Kiat-Kiat Menjaga Rambut Agar Tak Rusak Meski Pakai Catokan Dan Hairdryer

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kiat-Kiat Menjaga Rambut Agar Tak Rusak Meski Pakai Catokan Dan Hairdryer

Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Beragam upaya akan dilakukan untuk menjaga agar rambut tetap sehat berkilau. Beragam peralatan modern tersedia untuk memanjakan rambut mulai dari hairdryer hingga catokan.

Penggunaan hairdryer bukanlah hal yang baru dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan hairdryer, rambut akan lebih cepat kering dan mudah dibentuk.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Selain itu, bagi Anda yang suka merubah model rambut, kehadiran alat styling rambut seperti catokan dan alat pengeriting rambut tentu sangat memabntu. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon.

Namun Anda tetap harus berhati-hati menggunakan alat-alat tersebut, jika berlebihan dalam penggunaannya, rambut Anda bisa rusak dan rontok. 

Kiat Menjaga Rambut Tetap Sehat Walaupun Sering Menggunakan Hairdryer dan Catokan

Anda yang sering menggunakan alat-alat styling rambut hendaknya memperhatikan beberapa hal agar rambut Anda tetap sehat dan tidak rusak.

1. Gunakan alat yang berkualitas

Jika ingin mendapat hasil yang maskimal, tentu saja peralatan yang dipakai adalah alat yang terjamin kualitasnya, dan tidak perlu mahal. Pastikan alat yang Anda beli memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Mark Goodman, seorang pakar profesional rambut, mengatakan bahwa alat perawatan rambut dan hairstyling harus memiliki fitur pengaturan pemanas yang berbeda. Sehingga pengguna dapat mengatur tingkat panas yang sesuai dengan jenis rambut.

Selain itu, Susan Thalken yang merupakan seorang pemiliki salon Studio 8 di Hollywood menyarankan untuk membeli hairdryer dan blowdryer dari toko kecantikan terpercaya. Hal ini untuk menjamin kualitas dari produk yang dibeli bukan produk abal-abal atau palsu.

Hairdryer profesional akan memiliki kelebihan di bagian kekuatan dan aliran udara yang dihasilkan. 

2. Kenali jenis rambut

Sebelum melakukan perawatan atau menggunakan alat perawatan rambut, tentunya Anda harus mengenali terlebih dahulu rambut Anda. jika rambut Anda tipis da halus, maka gunakan temperatur hairdryer yang rendah.

Hal ini untuk mencegah rambut menjadi kering dan rusak karena terlalu panas. Selain itu, para penata rambut profesional menyarankan untuk tidak menggunakan temperatur yang tinggi pada rambut, karen bisa beresiko merusak rambut.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

3. Jaga rambut

Untuk mencegah rambut agar tak kering karena sering terkena hairstyling, Anda bisa memilih produk pengering, pengeriting, dan pelurus rambut yang sudah dilapisi dengan silikon. Sebisa mungkin untuk menghindari peralatan yang berjenis logam.

Dari hasil penelitian Carolyn Jacob MD, seorang ahli dermatologis dan instruktur Associate Clinical of Dermatology di Northwestern University School of Medicine, Chicago, menyebutkan bahwa penggunaan hairdryer lebih minim resiko kerusakan rambut daripada pengeriting dan pelurus rambut. 

Penggunaan hairdryer yang tidak mengenai rambut secara langsung dan cepat dengan suhu panas yang dapat diatur juga mengurangi resiko kerusakan rambut. Penggunaan pengeriting dan pelurus rambut dibatasi tidak lebih dari tiga atau empat menit di tiap bagian rambut.

4. Gunakan hairdryer di saat yang tepat

Jika Anda sedang tidak tergesa-gesa, gunakan hairdryer  saat rambut sudah setengah kering atau sekitar 70-80%. Penggunaan hairdryer  saat rambut masih basah akan membuat rambut kering dan rusak.

Jika pengering rambut Anda memiliki pengaturan pengeringan dengan udara dingin, maka Anda bisa pilih dengan mode dingin tersebut.

Tips mengatasi rambut yang sudah terlanjur kering dan rusak

Penggunaan hairdryer  dan alat-alat lain pada rambut walaupun digunakan secara hati-hati pasti akan menimbulkan gejala rambut kering dan rusak pada suatu saat nanti.

Jika sudah terlanjur rusak, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami di bawah ini untuk mengatasi rambut Anda:

5. Masker alpukat

Ambil daging buah alpukat kemudian hancurkan dan campur dengan telur. Jika sudah tercampur, oleskan pada rambut yang masih basah dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Perawatan rambut rudak dan kering dengan masker alpukat ini dapat dilakukan seminggu sekali, sedangkan unutk rambut normal dapat dilakukan sebulan sekali.

6. Mentega

Potong mentega menjadi beberapa bagian kemudian aplikasikan pada rambut rambut dipijat lembut. Jika sudah merata, tutup rambut menggunakan shower cap selama setengah jam. Cuci rambut hingga bersih kemudian bilas.

7. Minyak zaitun

Anda cukup memanaskan ½ cangkir minyak zaitun dan gosokkan pada rambut. Tutup rambut agar kandungan minyak zaitun meresap dengan plastik kemudian dilapisi handuk. Diamkan selama 45 menit kemudian cuci rmabut dengan shampo dan bilas.

8. Air teh

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan kilau rambut adalah dengan air teh. Gunakan air teh setelah rambut bebas dari shampo. Bilas rambut Anda dengan air teh. 

9. Cuka apel

Campurkan satu sendok the cuka apel, 2 sendok teh minyak zaitun, dan 3 butir putih telur. Aduk hingga rata kemudian gosokkan pada rambut, dan diamkan selama satu setengah jam. Lalu cuci rambut dengan shampo dan bilas hingga bersih.

10. Telur

Walaupun berbau amis, namun telur memiliki manfaat untuk melembutkan rambut Anda. caranya hanya dengan mencampurkan sebutir telur dengan sampo yang Anda gunakan. Diamkan selama 5 menit dan bilas hingga bersih.

11. Minyak kelapa

Gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut Anda. oleskan minyak kelapa pada rambut yang masih basah, diamkan selama 30 menit dan tutupi rambut Anda dengan shower cap, lalu cuci dan bilas hingga bersih.

32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app