Tips Lari agar Tidak Mudah Lelah Bagi Pemula

Dipublish tanggal: Mei 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Lari agar Tidak Mudah Lelah Bagi Pemula

Olahraga, apapun jenisnya, memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan seperti melancarkan alran darah, mencegah resiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, hingga mencegah penuaan dini. Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah lari. 

Olahraga ini tidak membutuhkan banyak peralatan dan bisa dilakukan dimana saja sehingga cocok untuk pemula. Meksipun terkesan mudah, lari membutuhkan lebih dari sekedar tekad dan niat. Hal ini karena bila tanpa persiapan, lari bisa membuat tubuh menjadi pegal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Berikut ini beberapa tips lari untuk pemula atau yang belum terbiasa berolahraga.  

Pakai sepatu yang pas

Anda memang bisa berlari dengan sepatu apa saja atau bahkan dengan bertelanjang kaki. Namun bila Anda ingin serius dalam berolahraga, sebaiknya Anda menggunakan sepatu lari yang tepat. Sepatu khusus lari memang dirancang khusus untuk melindungi kaki dari cedera ketika berlari. 

Sehingga Anda juga tidak bisa memilih sembarang sepatu untuk berlari. Hal ini karena gerakan mengayuh kedalam dari telapak kaki ketika berlari atau pronasi setiap orang berbeda, ada yang lebih da nada juga yang kurang. 

Sepatu lari yang tepat sesuai dengan karakter kaki Anda bisa membantu mengurangi potensi cedera . 

Selain itu, memilih sepatu yang tidak tepat juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada kaki yang membuat Anda tidak semangat untuk berlari lagi.

Awali dengan berjalan

Anda bisa saja langsung berlari meskipun sudah lama tidak berolahraga, namun Anda harus siap dengan konsekuensinya. Ketika tubuh tidak terbiasa berolahraga, langsung berolahraga akan meningkatkan resiko cedera. Untuk mengawalinya, Anda bisa mulai dengan berjalan namun tidak seperti berjalan santai di mall. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cara berjalan Anda harus bertempo dari yang awalnya santai kemudian menjadi lebih cepat sehingga tubuh bisa menyesuaikan untuk aktivitas yang lebih intens. Selain itu ketika berlari, Anda bisa melakukan sesi berjalan setelag beberapa menit berlari.

Jangan terburu-buru

Langsung berlari pada sesi pertama olahraga bisa menyebabkan cedera serius dan berkepanjangan. Padahal lari bertujuan untuk membuat Anda sehat dan bukan sebaliknya. Jangan langsung terburu-buru ingin sampai lebih cepat, namun berlarilah dengan peningkatan durasi dan jarak tempuh secara bertahap. 

Mungkin Anda berpikir bila hari ini bisa berlari dua kali lebih lama daripada kemarin dan belum merasa lelah, namun pada akhirnya Anda akan tetap merasa lelah juga. Sehingga sangat penting untuk memulai lari dengan santai dan tidak terburu-buru.

Buat rencana yang tepat

Meskipun olahraga lari sangat simpel, namun bukan berarti Anda bisa berlari begitu saja tanpa tujuan. Banyak orang yang berlari tanpa tujuan dan menyebabkan hilang motivasi di tengah jalan. Padahal membuat jadwal berlari memberikan banyak manfaat, lho.

Anda bisa memantau kecepatan dan jarak tempuh lari sehingga Anda bisa meningkatkan intensitas lari secara bertahap. Dengan cara ini lama kelamaan kekuatan tubuh akan terbangun dan juga meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam berlatih. 

Selain jarak tempuh, Anda juga bisa merencanakan frekuensi dan waktu berlari serta asupan makanan sebelum dan setelah berlari.

Meskipun berlari adalah olahraga yang simpel, namun bukan berarti bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebagai pemula, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum berlari sehingga olahraga bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. 

Jangan merasa takut atau kurang percaya diri karena lama tidak berolahraga, namun buatlah perencanaan agar olahraga bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Proper Running Form: Tips and Techniques to Run Better. Healthline. (https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/proper-running-form)
Running Everyday: Benefits, Risks, Creating a Routine, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/running-everyday)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app