Berkebun Memberikan 8 Manfaat Bagi Kesehatan Fisik

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Berkebun Memberikan 8 Manfaat Bagi Kesehatan Fisik

Berkebun tidak hanya memberikan kesenangan bagi Anda yang memiliki hobi bercocok tanam. Dengan berkebun, Anda bisa menjaga sekaligus melestarikan lingkungan agar semakin terlihat hijau dan mengurangi pemanasan global. 

Bercocok tanam atau berkebun dapat dilakukan dimanapun tanpa harus memiliki lahan yang luas. Karena dengan lahan yang sempit pun Anda masih tetap bisa bercocok tanam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ternyata berkebun tidak hanya memberikan kesenangan bagi Anda yang memiliki hobi menanam berbagai jenis tanaman saja. Akan tetapi berkebun juga menyimpan 8 manfaat yang baik untuk kesehatan fisik manusia. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, simak ulasan berikut ini:

Berkebun dapat meningkatkan kreativitas diri seseorang

Kreativitas dapat muncul pada diri seseorang yang lebih senang berkebun. Hal ini dikarenakan berkebun mampu membawa rasa semangat pada saat Anda melihat tanaman hijau. Bagi siapa pun yang melihat tanaman hijau, akan merasakan kesegaran dan membuat pikiran menjadi lebih produktif.

Berkebun dapat meningkatkan kekuatan tangan

Kekuatan tangan dapat Anda rasakan pada saat Anda sering berkebun, hal ini dikarenakan aktivitas berkebun membutuhkan fleksibilitas, kekuatan tangan dan juga koordinasi. Apabila Anda terbiasa dengan kekuatan tangan berkebun, maka hal ini akan memberikan dukungan terhadap aktivitas dalam kehidupan.

Berkebun dapat menjadikan pikiran lebih rileks

Pikiran dapat berubah lebih rileks ketika Anda bisa melihat tanaman hijau yang telah Anda tanam, bisa menyentuh dan menghirup udara yang segar. Sedangkan untuk bertanam mampu memberikan pengalaman yang baru, sehingga menjadikan pikiran lebih santai dan semakin merileksasikan pikiran.

Berkebun dapat menurunkan berat badan

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa berkebun dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat berkebun, tubuh akan banyak bergerak, sehingga hal ini bisa membakar kalori yang ada di tubuh. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk memulai aktivitas berkebun di sela-sela waktu selang Anda.

Berkebun dapat menstimulasi otak

Berkebun akan membantu pikiran menjadi lebih damai, karena aktivitas berkebun akan menstimulasi bagian otak dan meningkatkan zat kimia yang baik untuk otak. Sehingga berkebun memberikan dampak yang positif bagi kesehatan fisik.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Berkebun dapat menurunkan risiko serangan penyakit jantung

Berkebun memang bukan aktivitas kardio, aka tetapi berkebun bisa menurunkan risiko serangan penyakit jantung. Bagi Anda yang sudah berusia lanjut dan tidak memiliki aktivitas, cobalah untuk berkebun. Selain mencegah penyakit jantung, berkebun juga dapat mencegah stroke.

Berkebun baik untuk daya tahan tubuh

Bakteri yang ada pada tangan akibat tanah dan tanaman, ternyata hal ini justru akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat akan menjauhkan Anda dari serangan berbagai jenis penyakit.

Berkebun meningkatkan kesehatan otak

Selain berguna untuk kesehatan fisik, ternyata berkebun juga baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Sedangkan berkebun bisa melindungi kesehatan tubuh secara kognitif, menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan bisa meningkatkan volume pada otak.

Ketika berkebun, Anda akan melakukan aktivitas seperti menggali tanah, memangkas tanaman, memotong rumput, menanam bunga atau tanaman, merapikan pot, menyiram bunga, memberikan pupuk dan aktivitas yang lainnya. 

Melalui aktivitas yang dilakukan itulah yang menjadikan kesehatan fisik akan mendapatkan ke 8 manfaat seperti yang ada di atas. Tanpa Anda sadari itulah kesehatan tubuh akan terjaga dan meningkat lebih cepat.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wang, Donna & MacMillan, Thalia. (2013). The Benefits of Gardening for Older Adults: A Systematic Review of the Literature. Activities, Adaptation & Aging. 37. 153-181. 10.1080/01924788.2013.784942.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/271821459_The_Benefits_of_Gardening_for_Older_Adults_A_Systematic_Review_of_the_Literature)
Riddle, Jonathan. (2009). Gardening is for Everyone.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/325986854_Gardening_is_for_Everyone)
Raymond, Christopher & Diduck, Alan & Buijs, Arjen & Boerchers, Morrissa & Moquin, Robert. (2018). Exploring the co-benefits (and costs) of home gardening for biodiversity conservation. Local Environment. 1-16. 10.1080/13549839.2018.1561657.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/330025279_Exploring_the_co-benefits_and_costs_of_home_gardening_for_biodiversity_conservation)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app