Benjolan Pada Anus - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 624.155 orang

Pernah anda mendengar penyakit wasir? Wasir atau hemoroid merupakan munculnya benjolan pada lubang anus yang dapat menonjol hingga keluar.

Tumbuhnya wasir disinyalir akibat dari mengedan yang terlalu keras dan sering saat buang air besar sehingga menimbulkan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah sekitar anus.

Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri terutama saat duduk dan buang air besar. Lalu apakah kondisi ini berbahaya bagi kesehatan? Kondisi apakah yang dapat terjadi bila wasir tidak segera ditangani?

Apa yang menyebabkan timbulnya Benjolan Pada Lubang Anus?

Penyakit wasir kebanyakan muncul pada usia 50 tahun keatas. Kondisi ini dapat muncul pada pria dan wanita yang disebabkan oleh mengedan terlalu lama saat BAB, duduk terlalu lama, kehamilan, terlalu sering makan makanan pedas, berminyak , dan kurang makanan berserat.

Secara patologis wasir disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah yang diikuti tekanan kontraksi berlebih otot-otot rektum bawah. Munculnya wasir pada kehamilan timbul karena tekanan pada perkembangan janin di rahim ibu dan prolaps uteri merupakan penurunan rahim dari tempat asalnya akibat melahirkan atau otot penyangga rahim terlalu lemah.

Apa saja jenis Benjolan Pada Anus?

Secara garis besar wasir dibagi menjadi 2 yaitu hemoroid internal dan hemoroid eksternal.

  • Hemoroid Interna
  • Hemoroid internal berada di dalam lubang anus akibat pembengkakan pda vena rektus inferior dan media rektus. Gejala yang dapat timbul antara lain BAB berdarah dan nyeri.

    Penonjolan dapat mulai dari dalam lubang anus dan bila pembengkakan makin besar, wasir dapat menonjol hingga keluar dari anus sehingga sulit dimasukkan kembali.
  • Hemoroid Eksterna
    Hemoroid Eksterna terletak di luar anus yang menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Kondisi ini terjadi akibat pembengkakan pada vena rektus inferior yang meradang. Wasir yang pecah dapat beresiko pendarahan.

Seberapa amankah Benjolan Pada Anus?

Benjolan pada anus atau wasir yang terjadi pada sebagian orang memiliki tingkat gejala yang berbeda-beda. Pada beberapa orang dengan wasir pada dalam lubang anus. Keluhan awal yang dirasakan hanya berupa rasa nyeri pada lubang anus terutama saat buang air besar.

Bila keluhan ini dihiraukan, kondisi selanjutnya yang dapat timbulnya yaitu pembesaran benjolan yang semakin lama semakin menonjol keluar dan mudah teraba oleh jari tangan.

Bahaya akan timbul apabila benjolan yang semakin keluar dari lubang anus menyebabkan rasa nyeri yang semakin kronis terutama saat duduk dan berjalan. Benjolan yang membesar dan dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan matinya jaringan karena sumbatan pembuluh darah akibat peradangan yang besar.

Komplikasi tentu sangat berbahaya karena dapat menimbulkan luka, trombosis, dan anemia akibat pendarahan yang berlebih pada saat buang air besar atau dari sumber luka pada wasir yang telah pecah. Luka yang dibiarkan akan menimbulkan nanah akibat terpapar infeksi bakteri dan kuman.  

Apa yang perlu dilakukan untuk mencegah keparahan

Penyakit wasir tentu dapat ditangani. Wasir yang belum membesar dapat ditangani dengan pemberian obat anti inflamatori non-steroidal yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan menurunkan pembengkakan.

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan menghindari makanan pedas. Minum yang banyak untuk melancarkan keluarnya buang air besar. Benjolan juga dapat diberikan obat steroid oles untuk menurunkan pembengkakan.

Pada kondisi wasir stadium 4 dengan keluarnya benjolan pada lubang anus yang tidak dapat dimasukkanmaka diperlukan tindakan dengan metode rubber band ligation yaitu dengan menjepit benjolan dengan karet khusus selama beberapa minggu hingga jaringan wasir dapat mati dan lepas dengan sendirinya.

Wasir yang telah disertai luka bernanah, pendarahan kronik, membentuk jaringan gangren, dan jaringan mati pada daerah anus ini memerlukan tindakan pembedahan dengan stapled hemoroidektomi.

Kondisi anus dapat kembali seperti semula dan gejala akan menghilang apabila wasir dapat ditangani dengan cepat atau dengan operasi apabila telah terjadi komplikasi.

Biasakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan konsumsi makanan dengan serat tinggi seperti tambahan sayur dan buah pada pola makanan sehari-hari terutama pada usia lanjut.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit