Makanan dan Diet Sehat

Cara Mengatasi Pegal Akibat Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama melakukan aktivitas yang sama seperti duduk di kursi selama beberapa jam dapat mempengaruhi postur tubuh anda yang ideal. Apa treatment yang bisa anda lakukan? Simak penjelasannya berikut ini.
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Sep 2, 2019 Waktu baca: 2 menit
Cara Mengatasi Pegal Akibat Terlalu Lama Duduk

Tubuh disusun dengan berbagai sistem yang bergerak secara dinamis. Sehingga ketika anda melakukan gerakan yang bersifat kaku dalam waktu lama, dikhawatirkan akan mengalami sakit di beberapa bagian tertentu. 

Bahkan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius seperti risiko penyakit osteoporosis. Dengan demikian anda perlu melakukan jeda atau breaktime sebelum kembali duduk dan melakukan aktivitas lainnya seperti  bekerja.

Kondisi kaku ini sering disebut dengan istilah pegal. Terdapat beberapa gejala yang timbul seperti nyeri pada bagian kaki, tangan dan punggung. Kemudian gejala tersebut semakin lengkap dengan kondisi sakit kepala akibat terlalu lama bekerja di depan komputer. 

Saat merasakan hal tersebut, anda memerlukan beberapa perawatan mandiri yang dapat menghindarkan diri dari risiko kesehatan yang kronis.

Terlalu lama melakukan aktivitas yang sama seperti duduk di kursi selama beberapa jam dapat mempengaruhi postur tubuh anda yang ideal. Apa treatment yang bisa anda lakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Jalan kaki

Apabila setiap hari disibukkan oleh berbagai pekerjaan yang mengharuskan duduk di depan komputer seharian. Maka anda harus gunakan waktu sejenak untuk berjalan kaki seperti di waktu istirahat. Anda bisa berjalan kaki dengan santai menuju cafetaria tepat sebelum makan siang.

Berjalan kaki dapat memperlancar peredaran darah, setidaknya sempatkan berjalan kaki 10 menit untuk masa duduk selama 3 jam.

2. Dorong lengan

Anda juga bisa mengatasi pegal di beberapa bagian seperti lengan dengan cara yang mudah. Anda cukup mengaitkan buku-buku jari dan menekan lengan ke bagian bawah. Pastikan bahwa tungkai lengan terasa seperti ditarik, kemudian lakukan hal tersebut beberapa kali hingga lengan anda bebas dari rasa kaku.

3. Gunakan kursi putar

Salah satu cara bebas pegal adalah dengan menggunakan kursi putar yang biasa anda pakai untuk bekerja. Lakukan gerakan-gerakan kecil ke berbagai arah dengan kursi tersebut, sehingga anda merasakan bahwa bagian tubuh kembali elastis seperti sedia kala. 

Akan tetapi lakukan kegiatan ini saat suasana sedang sepi atau sedang tiba jam istirahat.

4. Jaga postur tubuh

Pastikan punggung anda tidak dalam keadaan membungkuk lebih lama. Pastikan untuk menegakkan punggung beberapa saat hingga tubuh kembali ringan dan mudah digerakkan. Anda juga bisa bersandar ke bagian belakang kursi sebagai cara melepas penat.

5. Pijat ringan pada leher

Postur duduk yang salah dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kondisi leher, sehingga akan sulit bergerak karena kaku dan menimbulkan rasa sakit. Hal yang bisa anda lakukan adalah memijat ringan untuk beberapa saat sehingga leher kembali ringan untuk digerakkan. 

Setelah itu anda bisa melanjutkan rutinitas seperti biasa.

6. Yoga

Berbagai gerakan yoga diyakini dapat mengembalikan posisi terbaik pada tubuh anda. Kemudian sekaligus bisa mengusir stres dengan melakukan meditasi. Dengan demikian anda bisa mendapatkan tubuh yang kembali segar. 

Lakukan kegiatan yoga tersebut secara mandiri di rumah atau bahkan mengikuti kelas-kelas yoga tertentu.Pastikan memiliki waktu yang tepat untuk melakukan yoga, sehingga tidak mengganggu aktivitas sibuk anda selama satu pekan.

Cara-cara yang telah disampaikan di atas merupakan variasi yang bisa anda pilih ketika rasa pegal mender. Akan tetapi selain itu pastikan bahwa kecukupan nutrisi benar-benar terpenuhi seperti konsumsi sayur, buah dan makanan pendukung lainnya. 

Supaya anda bebas dari rasa pegal dan resiko kesehatan lainnya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stiff knee: Causes, treatment, and exercises. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327499.php)
Muscle Stiffness: Causes, Diagnosis, Treatment & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/muscle-stiffness)
Why Are My Joints So Stiff? What Can I Do?. WebMD. (https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/ss/slideshow-stiff-joints)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app