terlihat tidak ideal atau aneh. Disamping itu, bentuk otot bagian bawah yang besar, juga penting untuk mendukung aktivitas keseharian, mulai dari berjalan, melompat, bersepeda, dan lainnya. 

Apabila bentuk otot tubuh besar, maka akan lebih kuat menopang berat badan dan melakukan aktivitas tersebut.

Gerakan untuk membentuk Otot Bagian Bawah

Bagian otot tubuh bagian bawah, seperti paha, memiliki massa otot yang lebih besar ketimbang bagian tubuh lainnya. Untuk itu, diperlukan latihan ketahanan untuk membakar kalor lebih banyak pada bagian tersebut. 

Semakin banyak massa otot yang terbakar, kalori yang terbakar juga semakin banyak. Tidak perlu olahraga berat, berikut ini gerakan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membentuk otot bagian bawah.

Squat Jump

Salah satu latihan ini mampu membentuk otot bagian paha supaya lebih kencang dan kekar. Latihan kaki ini terdiri dari dua gerakan yakni lompat dan jongkok. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Biasanya, gerakan ini sering dilakukan ketika pemanasan atau gerakan awal. Untuk melakukan gerakan ini, diawali dengan membuka kedua kaki secara melebar, kemudian letakkan tangan secara horizontal. 

Tekuk lutut Anda hingga paha terasa sejajar horizontal. Lakukan lompatan yang sempurna dengan mendorong ujung kaki ke atas dan mendarat seperti posisi semula.

Jumping Rope atau Skipping

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan latihan sederhana berupa jumping rope atau skipping ini. Ya, gerakan ini mampu membakar lemak, meningkatkan daya tahan tubuh serta membentuk otot bawah bagian betis. 

Cara melakukannya seperti biasanya, namun ada teknik tersendiri yang harus Anda pahami. Yaitu, berjinjit ketika mendaratkan kaki. Ingat, jangan sampai kaki ditapakkan secara keseluruhan supaya otot betis dapat berkontraksi lebih maksimal.

Jogging

Gerakan membentuk otot kaki paling simpel yaitu dengan cara jogging. Jogging bukan hanya sebagai pemanasan, melainkan membentuk otot bagian tubuh bawah. Sebab, gerakan ini secara keseluruhan melibatkan otot-otot kaki seperti paha depan, paha belakang, betis, hingga pangkal paha.

Nah, supaya setelah olahraga tidak mudah lelah, disarankan untuk mengonsumsi makanan serta minuman yang tepat sebelum memulai olahraga. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Misalnya, minum jus sebelum jogging. Biar lebih sehat, buatlah jus dari campuran buah apel, susu skim, yogurt tanpa lemak, dan beri. Dijamin, tubuh Anda akan lebih bertenaga dan bersemangat baik sebelum maupun sesudah olahraga.

Single Leg Squats

Gerakan single leg squats ini berguna untuk melatih otot paha bagian depan dan belakang. Selain itu, single leg squats juga berguna untuk melatih keseimbangan Anda. 

Caranya, rentangkan kedua tangan ke depan dan sejajar bahu, lalu angkat salah satu kaki ke depan. Turunkan tubuh ke bawah dengan posisi kaki masih terangkat, lau angkat perlahan hingga mencapai posisi awal. 

Lakukan gerakan serupa dengan kaki lain yang terangkat. Bagi pemula, bisa meminta bantuan orang lain untuk membantu berpegangan. 

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Best Muscle-Building Leg Exercises. Bodybuilding.com. (Accessed via: https://www.bodybuilding.com/content/10-best-muscle-building-leg-exercises.html)
Exercises for Thighs and Calves. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/men/features/strength-training-building-leg-muscles#1)
30 Ways to Tone Your Legs. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/toned-legs)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app