Buktikan Sendiri Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Apr 2, 2020 Waktu baca: 3 menit
Buktikan Sendiri Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Meskipun tidak memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan, kulit yang timbul dapat menggangu dan menurunkan rasa percaya diri seseroang. 

Kutil merupakan gangguan yang terjadi pada kulit namun tidak membahayakan. Saat ini, banyak orang beramai-ramai mencari cara alami untuk menghilangkan kutil. Pasalnya kutil membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa hilang dengan sendirinya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gangguan kulit ini dapat terjadi pada siapa saja, dari berbagai kalangan usia. Kulit paling sering timbul di tangan dan kaki, meskipun tidak tertutup kemungkinan akan terjadinya kutil kelamin

Banyak orang yang sekarang ini mengaplikasikan berbagai cara agar dapat menghilangkan kutil secara alami, padahal cara yang mereka lakukan belum terbukti manfaat dan efektivitasnya secara medis. 

Cara-cara tersebut justru bisa saja dapat menimbulkan efek samping yang negatif, seperti meninggalkan bekas luka dan mengalami iritasi. 

Cara menghilangkan Kutil secara alami 

Terdapat beragam cara alami yang sering dilakukan banyak orang untuk menghilangkan kutil. Beberapa di antaranya adalah: 

Menempelkan perekat 

Terdengar aneh mungkin, namun banyak orang yang melakukan hal ini agar kutil menghilang secara alami. Tindakan ini dilakukan dengan cara menempelkan perekat pada kutil dan dibiarkan selama 6 hari. 

Kemudian, perekat tersebut akan dilepaskan dan kutil akan direndam di air sambil secara lembut membuang jaringan mati dengan penggunaan batu apung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Setelahnya, biarkan selama 12 jam dan cara ini akan diulang kembali hingga kutil yang ada di permukaan kulit menghilang. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh diklain sebagai cara alami yang bisa dilakukan guna mencegah tumbuhnya kutil di permukaan kulit. 

Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti biji bunga matahari, pepaya, kerang, kiwi, jahe, kacang almond, yogurt, atau bawang putih. 

Mengoleskan vitamin C 

Cara yang satu ini biasanya dilakukan dengan menghancurkan tablet vitamin C terlebih dahulu, kemudian tablet yang sudah berubah menjadi bubuk akan dicampurkan dengan sedikit air hingga campuran membentuk pasta. 

Oleskan pasta tersebut pada kutil, kemudian tutup kutil menggunakan plester. Pada malam hari, lepaskan plester agar kutil terkena udara. Lakukan cara ini selama beberapa hari hingga kutil menghilang. 

Menggunakan minyak kastor dan baking powder 

Campurkan minyak kastor dengan baking powder yang ada, kemudian oleskan campuran kedua bahan ini pada kutil menggunakan kapas atau cotton bud. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tutup bagian yang telah diolesi campuran bahan denagn plester selama semalam, kemudian ganti dengan plester yang baru pada pagi harinya. 

Campuran dua bahan ini dapat menyebabkan kutil iritasi sehingga kutil akan terkelupas. Cara ini dinilai lebih ampuh dibanding cara yang lain untuk mengatasi kutil yang berbentuk datar yang tumbuh di wajah dan punggung tangan. 

Mengoleskan cuka apel 

Banyak yang meyakini bahwa cuka apel memiliki banyak manfaat karena mengandung zat asam, terutama untuk membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab kutil

Anda dapat melakukan cara ini dengan mencelupkan cotton bud ke wadah yang sudah terisi cuka apel. Kemudian, tempelkan cotton bud tersebut di daerah kulit yang ditumbuhi kutil selama semalam dan lepaskan pada esok harinya. Terus lakukan cara ini setiap malam agar kutil dapat menghilang dengan sendirinya. 

Beberapa cara di atas untuk menghilangkan kutil secara alami masih belum dapat dipastikan efektivitasnya dan belum teruji secara medis. 

Hampir semua cara di atas tidak mampu membasmi virus yang menyebabkan tumbuhnya kutil pada bagian tubuh tertentu. 

Meskipun cara di atas sudah dilakukan, kutil masih memiliki kesempatan untuk menyebar ke anggota tubuh yang lain atau justru kembali aktif di tempat yang sama. 

Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan beberapa hal yang dapat membuat Anda terhindar dari penyebaran kutil, seperti dengan tidak berenang umum, selalu menggunakan sandal saat berada di tempat umum yang berair, cuci tangan secara teratur, dan hindari menyentuh kutil karena rentan menyebar ke bagian tubuh yang lain. 

Selain itu, kutil juga dapat menyebar lewat aktivitas seksual maupun luka. 

Akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menangani kutil yang ada. Pasalnya, beberapa cara di atas belum teruji secara medis sehingga tidak tertutup kemungkinan bahwa akan ada efek samping yang dtimbulkan. 

Di dokter, Anda mungkin akan direkomendasikan tindakan khusus untuk menghilangkan kutil. 

38 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app