Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda Ternyata Mudah, Lho!

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 3, 2022 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda Ternyata Mudah, Lho!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Uban 'prematur' bisa muncul akibat faktor kepanasan. Gunakanlah topi atau payung saat ke luar rumah dan hindari keramas dengan air panas agar tidak muncul uban;
  • Konsumsi makanan kaya vitamin B12 dan biotin dapat membantu menghilangkan uban di usia muda;
  • Meditasi dapat membantu menenangkan pikiran, mencegah uban, sekaligus memperbaiki rambut rusak;
  • Sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan uban di usia muda adalah minyak kelapa, minyak wijen, minyak almond, hingga lemon;
  • Klik untuk mendapatkan produk perawatan kecantikan ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Siapa bilang kalau uban hanya muncul saat usia sudah menua. Nyatanya, sekarang ini sudah banyak anak muda yang beruban. Tentu saja hal ini kerap menurunkan kepercayaan diri. Tenang saja, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan uban di usia muda. Berikut daftarnya.

Kebiasaan yang dapat menghilangkan uban di usia muda

Penyebab munculnya uban di usia muda ada banyak hal. Namun, yang pasti, rambut putih ini terkadang membuat tidak percaya diri, biasanya karena takut dianggap tua. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Baca selengkapnya: Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Kabar baiknya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan uban di usia muda dengan perawatan sederhana seperti berikut:

1. Gunakan heat protection

Salah satu penyebab munculnya uban ‘prematur’ adalah karena rambut terlalu sering terkena panas. Suhu panas berlebih dan keringat tak hanya membuat kulit kepala kering, tetapi juga melemahkan folikel sehingga meningkatkan risiko penuaan dini. Hasilnya, rambutpun berubah warna menjadi abu-abu atau putih.

Oleh sebab itu, saat keluar rumah, gunakanlah topi atau payung--apalagi kalau cuaca sedang terik-teriknya. Hindari juga keramas menggunakan air panas dan sebisa mungkin minimalisir penggunaan hair dryer atau catok.

Jika rambut sudah terlanjur rusak karena suhu panas berlebih, gunakan masker pendingin untuk membalikkan efek rusaknya. Nah, ada dua bahan alami masker pendingin rambut yang bisa dicoba untuk menyamarkan uban di usia muda, yaitu:

  • Henna: Kumpulkan beberapa lembar daun henna, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, ambil sedikit dadih dan campurkan ke tumbukan daun tadi. Oleskan ke rambut, lalu diamkan hingga kering. Bilas dengan sampo lembut. Kalau Anda kesulitan menemukan daun henna, maka beli saja dalam bentuk bubuk.
  • Teh hitam: Didihkan 2 sendok teh daun teh tanpa menambahkan gula atau susu. Setelah mendidih, biarkan dingin hingga airnya berubah menjadi gelap. Pleskan ke rambut hingga merata, bilas dengan air (tanpa sampo).

Begitu pH kulit kepala sudah pulih, maka folikel rambut putih akan gugur dan rambut barupun akan tumbuh.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

2. Konsumsi makanan kaya vitamin B12

Salah satu cara terbaik mencegah munculnya uban di usia muda adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Tak hanya mempertahankan kesehatan kulit kepala, vitamin B12 juga bisa memulihkan rambut agar tak sampai putih.

Beberapa makanan yang kaya vitamin B12 antara lain yang beragi, keju, alpukat, jeruk, plum, dan cranberry.

3. Gunakan produk rambut yang mengandung biotin

Biotin merupakan bahan alami yang fungsinya mempertahankan warna hitam rambut. Makanya, kalau ingin menghilangkan uban di usia muda, perbanyaklah asupan makanan sumber biotin seperti oat dan almond. 

Di samping itu, gunakan pula produk rambut yang mengandung biotin agar warna rambut kembali hitam alami.

4. Gunakan minyak rambut

Kebanyakan anak muda enggan menggunakan minyak rambut. Nah, hal inilah yang biasanya menyebabkan folikel rambut melemah sehingga menyebabkan rambut jadi tipis, putih, serta kusam. Anda bisa menggunakan minyak almond atau minyak zaitun untuk menutrisi kulit kepala.

5. Meditasi

Salah satu penyebab rambut memutih di usia muda adalah stres berat. Ya, stres membuat rambut lemah dan memutih. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Oleh karena itu, segera atasi stres dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Salah satunya dengan meditasi.  Tak hanya menyeimbangkan zat kimia di otak dan tubuh, meditasi juga bisa menenangkan pikiran, mencegah uban, sekaligus memperbaiki rambut rusak.

Baca juga: Benarkah Stres Penyebab Rambut Uban?

6. Cat rambut alami

Cara menghilangkan uban satu ini tentu tak boleh dilewatkan. Namun kalau Anda enggan memakai produk instan yang sarat denganmengandung bahan kimia berbahaya, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengecat rambut.

Caranya, didihkan teh atau kopi selama 15 menit, lalu biarkan hingga dingin. Tambahkan minyak alami ke dalamnya, lalu cuci rambut secara teratur menggunakan air tersebut agar rambut putih segera hilang.

7. Pakai kondisioner alami

Daripada memakai produk kondisioner berbahan kimia, buat saja sendiri menggunakan campuran gooseberry dan walnut hitam. Campur kedua bahan hingga terbentuk adonan pasta dan tambahkan sedikit minyak alami, lalu gunakan adonan tersebut sebagai kondisioner 3 kali seminggu.

Tak hanya mencegah penuaan dini, kondisioner ini juga bisa memperbaiki tekstur dan warna rambut sehingga menjadi kuat, tebal, dan bebas ketombe.

Bahan alami untuk menghilangkan rambut putih di usia muda

Selain dengan menerapkan beberapa kebiasaan tadi, Anda juga bisa menggunakan bahan alami berikut untuk menyingkirkan rambut putih saat masih muda, yaitu:

1. Minyak kelapa dan daun kari

Siapkan panci, lalu campurkan 30 ml minyak kelapa dengan 14 gram daun kari (salam koja). Setelah itu, masak keduanya dengan api sedang hingga mendidih. Tutup panci, lalu sisihkan dalam suhu ruang.

Sesudah dingin, pijatkan campuran minyak tadi ke kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat menggunakan sampo dan kondisioner lembut.

2. Minyak wijen dan minyak biji wortel

Masukkan 4 sendok makan minyak wijen dan ½ sendok teh minyak esensial biji wortel ke dalam botol berwarna gelap. Kocok hingga keduanya tercampur rata, lalu gunakan minyaknya untuk memijat kepala dan akar rambut.

Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat, sampo dan kondisioner lembut. Sisa minyaknya dapat bertahan hingga sebulan bila disimpan di tempat sejuk dan jauh dari sinar matahari.

3. Minyak almond dan minyak wijen

Cara menghilangkan uban di usia muda berikutnya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak wijen dan 4 sendok makan minyak almond. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit kepala selama 20 menit, lalu biarkan 20 menit lagi. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat atau sampo herbal.

4. Minyak kelapa dan lemon

Perpaduan minyak kelapa dan jus lemon juga bisa menghilangkan uban di usia muda secara alami, lho. Anda tinggal mencampurkan kedua bahan dan memakainya sebagai minyak pijat untuk rambut dan kulit kepala. Lakukan secara teratur dan lihat hasilnya.

5. Mentega susu sapi

Rambut putih juga bisa disingkirkan dengan memijat kepala menggunakan mentega yang terbuat dari bahan susu sapi asli. Gunakan bahan ini untuk memijat kulit kepala selama kurang lebih 10 menit, lalu biarkan hingga 20 menit lagi. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat atau sampo herbal.

6. Jus lemon dan minyak almond

Resep lain untuk menghilangkan uban di usia muda adalah dengan memijat kepala dan rambut secara rutin menggunakan campuran air lemon dan minyak almond. Anda hanya perlu mengiris buah lemon dalam beberapa irisan, lalu memerah cairannya dan campurkan dengan minyak almond dengan perbandingan yang sama.

Baca juga: Perlukah Mencabut Rambut Uban?

Nah, menghilangkan uban di usia muda kini bukan lagi sekadar harapan. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati. Meski menggunakan bahan alami, perhatikan tanda-tanda reaksi efek samping. Jika rambut terasa gatal, panas, atau tidak nyaman, segera hentikan dan konsultasikan ke dokter.

26 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zayed A, et al. (2013). Smokers’ hair: Does smoking cause premature hair graying? DOI: (http://www.idoj.in/article.asp?issn=2229-5178;year=2013;volume=4;issue=2;spage=90;epage=92;aulast=Zayed)
Why does hair turn gray? (2017). (http://kidshealth.org/en/kids/gray-hair.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Buka di app