Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Wajah

Cara Membuat Masker Beras untuk Berbagai Masalah Kulit Wajah

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.311.140 orang

Meskipun ada banyak mitos seputar makan nasi, namun terdapat fakta menarik lain mengenai manfaat beras bagi kulit. Menggunakan beras sebagai bahan utama dalam masker wajah atau produk perawatan kulit apapun pasti dapat memberikan manfaat untuk kulit yang sehat. 

Jadi, apakah Anda memakan nasi atau tidak, gunakanlah beras sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Masker beras memiliki berbagai macam manfaat seperti dapat mengangkat kulit mati pada kulit dengan lembut, menambah kelembaban dan mencerahkan warna kulit. 

Gunakanlah tepung beras atau air beras untuk membuat masker beras buatan sendiri di rumah. Masker beras umumnya cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang berjerawat, kulit sensitif atau kulit kering

Anda tidak perlu pergi ke spa atau menghabiskan banyak uang untuk membeli masker wajah yang dijual di toko atau supermarket. Anda hanya tinggal menyiapkan bahan-bahan sederhana langsung di rumah dengan bahan-bahan alami dan murah.

Cara membuat Masker Beras

Masker air beras

  •  Langkah 1. Tuang 1/2 cangkir beras ke dalam mangkuk. Tambahkan air secukupnya untuk mengisi mangkuk sekitar 1 inci di atas beras. Aduk rata dengan sendok.
  • Langkah 2. Biarkan nasi di dalam air sampai terlihat keruh, lalu diamkan sekitar 30 hingga 60 menit. Tuang beras dan air melalui saringan ke dalam mangkuk bersih untuk memisahkan beras dan air.
  • Langkah 3. Gunakan gunting untuk memotong lubang mata, hidung dan mulut di tisu untuk digunakan sebagai masker. Rendam handuk kertas dalam air beras selama 10 menit.
  • Langkah 4. Lepaskan handuk kertas dengan hati-hati dan peras dengan lembut. Berbaring dan letakkan handuk kertas di wajah Anda selama 15 menit.

Masker tepung beras

  • Langkah 1. Kupas kentang kecil dengan pisau. Parut kentang mentah dengan parutan keju.
  • Langkah 2. Masukkan segenggam kentang parut ke tangan Anda. Peras di atas mangkuk untuk mengekstrak jus.
  • Langkah 3. Tambahkan tepung beras ke jus kentang, sedikit demi sedikit. Aduk jus saat Anda menambahkan tepung beras sampai berubah menjadi seperti pasta.
  • Langkah 4. Ratakan pasta ke wajah Anda dengan ujung jari Anda. Biarkan selama 10 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan

  • 1/2 gelas beras
  •  2 mangkuk
  • Sendok
  • Saringan
  • Gunting
  • Handuk kertas
  • Kentang kecil
  • Pisau
  • Parutan keju
  • Tepung beras

Manfaat masker beras untuk berbagai jenis kulit

Kombinasi antara masker beras dan kayu manis dapat memberikan manfaat bagi kulit kering. Beras merupakan toner kulit alami yang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan memberikan Anda kulit yang bercahaya. 

Sedangkan kayu manis kaya akan polifenol, antioksidan yang melawan radikal bebas. Gliserin dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering. Gabungkan ketiga bahan tersebut dapat  mengatasi masalah kulit kering.

Kulit berminyak membutuhkan masker wajah yang mengandung bahan-bahan yang dapat membersihkan pori-pori tanpa membuat kulit kering. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Masker beras, susu, dan madu umumnya dapat membantu menyingkirkan masalah kulit berminyak. Susu mengandung asam laktat yang dapat menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan khasiatnya yang bergizi dapat melembabkan kulit. 

Sedangkan madu merupakan antiseptik dan mengandung sifat anti-bakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut dipercaya dapat mengatasi masalah kulit berminyak.

Masker beras juga dapat digunakan untuk mencegah masalah penuaan dini pada kulit dengan menggunakan kombinasi beras dan putih telur. 

Putih telur memiliki sifat astringent yang dapat mengencangkan kulit, sedangkan beras kaya akan vitamin B yang dapat membantu regenerasi sel dan memperlambat penuaan kulit. 

Gliserin dapat mencegah penuaan dengan bertindak sebagai penghalang untuk permukaan kulit. Semua kombinasi bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk mencegah masalah penuaan dini.

Sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak merawat dan menjaga kesehatan kulit Anda. Manjakanlah kulit wajah Anda dengan merawatnya dengan baik. 

Untuk hasil yang memuaskan, gunakanlah masker beras setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Pilihlah kombinasi bahan-bahan alami yang telah dijelaskan sebelumnya sesuai dengan jenis kulit Anda. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Retinol dalam Produk Kecantikan
Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Retinol dalam Produk Kecantikan

Beberapa produk mungkin mencantumkan AHA, BHA, PHA, atau retinol. Sudah banyak review positif mengenai bahan-bahan tersebut, mulai dari mengangkat komedo hingga mampu memperbaiki tekstur kulit. Nah, sebenarnya apa sih perbedaan antara AHA, BHA, PHA, dan retinol? Yuk ketahui perbedaannya pada informasi di bawah ini.