Cabut Gigi Ketika Sedang Haid Tidak Disarankah Oleh Dokter

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cabut Gigi Ketika Sedang Haid Tidak Disarankah Oleh Dokter

Bagi Anda, khususnya para kaum hawa penting untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan dan siklus haid atau menstruasi Anda. Salah satunya adalah mengenai tindakan cabut gigi ketika sedang dalam siklus haid atau menstruasi.

Apabila sebentar lagi Anda akan kedatangan tamu si merah bulanan atau haid, namun ternyata Anda sudah membuat janji dengan dokter gigi untuk melakukan tindakan pencabutab gigi pada akhir minggu ini, lalu bagaimana ? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Nah, sebaiknya Anda telepon kembali dokter gigi Anda guna meminta penjadwalan ulang tindakan cabut gigi yang akan Anda lakukan. Karena, ternyata menurut penjelasan medis adalah tidak disarankan bagi Anda untuk mencabut gigi, atau melakukan tindakan operasi gigi lainnya, khususnya ketika Anda sedang dalam siklus haid atau menstruasi. 

Mengapa demikian ? Mari simak penjelasan lengkapnya mengapa Anda tidak diperkenankan cabut gigi ketika haid berikut inin

Tahukah Anda, bahwa mencabut gigi ketika sedabg haid bisa memperlambat proses pemulihannya

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak pernah menyangka sebelumnya jika ternyata mencabut gigi ketika Anda sedang haid bisa berkaitan secara langsung dengan kemampuan tubuh Anda untuk proses pemulihan yang lebih cepat. 

Berdasarkan informasi dari American Dental Association, kondisi kesehatan gigi dapat terpengaruh oleh berbagai macam perubahan yang terjadi di tubuh Anda, termasuk perubahan hormon, haid atau menstruasi, masa kehamilan, menopause serta pemakaian alat kontrasepsi.

Dan Peterson yang merupakan seorang dokter di Gentle Dental Care menyatakan bahwa kaum wanita yang mengalami masalah gusi membengkak sebelum dan selama ia dalam siklus haid, terjadi akibat perubahan hormon progesteron yang mengalami peningkatan ketika mendekati waktu siklus haid. 

Gusi bengkak akan membuat dokter gigi kesulitan untuk melakukan pengukuran terhadap kedalaman kantong gigi Anda. Kedalaman kantong gigi yang lebih besar dari 3 milimeter bisa menjadi pertanda adanya penyakit gusi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Selain itu, gusi  yang bengkak juga akan menjadi lebih sensitif. Hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa yang menyakitkan ketika proses pembersihan gigi sebelum dan setelah gigi Anda dicabut.

Bahkan dalam beberapa kejadian yang dilaporkan, proses pencabutan gigi ketika wanita sedang dalam siklus haid bisa mengakibatkan terjadinya perdarahan yang serius, dimana ini akan memperlambat proses pemulihan Anda setelah tindakan cabut gigi tersebut. Hal ini terjadi terutama pada orang yang menderita jenis oenyakit Von Wildebrand. 

Ketika mereka mencabut gigi dan sedang haid, akan memperburuk gejala penyakitya. Von willebrand merupakan slaah satu gangguan genetik yang memiliki gejala terjadi perdarahan haid yang berat, perdarahan yang berlebihan setelah melakukan tindakan operasi gigi serta perdarahan ketika sedang sikat gigi.

Maka dari itu, sebelum melakukan tindakan operasi gigi, sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi Anda. Konsultasi ini bertujuan memastikan proses pemulihan agar berjalan  dengan efektif dan jugavnyaman seusai Anda operasi. 

Apabila Anda mengalami haid atau gusi berdarah berlebihan, cepatlah konsultasikan ke dokter.

Inilah waktu terbaik untuk mencabut gigi bagi perempuan

Pergi ke dokter gigi bisa dilakukan kapan saja, tergantung apa yang akan Anda lakukan ketika ke dokter gigi. Akan tetapi, jika Anda mengunjungi dojter gigi untuk melakukan oembersihan gigi secara rutin, disarankan bagi Anda untuk melakukannya seminggu setelah siklus haid Anda selesai. 

Iklan dari HonestDocs
Pencabutan Gigi Di Tooth's Kingdom Dental Care

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang

Istock 181864178 %281%29

Anda juga sebaiknya mengatur jadwal sekitar 2 hingga 3 hari setelah selesai haid apabila dokter menyarankan tindakan cabut gigi/operasi gigi lainnya. Pastikanlah bahwa oendarahan haid Anda telah berhenti total, karena ketika waktu tersebutlah tingkat hormon sudah lebih rendah/stabil serta gusi tidak sensitif.

Namun, Anda juga perlu mengingat bahwa setelah siklus haid Anda selesai, nantinya akan terjadi perubahan hormon kembali yang tujuannya untuk mempersiapkan tubuh Anda menghadapi ovulasi di bulan berikutnya (umumnya di hari ke 11-21 siklus haid normal per 28 hari). 

Waktu ini berpatokan pada hari pertama yang merupakan hari pertama haid Anda. Perubahan hormon dalam masa persiapan ovulasi ini juga bisa mengakibatkan terjadinya peradangan gusi dan akan menyebabkan tindakan operasi gigi tidak nyaman.

Maka dari itu, jika ingin menjadwalkan janji dengan dokter gigi untuk tindakan cabut gigi/operasi gigi lainnya, sebaiknya lakukan segera setelah haid Anda usai.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Menstruation: Periods, the menstrual cycle, PMS, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/154699)
Period during pregnancy: Is it possible?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322598)
Heavy periods: Overview. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279294/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app