HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Makanan dan Diet Sehat

Arti Label Nutrisi Pada Makanan Kemasan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Arti Label Nutrisi Pada Makanan Kemasan

Label nutrisi yang tercantum dalam kemasan suatu produk dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa banyak makanan yang sudah Anda konsumsi, terutama jumlah lemak, sodium dan gula tambahannya.

Kebanyakan makanan kemasan pasti dilengkapi dengan label nutrisi di bagian samping atau belakang kemasan, yang berisikan satuan kalori dalam kilojoules atau KJ dan kilocalories atau kcal. Selain itu, ada juga cantuman jumlah lemak, lemak tersaturasi, karbohidrat, gula, protein dan garam yang ditulis dalam angka per 100 gram atau per porsi makanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Dalam berdiet dan mengonsumsi makanan kemasan, perhatikan label kemasan, kurangi jumlah lemak, terutama lemak tersaturasi, garam dan gula tambahan. Hindari makanan yang memiliki total kandungan nutrisi tersebut yang ada dalam jumlah banyak. Untuk mengetahui dengan pasti, berikut panduan yang dapat Anda gunakan dalam membaca label makanan kemasan. 

1.Total lemak
Termasuk tinggi jika tersedia lebih dari 17.5 gram per 100 gram, termasuk rendah jika tersedia sebanyak 3 gram atau kurang dari itu per 100 gram-nya.

2.Total lemak tersaturasi
Termasuk tinggi jika terdapat sebanyak 5 gram dari lemak tersaturasi per 100 gram-nya dan termasuk rendah jika tersedia dalam jumlah 1.5 gram atau kurang dari itu per 100 gram-nya.

3.Total gula
Termasuk banyak jika berada dalam jumlah 22.5 gram dari total gula per 100 gram-nya, dan termasuk rendah jika tersedia dalam jumlah 5 gram atau kurang dari itu per 100 gram.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
New food labeling system may reduce calorie intake. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327264.php)
How to Decode a Nutrition Label. Healthline. (https://www.healthline.com/health/food-nutrition/nutrition-labels)
Nutrition Fact Secrets: How to Read Food Nutrition Labels. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/features/nutrition-label-secrets)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app