GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Tips Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Menjaga kebersihan diri termasuk mencuci tangan merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan. Karena tangan menyimpan banyak kuman penyakit seperti salmonella, E.coli, dan norovirus yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mencuci tangan secara benar sehingga kuman dan bakteri dapat hilang dari tangan.

Umumnya, Anda dapat melindungi diri dari infeksi, kuman, atau bakteri dengan melakukan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, lalu keringkan tangan dengan tisue bersih. Untuk mengetahui cara mencuci tangan dengan benar, simak penjelasan berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Cara melakukan cuci tangan dengan benar

Cuci tangan sebaiknya dilakukan sebelum maupun setelah makan. Selain itu, cuci tangan juga diharuskan sebelum mengonsumsi obat, setelah buang air, setelah menyentuh hewan, maupun setelah membuang sampah. Cuci tangan harus dilakukan secara benar agar dapat menghilangkan kuman dan kotoran yang menempel di tangan.

Cara mencuci tangan yang benar diawali dengan membasuh tangan dengan air kemudian menuangkan sabun cuci tangan ke telapak tangan. Anda bisa menggunakan sabun biasa maupun sabun antiseptik. Caranya dengan menggosok kedua tangan hingga berbusa dan pastikan punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku terkena sabun lalu gosoklah tangan selama minimal 20 detik. 

Setelah selesai mencuci tangan, bilas tangan hingga bersih dan keringkan menggunakan tisu atau handuk. Saat ini, Anda juga dapat mencuci tangan dengan praktis menggunakan hand sanitizer. Caranya cukup tuangkan sedikit cairan ke telapak tangan dan gosok ke seluruh bagian tangan. Pastikan untuk memilih produk hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol.

Baca juga: 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar

Kesalahan saat mencuci tangan yang perlu dihindari

Mencuci tangan dengan benar sangat penting untuk menghilangkan kuman yang menempel sehingga tubuh dapat terhindar dari risiko terkena penyakit berbahaya. Namun ada beberapa kebiasaan salah yang sering dilakukan saat mencuci tangan. Berikut ini beberapa kesalahan saat mencuci tangan yang perlu dihindari, antara lain:

Tidak menggunakan sabun

Banyak orang yang terbiasa mencuci tangan hanya menggunakan air saja, padahal dengan menggunakan air saat mencuci tangan sangat tidak efektif dalam menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan. Oleh karena itu, sangat penting menggunakan sabun saat mencuci tangan terutama dengan sabun cair daripada sabun batang karena sabun batang lebih mudah terkontaminasi sehingga tidak efektif menghilangkan kuman di tangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Langsung membilas dengan air

Banyak orang yang terburu-buru saat mencuci tangan sehingga langsung membilas tangan yang telah diberi sabun. Padahal sebaiknya setelah menggosok sabun ke seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan, telapak tangan, pergelangan tangan, serta sela-sela jari setidaknya gosoklah sabun minimal 20-30 detik, kemudian bilas dengan air bersih.

Mengeringkan tangan dengan mesin pengering

Saat ini banyak orang yang memilih menggunakan mesin pengering tangan setelah mencuci tangan. Menggunakan mesin pengering dirasa lebih praktis dan simpel saat akan mengeringkan tangan dibandingkan menggunakan tisu. Namun hasil penelitian menunjukkan mengeringkan tangan menggunakan tisu jauh lebih baik dibandingkan menggunakan mesin pengering.

Menyentuh barang lagi

Setelah selesai mencuci dan mengeringkan tangan, banyak orang yang mematikan kran langsung menggunakan tangan padahal keran merupakan sarang kuman dan bakteri. Menyentuh keran secara langsung menyebabkan kuman kembali menempel di tangan sehingga sebaiknya gunakan penghalang seperti tisu saat mematikan kran air.

Kebiasaan mencuci tangan saat penting untuk dilakukan terutama sebelum makan. Selain itu, mencuci tangan juga sangat perlu dilakukan setelah buang air kecil ataupun buang air besar dan setelah membuang sampah. Hal yang sama juga perlu dilakukan setelah memegang struk belanja, uang, alat dapur, ataupun benda yang ada di fasilitas umum.

Cuci tangan harus dilakukan secara benar agar kuman dan bakteri dapat hilang. Jangan lupa gunakan sabun saat mencuci tangan dan gosok sabun selama 20-30 detik lalu bilas tangan hingga bersih dan keringkan menggunakan tisu. Sebaiknya hindari menggunakan mesin pengering tangan dan jangan menyentuh kran secara langsung setelah mencuci tangan.

Baca juga: Malas Cuci Tangan Dapat Sebabkan 7 Penyakit Ini

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Wash Your Hands - CDC Proper Handwashing for Coronavirus. Health.com. (https://www.health.com/condition/infectious-diseases/how-to-wash-your-hands)
Clean hands protect against infection. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/gpsc/clean_hands_protection/en/)
How to wash your hands. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/best-way-to-wash-your-hands/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app