Benarkah Rajin Lari Bikin Tubuh Tambah Tinggi?

Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Benarkah Rajin Lari Bikin Tubuh Tambah Tinggi?

Berlari adalah olahraga intensitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Dengan rajin berlari, Anda dapat meningkatkan efisiensi jantung dan paru-paru, mempertahankan tekanan darah normal, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan fleksibilitas dan bahkan dapat mencegah berbagai jenis kanker

Walaupun masih menjadi kontroversial, berlari disebut-sebut dapat meningkatkan tinggi badan Anda bahkan ketika seseorang sudah berusia lebih dari 21 tahun. Berlari dapat membantu menambah tinggi badan beberapa sentimeter dengan memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan efek fisiologis lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari disimak, artikel yang satu ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Menunjukan Tinggi Badan Asli Seseorang

Salah satu manfaat dari berlari adalah memperbaiki postur tubuh seseorang. Dengan rutin berlari, Postur tubuh akan menjadi ideal yang ditunjukan dengan posisi kepala dan bahu yang rileks dan tegap, sehingga menunjukan seakan-akan seseorang bertambah tinggi. 

Selain itu dengan postur tubuh yang baik, dapat mengurangi posisi yang menekan otot-otot dan menyebabkan seseorang menjadi membungkuk dan dengan demikian Anda dapat bertambah tinggi hingga 5 cm. Berlari dapat memberikan peregangan yang cukup pada tulang belakang Anda dan karenanya Anda terlihat lebih tinggi dengan tinggi badan asli Anda. 

Membuat Bentuk Tubuh Menjadi Lebih Proporsional

Berlari dapat membentuk tubuh Anda sehingga Anda terlihat ramping. Tubuh ramping yang Anda peroleh dengan berlari dapat membuat Anda terlihat lebih tinggi. Walaupun dalam hal ini tidak menambahkan tinggi badan Anda secara aktual.

Memicu Produksi Hormon Pertumbuhan

Menurut laporan dari The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa latihan intensitas tinggi dapat memicu sintesis hormon pertumbuhan. Jumlah hormon pertumbuhan yang tinggi menjadi lebih efektif ketika dikombinasikan dengan efek latihan. 

Efektivitas berlari di ketinggian dapat dibuktikan dengan ketinggian pelari maraton. Hormon pertumbuhan yang dilepaskan selama berlari dengan kecepatan tinggi akan mempengaruhi tubuh lebih dari 24 jam setelah latihan.

Memperbaiki Mikrofraktur

Berlari untuk jarak pendek pada kecepatan maksimum menyebabkan retakan / mikrofraktur di daerah tulang kering atau pergelangan kaki tulang tibia yang lebih rendah, yang dapat membantu meningkatkan ketinggian ketika tulang diperbaiki. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Laju penyembuhan struktur mikro lebih tinggi daripada remodeling tulang normal pada tubuh yang terjadi setiap tiga tahun sekali. Dengan demikian, berlari dapat meningkatkan panjang tulang dan dengan demikian menambah tinggi badan Anda. 

Mendapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Dengan rutin berolahraga seperti berlari, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. 

Tidur adalah faktor utama lain yang memainkan peran utama dalam pelepasan hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis ke dalam aliran darah karena hormon pertumbuhan diproduksi dan dilepaskan selama waktu tidur ketika tubuh Anda beristirahat. 

Hormon pertumbuhan ini membantu dalam penebalan dan pemanjangan tulang yang pada gilirannya membuat Anda lebih tinggi.

Faktor Lain yang Dapat Meningkatkan Tinggi Badan

Selain berlari, ada latihan lain yang dapat membantu meningkatkan tinggi badan seperti menggantung di bar, berenang, pelvic shift, cobra stretch, hopping with one leg, Pilates roll over dan lain lain. Pola makan yang tepat juga merupakan salah satu syarat utama untuk menambah tinggi badan. 

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti wortel, ikan, hati, susu, keju, apel, sayuran hijau, sayuran kuning, kentang, kacang-kacangan, kacang tanah, dll dalam diet Anda.

Anda harus menghindari faktor-faktor yang dapat mengurangi pertumbuhan seperti penggunaan obat-obatan terlarang, alkohol, kurang tidur, stres, merokok, dan gaya hidup yang tidak aktif. 

Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti di atas, Anda pasti dapat menambah tinggi badan lebih tinggi beberapa senti. Anda hanya perlu tetap fokus dan konsisten, karena efek berlari atau faktor lain tidak muncul dalam semalam.

Walaupun pada akhirnya, Anda tidak mendapat tinggi badan seperti yang Anda harapkan dengan berlari, sejatinya berlari memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh Anda. Berlari dapat membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, jantung dan lainnya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Longer-Looking Legs with Exercise and Stretches. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-get-longer-legs)
Best stretches for tight hamstrings: 7 methods. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323703.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
5 Cara Pakai Treadmill Agar Tubuh Lebih Bugar
5 Cara Pakai Treadmill Agar Tubuh Lebih Bugar

Namun, jika setelah berjam-jam Anda berlari di atas treadmill, Anda belum mendapatkan hasilnya, mungkin saja Anda tidak optimal dalam menggunakan treadmill. Kelihatannya lari di atas roda berjalan memang mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Buka di app