GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Pentingnya Mencuci Tangan Setelah dari Toilet

Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Sep 13, 2021 Tinjau pada Feb 28, 2020 Waktu baca: 4 menit
Pentingnya Mencuci Tangan Setelah dari Toilet

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Setelah dari toilet, kebiasaan sehat mencuci tangan sangatlah disarankan guna menjaga kesehatan dan mencegah risiko penyakit menular;
  • Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun cuci tangan harus dilakukan setelah dari toilet terlebih habis buang air kecil maupun buang air besar;
  • Virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit dapat mudah menular melalui sentuhan termasuk pada tangan yang kotor;
  • Bahaya penyakit yang dapat terjadi akibat malas mencuci tangan setelah dari toilet dapat berupa infeksi saluran pencernaan maupun pernapasan;
  • Feses bahkan mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella, E.coli, dan norovirus yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare;
  • Klik untuk membeli produk antiseptik seperti hand sanitizer dan perlengkapan new normal di HDMall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Banyak orang yang malas mencuci tangan setelah dari toilet, padahal kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan sangatlah penting agar terhindar dari berbagai penyakit menular yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit. 

Berdasarkan hasil penelitian, hanya 40 persen orang yang mencuci tangan setelah dari toilet padahal setelah buang air kecil maupun buang air besar, setiap orang wajib mencuci tangan dengan air bersih dan sabun cuci tangan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pentingnya mencuci tangan setelah dari toilet

Cara termudah untuk menularkan suatu penyakit adalah melalui sentuhan dan tangan merupakan sarang kuman yang paling mudah menyebabkan berbagai penyakit. 

Sentuhan tangan secara langsung ke kulit atau benda dapat menjadi sarana penyebaran penyakit. Oleh karena itu, mencuci tangan sangat penting untuk dilakukan.

Meskipun Anda merasa bersih, tetapi jika orang yang menggunakan toilet sebelum Anda tertular penyakit, maka hal tersebut juga akan meninggalkan kuman penyakit. Selain itu, toilet juga mengandung banyak bakteri dan kuman tidak terlihat yang dapat menyebabkan penyakit. 

Ketika Anda pergi ke toilet ada kemungkinan bakteri dan virus tersebut dapat menempel ke tangan melalui sentuhan. Jika tidak mencuci tangan, bakteri dan virus tidak akan hilang dan bisa masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit berbahaya.

Virus atau bakteri apa sih yang berbahaya?

Feses manusia dan hewan mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella, E.coli, dan norovirus yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu, feses manusia juga mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan. 

Feses juga mengandung banyak bakteri jahat yang menyebabkan penyakit berbahaya seperti flu, hepatitis A, bronkitis, hingga meningitis. Jenis penyakit tersebut dapat menular melalui sentuhan, termasuk juga kebiasaan mencuci tangan selama pandemi Covid-19. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Oleh karena itu, sangat penting untuk membiasakan diri mencuci tangan setelah dari toilet terlebih menggunakan sabun cuci tangan dan air mengalir. Langkah mencuci tangan juga sangat mudah, cukup basahi tangan dengan air mengalir serta gunakan sabun cuci tangan secukupnya, usap dan bersihkan tangan selama 15-30 detik. 

Selain mencuci tangan, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer yang praktis tersedia untuk membersihkan tangan ketika sedang berada di luar rumah ataupun ketika tidak ada air bersih. Jadi jangan abaikan kesehatan dan kebersihan tangan terutama setelah dari toilet.

Baca juga: 6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

Bahaya tidak mencuci tangan setelah dari toilet

Toilet dapat menjadi sarang kuman dan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bakteri berbahaya tersebut dapat menempel melalui sentuhan tangan setelah memegang pintu toilet, membuka atau menutup keran air, ataupun saat memegang benda-benda lain di toilet. Oleh karena itu, jika Anda tidak mencuci tangan setelah dari toilet, maka bakteri akan masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit.

Berikut beberapa kondisi yang dapat terjadi saat malas mencuci tangan setelah dari toilet, antara lain:

Mengalami gangguan pernapasan

Tidak mencuci tangan setelah dari toilet dapat meningkatkan risiko terkena penyakit flu. Selain itu, malas mencuci tangan juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan lainnya, seperti pneumonia dan adenovirus, bahkan virus Covid-19. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Flu sendiri menjadi salah satu penyakit yang paling sering terjadi akibat penularan virus yang dapat menyebar melalui udara ataupun akibat bersentuhan dengan tangan orang lain yang sedang mengalami flu.

Baca juga: Mengapa Sabun Cuci Tangan Penting dalam Mencegah Virus Corona (Covid-19)?

Terserang diare

Feses mengandung bakteri salmonella, E.coli, dan norovirus yang dapat menyebabkan diare sehingga ketika Anda tidak mencuci tangan setelah dari toilet, kemungkinan bakteri tersebut masih menempel di tangan dan membuat tubuh rentan terkena diare. 

Hal tersebut juga dapat membuat sakit perut karena terinfeksi virus norovirus yang dapat menyebabkan gastroenteritis atau muntaber yang juga bisa disebabkan karena malas cuci tangan sebelum makan.

Keracunan makanan

Bahan makanan harus dicuci dengan bersih sebelum dimasak, hal ini termasuk sayur, buah, dan daging. Selain itu, proses pengolahan juga harus dilakukan secara higienis agar makanan tidak mengandung kuman penyebab penyakit. 

Jika setelah dari toilet tidak mencuci tangan dan langsung memasak, tentunya bakteri yang terbawa dari toilet akan menempel di makanan secara tidak langsung sehingga menyebabkan keracunan makanan.

Risiko penularan ke orang lain

Kuman sangat mudah berpindah melalui sentuhan apalagi jika bersentuhan dengan orang lain sehingga jika tidak mencuci tangan maka kuman akan menempel di tangan lalu menular serta membuat kuman akan berpindah dan dapat menginfeksi orang lain. Jika Anda rajin mencuci tangan, maka risiko penyakit menular yang dapat diminimalisir.

Kebal terhadap antibiotik

Tidak mencuci tangan dapat menyebabkan Anda mudah terkena penyakit sehingga perlu mengonsumsi obat agar cepat sembuh. Saat terbiasa mengonsumsi obat, maka tubuh akan kebal terhadap antibiotik (resistensi antiobiotik). Akibatnya penyakit akan sulit sembuh dan membutuhkan dosis obat yang lebih tinggi untuk mengobati penyakit tersebut di kondisi selanjutnya.

Baca juga: Cara Atasi Kebiasaan Cuci Tangan yang Bisa Sebabkan Kulit Kering

Mencuci tangan setelah dari toilet juga sangat penting dilakukan karena selain menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri, kebiasaan sehat mencuci tangan akan membantu menghindarkan Anda dari kondisi penyakit tertentu. 

Selain dapat mengganggu kesehatan diri sendiri, tidak mencuci tangan juga membahayakan kesehatan orang lain karena bakteri dapat menular saat Anda menyentuh orang lain. Untuk itu, mulai sekarang biasakan mencuci tangan setelah dari toilet agar terhindar dari penyakit dan tetap menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hand Washing: Why It's So Important (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/hand-washing.html)
Why You Really Should Wash Your Hands After Using the Bathroom (Every Single Time!). Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/why-you-really-should-wash-your-hands-after-using-the-bathroom-every-single-time/)
Show me the science: Why wash your hands? (2018). (https://www.cdc.gov/handwashing/why-handwashing.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app