HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Merawat Kawat Gigi Di Rumah

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Merawat Kawat Gigi Di Rumah

Terdapat dua jenis kawat gigi yang sering digunakan orang untuk mendapatkan struktur gigi yang rapi, yaitu kawat gigi lepas pasang dan permanen. Bagi gigi yang menggunakan kawat gigi permanen, biasanya disebut “gigi dibehel”. 

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan kawat permanen, maka Anda harus mengetahui cara merawat serta membersihkannya dengan benar. Hal ini bertujuan agar gigi dan gusi tidak sakit dan infeksi akibat perawatan kawat yang tidak benar. 

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Pemasangan kawat gigi juga harus dilakukan oleh dokter spesialis gigi. Namun, apa sebenarnya alasan mengapa banyak orang memakai kawat gigi? Jika sudah terpasang, bagaimana cara merawatnya? Simak informasinya dibawah ini. 

Alasan orang memakai kawat gigi 

Meskipun saat ini banyak orang yang memakai kawat gigi karena menjadi sebuah trend, tetapi masih banyak juga yang memakainya dengan alasan kesehatan. Bagi orang yang memiliki kelainan posisi gigi atau rahang, penggunaan gigi sangat dianjurkan. 

Kelainan posisi gigi seperti gigi yang berjejalan dan berantakan, yang mungkin disebabkan karena gigi tumbuh terlalu ke belakang, terlalu ke depan, gigi yang posisinya miring, atau berputar. 

Selain itu, posisi gigi yang berjauhan atau menimbulkan banyak celah juga sangat direkomendasikan untuk menggunakan kawat gigi. Tidak hanya karena posisi gigi, kawat gigi juga digunakan oleh orang yang memiliki bentuk rahang yang terlalu maju, mundur atau terlalu mundur diatas rahang atas, rahang bawah, ataupun keduanya. 

Dengan menggunakan kawat gigi, tampilan wajah khususnya pada bagian mulut dan rahang akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Selain untuk menunjang penampilan, orang yang mengalami nyeri sendi rahang, kesulitan mengunyah dan mengalami kesulitasn berbicara juga dapat terbantu dengan penggunaan kawat gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Cara merawat kawat gigi 

Kunci merawat kawat gigi adalah dengan kontrol yang rutin ke dokter dan melakukan pembersihan kawat gigi di rumah. Selain itu, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan agar kawat gigi yang Anda gunakan tetap terawat dengan baik. 

  • Rajin mengunjungi dokter gigi 

Setelah menggunakan kawat gigi permanen, Anda harus melakukan kontrol ke dokter gigi secara rutin. Biasanya waktu kontrol dijadwalkan 3 kali dalam seminggu, tetapi hal tersebut dapat berubah. Bisa saja lebih dari 3 kali, tergantung pada kondisi dan tahap perawatan yang Anda lakukan. 

Dokter akan membersihkan gigi, mengganti karet, mengganti kawat (jika dibutuhkan), memasang ulang lem bracket yang terlepas pada saat Anda melakukan kontrol. Selain itu, akan ada pemasangan alat tambahan tergantung dengan kondisi gigi yang Anda miliki. 

Apabila terdapat lubang pada gigi, maka gigi Anda nantinya akan ditambal.

  • Menyikat gigi dengan benar

Anda pasti sudah mengetahui berapa kali harus menyikat gigi setiap harinya. Namun, dalam merawat kawat gigi, sikat gigi saja tidak cukup. Anda perlu mengikuti beberapa anjuran dibawah ini: 

  • Menggunakan sikat gigi khusus ortho (sikat yang bulu dibagian tengahnya lebih pendek dibandingkan dengan bagian pinggir)
  • Menggunakan sikat interdental dan dental floss
  • Menggunakan obat kumur dengan kandungan fluoride setelah sikat gigi 

Ketika menyikat gigi, Anda harus menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Pastikan agar semua permukaan gigi Anda tersikat secara menyeluruh, tidak hanya pada bagian-bagian tertentu. 

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Pantangan makanan atau minuman saat memakai kawat gigi 

Selama pemakaian kawat gigi, Anda harus menghindari makanan yang bersifat keras dan lengket karena akan meningkatkan risiko terlepasnya bracket. Makanan keras seperti buah sebaiknya dipotong dahulu, kemudian di konsumsi. 

Sangat tidak dianjurkan untuk memakan buah secara langsung saat memakai kawat gigi. Selain itu, hindari juga makanan yang bersifat manis dan asam karena akan memicu terjadinya gigi berlubang. 

Waktu yang dibutuhkan untuk memakai kawat gigi

Pada umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk memakai kawat gigi adalah sekitar lebih dari 1,5 tahun. Namun, waktu pemakaian kawat gigi berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain, semuanya tergantung pada banyak faktor. 

Seperti usia pasien, kondisi gigi atau rahang, seberapa sering melakukan kontrol, dan seberapa banyak gigi yang ingin digerakkan. 

Efek samping memakai kawat gigi

Meskipun digunakan untuk tujuan kesehatan, pemakaian kawat gigi juga menimbulkan efek samping, seperti gigi yang sulit untuk dibersihkan, peradangan pada gusi, gigi berlubang, rasa sakit atau tidak nyaman saat gigi digerakkan, dan gigi terasa goyang sewaktu digerakkan. 


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Braces and orthodontics. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/braces-and-orthodontics/)
Take care of your teeth and gums. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/take-care-of-your-teeth-and-gums/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app