Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Anak Usia Sekolah

Cara Bicara Tentang Menstruasi Pada Anak

Update terakhir: FEB 16, 2020 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.880.170 orang

Cara Bicara Tentang Menstruasi Pada Anak

Memiliki anak perempuan yang sedang beranjak memasuki masa pubernya bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Orang tua harus bersiap untuk menstruasi pertama anak gadisnya, sebuah simbol memasuki masa dewasa pada anak perempuan yang berhubungan dengan adanya perkembangan dan pertumbuhan pada tubuh anak perempuan.

Jika Anda tidak memulai pendidikan seks sejak dini, coba cara ini untuk bicara tentang menstruasi pada anak: 

1. Buka pembicaraan dengan istilah umum menstruasi

Mulailah membuka pembicaraan mengenai haid atau menstruasi menggunakan istilah-istilah yang umum dan ajarkan anak mengenai fungsi alami tubuh wanita. Anda dapat menjelaskan dengan memakai diri Anda sendiri sebagai contohnya, dan menjelaskan pertumbuhan tubuh yang Anda alami sendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

2. Penjelasaan lebih spesifik pada usia tertentu

Seiring dengan bertambahnya usia putri Anda, Anda dapat menjelaskan secara lebih spesifik. Jelaskan apa arti dari menstruasi dan bagaimana kira-kira pengalaman pertamanya merasakan menstruasi. Jelaskan juga setelah dirinya mengalami haid bahwa dirinya bisa hamil jika berhubungan seks.

3. Jawab pertanyaan sesederhana mungkin sesuai usia putri Anda

Jika ada pertanyaan, cobalah menjawab dengan sederhana menggunakan informasi berdasarkan fakta sesuai dengan kesesuaian usia putri Anda. Jangan gugup dan menjelaskan hal yang belum tentu dimengerti oleh anak Anda pada usianya. Jangan merasa perlu menjelaskan sesuatu jika anak belum mencapai usia memahaminya.

4. Tanya maksud dan sumber dari pertanyaan putri Anda

Tanyakan terlebih dahulu apa maksud pertanyaan anak Anda, karena belum tentu anak Anda memahami dirinya sedang menanyakan hal apa. Cari tahu apa yang sudah anak Anda dengar sebelum Anda menjawab untuk membantu membetulkan apa saja yang masih salah. 

5. Gunakan pengalaman pribadi sebagai bahan obrolan

Gunakan pengalaman Anda sendiri untuk berdiskusi dengan anak perempuan yang sudah cukup umur dan akan segera mengalami haidnya sendiri. Tunjukkan kesediaan Anda untuk menampung apapun pertanyaan dari putri Anda untuk berjaga-jaga jika anak Anda ingin bertanya namun merasa segan. 

6. Jawablah dengan kejujuran

Jika Anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan putri Anda, jangan memaksakan diri untuk menjawabnya. Cukup akui bahwa Anda tidak tahu dan katakana bahwa Anda akan mencari tahu jawabannya untuk diketahui putri Anda. Setelah itu, bersungguh-sungguhlah mencari jawaban yang Anda tidak ketahui tersebut dan jelaskan pada anak tanpa menunggu ditanya kembali. 

7. Selalu dampingi dan ajak diskusi setelah anak mempelajarinya

Jangan memberikan buku, majalah atau video untuk dikonsumsi anak Anda dan berharap anak akan mengerti tanpa penjelasan dari Anda. Anda memang boleh menggunakan peralatan ini sebagai pembuka diskusi, namun jangan membiarkan anak mencerna semuanya sendiri. Dampingi anak dan ajak anak berdiskusi setelahnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit