Begini Kondisi Jantung Saat Anda Memutuskan Berhenti Merokok

Jantung yang selama ini harus bergulat dengan racun yang berasal dari rokok, akhirnya bisa kembali sehat. Anda pun bisa melihat bagaimana berubahnya kondisi jantung Anda dari saat merokok, hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti.
Dipublish tanggal: Jun 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Begini Kondisi Jantung Saat Anda Memutuskan Berhenti Merokok

Memutuskan berhenti merokok merupakan keputusan paling tepat yang Anda ambil agar tetap bisa melindungi organ tubuh, terutama bagian jantung. Jantung yang selama ini harus bergulat dengan racun yang berasal dari rokok, akhirnya bisa kembali sehat. 

Anda pun bisa melihat bagaimana berubahnya kondisi jantung Anda dari saat merokok, hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Gigi di Brillo Dental Care (Buy 1 Get 1)

Pembersihan gigi rutin dilakukan untuk menghilangkan kotoran, plak, dan karang gigi agar lebih sehat dan kuat, menghilangkan noda, mengurangi bau mulut, dan mengurangi radang gusi. Paket ini tidak termasuk obat dan berlaku untuk 1x pemakaian.

Pembersihan gigi di brillo dental care %28pay 1 get 2%29

1. Kondisi jantung saat anda aktif merokok

Merokok diyakini lebih berisiko mengakibatkan Anda terkena serangan jantung, dibandingkan faktor lainnya seperti kegemukan, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi. Ditambah dengan pola hidup yang tak sehat, maka risiko ini semakin meningkat. 

Orang yang merokok berisiko 2 hingga 3 kali lebih besar meninggal karena serangan jantung, dibanding yang bukan perokok.

Saat Anda aktif merokok, maka senyawa kimia berbahaya dalam rokok akan mempengaruhi sistem saluran darah Anda. Senyawa berbahaya tersebut berubah menjadi plak, yang akan menempel pada dinding pembuluh darah

Jika misalnya plak ini menempel dan menyumbat pembuluh darah arteri, maka dipastikan tubuh tak dapat asupan darah yang cukup dari jantung.  

Penyakit yang awal mulanya hanya berupa penyumbatan saja, akan semakin parah seiring dengan bertambahnya plak akibat kebiasaan merokok. Jumlah plak yang main lama semakin banyak karena kebiasaan rutin merokok, memicu munculnya penyakit jantung arteri koroner

Alhasil, kecenderungan perokok mati mendadak akibat serangan jantung meningkat hingga 2 kali lipat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

2. Perubahan kondisi jantung setelah anda berhenti merokok

Semakin cepat Anda berhenti merokok, maka akan semakin cepat jantung akan pulih kembali. Jika Anda berhenti merokok pada usia di bawah 35 tahun, semua risiko akibat merokok hampir bisa dipastikan hilang semuanya. 

Namun, jika Anda berhenti merokok dalam rentang umur 35 hingga 50 tahun, risiko kematian Anda berkurang setengahnya, dalam jangka waktu 15 tahun ke depan.

Pada satu jam pertama Anda berhenti merokok, maka detak jantung Anda kembali normal. Tekanan darah juga menjadi normal dan sirkulasi dalam tubuh kembali membaik.

Setelah 12 jam Anda berhenti merokok, maka organ tubuh termasuk jantung secara otomatis akan membuang sisa karbon monoksida dari rokok. Kadar oksigen dalam tubuh pun mulai mengalami peningkatan.

1 hari pertama Anda berhenti merokok, maka risiko Anda terkena serangan jantung mulai berkurang. Dalam 3 hari, kadar nikotin dalam tubuh mulai habis. Pada saat ini, tubuh Anda biasanya akan menunjukkan gejala menginginkan nikotin kembali. 

Anda harus bisa menahan diri untuk tak lagi menggunakan nikotin, walau timbul mood swing serta sakit kepala.

Iklan dari HonestDocs
Paket Scalling dan Vitamin C Shot di Medizen Clinic

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah.

Paket scalling dan vitamin c shot di medizen clinic

Dalam 1 tahun pertama Anda berhenti merokok, maka risiko Anda mengidap penyakit jantung koroner berkurang setengahnya dari kemungkinan semula.

Risiko ini akan semakin berkurang, pada tahun-tahun selanjutnya. 5 tahun pertama tanpa rokok, pembuluh darah arteri Anda yang tadinya mengalami penyempitan akibat plak, kembali melebar ke bentuk semula.

Setelah 15 tahun Anda berhenti merokok, risiko Anda terkena serangan jantung sama dengan orang yang tidak pernah merokok. Anda benar-benar telah terbebas dari risiko-risiko buruk yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok. 

Keputusan berhenti merokok merupakan pilihan terbaik bagi kesehatan tubuh Anda, khususnya kesehatan organ jantung.

Terdapat perbedaan besar antara kondisi jantung saat Anda merokok, dengan kondisinya setelah Anda berhenti merokok. Berhenti merokok mungkin terasa susah, namun dengan iming-iming manfaat yang ditimbulkannya di masa depan, Anda akan semakin terpacu berhenti merokok. 

Semakin cepat Anda berhenti merokok, maka semakin cepat pula risiko buruknya menjauhi Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Smoking Affects Heart Health. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/tobacco-products/health-information/how-smoking-affects-heart-health)
How Smoking Affects Your Heart. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/smoking-and-your-heart-1746369)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app