Berbagai Cara untuk Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Dipublish tanggal: Sep 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Proses melahirkan adalah proses yang sangat menyakitkan. Bahkan, proses ini bisa mengancam nyawa ibu dan janin yang akan dilahirkan. Namun, sebenarnya terdapat cara melahirkan secara normal tanpa harus merasakan sakit. 

Agar bisa menjalani proses melahirkan secara lancar tanpa rasa sakit, ada beberapa pilihan cara, metode, dan prosedur yang dipilih berikut obat yang dapat dikonsumsi untuk meredakan rasa tidak nyaman sewaktu proses melahirkan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Rasa nyeri di bagian perut adalah tanda memasuki proses persalinan. Terdapat bermacam cara dan obat untuk membantu ibu dalam menjalani proses persalinan secara normal tanpa mengalami rasa sakit. Cara-car tersebut dapat dikonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengahadapi dan menjalani proses persalinan dengan lancar dan menghadapi rasa sakit dan nyeri ketika persalinan. 

Berbagai Pilihan Obat dan Metode

Menggunakan obat untuk melancarkan prosen persalinan dapat dilakukan sejauh rekomendasi dan pengawasan dokter kandungan. Berikut adalah jenis obat yang dapat dikonsumsi sekaligus metode persalinan yang dapat dilakukan:

Bius lokal

Bius lokal diberikan pada ibu yang akan melakukan proses persalinan. Tujuan dokter memberikan bius ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit di vagina ataupun area sekitar vagina. 

Pembiusan ini dilakukan untuk meredam rasa sakit jika diperlukan luka sayatan di daerah sekitar vagina, atau dalam dunia kedokteran disebut episiotomi. Namun, bukan berarti pembiusan ini akan menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan karena kontraksi otot rahim selama proses persalinan. 

Bius epidural

Pembiusan epidural juga dapat dilakukan selama proses persalinan berlangsung. Pemberian obat bius ini dilakukan dengan memberikan suntikan di daerah punggung, lewat selang khusus yang dinamakan kateter epidural. Selang tersebut dimasukkan ke dalam rongga di syaraf tulang belakang . Obat bius ini akan bekerja pada 10 sampai 20 menit setelah obat diberikan. 

Bius gabungan spinal-epidural (combined spinal_epidural / CSE)

Prosedur yang dilakukan akan sama dengan proses pembiusan epidural. Akan tetapi, pembiusan CSE bisa bekerja jauh lebih cepat daripada pembiusan epidural, dan efek obat bius yang diberikan tahan lebih lama. Dosis yang yang diberikan pun lebih sedikit daripada pembiusan epidural.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Obat bius yang digunaka diberikan menggunakan suntikan ke rongga lapisan tulang belakang pasien. Obat bius CSE ini dapat bekerja langsung, segera setelah obat bius ini disuntikkan. Efek dari obat bus ini pun akan berlangsung lebih lama daripada pembiusan epidural. 

Gas entonoks

Gas entonoks adalah pencampuran gas nitrat oksida dan oksigen yang bisa membantu pasien dalam mengurangi rasa sakit dan nyeri selama prosen persalinan. Gas entronoks ini bisa dihirup dengan menggunakan masker gas yang bisa dipegang sendiri oleh pasien. Akan tetapi, metode jenis ini belum populer dilakukan di Indonesia.

Suntikan petidin

Suntikan ini diberikan ke pasien di otot pantat atau paha. Suntikan ini akan membantu pasien mengurangi rasa nyeri dan membuat tenang psikis pasien. 

Persalinan dalam air

Sudah terdapat beberapa rumah sakit yang memberikan pilihan untuk menjalani proses persalinan dalam air, atau lebih akrab disebut water-birth. Metode ini dilakukan karena sebagian orang percaya bahwa persalinan dengan metode ini mempengaruhi sara nyeri jadi berkurang akibat kontraksi rahim sehingga membuat pasien yang menajalani proses persalinan lebih nyaman. 

Hypnobirthing

Metode ini adalah teknik yang dapat membuat pasien persalinan lebih tenang dan nyaman sewaktu proses persalinan berlangsung. Dengan teknik hipnotis, pasien akan bisa mengatur respon stres dan rasa nyeri. Akibatnya, otot rahim bisa bekerja lebih efektif dan efisien. 

Teknik ini juga akan membantu tubuh untuk mendapatkan oksigen lebih banyak lagi selama proses melahirkan berlangsung. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa pasien yang menggunakan metode ini akan mendapatkan efek yang lebih ringan dalam kecemasan dan rasa sakit. Hal ini berakibat pada pembukaan serviks yang lebih cepat dan bisa mendapatkan masa pemulihan yang lebih singkat. 

Dengan mempelajari metode proses bersalin bisa membuat anda lebih siap dalam menjalaninya. Sebagai akibatnya, anda mempunyai peluang lebih tinggi untuk menjalani proses bersalin dengan norml dan nyaman. Ketika menunggu proses bersalin mulai, anda dapat melakukan aktivitas ringan, seperti berjalan-jalan, di ruang persalinan.

Mengatur pola napas yang baik juga sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan mengambil napas dalam, konsentrasi dan menenangkan pikiran, lalu hebuskan pelan-pelan. 

Apabila memungkinkan, anda bisa mengajak orang terdekat anda untuk menemani sewaktu proses bersalin berlangsung. Tujuannya adalah untuk mendapatkan dukungan psikis, dan memberikan tidakan yang diperlukan untuk mngurangi rasa nyeri. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dealing with Pain During Childbirth. American Academy of Family Physicians. (https://familydoctor.org/dealing-pain-childbirth/)
Dealing With Pain During Childbirth (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/childbirth-pain.html)
Labor Pain Explained: Stages, Symptoms and Pain Relief. Parents. (https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/labor-and-delivery/understanding-labor-pain/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app