Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Bawang Putih Yang Mengandung Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.208.329 orang

Bawang Putih Yang Mengandung Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Siapa yang dari kamu tidak mengenal dengan jenis bawang satu ini? Ya, bawang putih ialah bawang yang sangat familiar dan paling sering digunakan di setiap masakan di dunia baik untuk masakan Asia maupun masakan Barat. 

Bau bawang putih yang menyengat dan tajam memang kadang terasa mengganggu namun justru bau inilah yang menjadi ciri khas dari bawang putih dan akan terasa sebagai bau yang mengharumkan saat kamu mulai menggoreng bawang putih ini dengan minyak

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Soal rasa, tentunya dari kamu sudah tidak perlu meragukan lagi kenikmatan setiap aroma dan rasa masakan yang ditambah dengan irisan bawang putih ini. 

Namun selain dapat digunakan sebagai bahan dasar masakan, bawang putih yang juga termasuk dalam golongan tumbuhan umbi-umbian ini dapat juga kamu gunakan sebagai salah satu bahan ramuan herbal dan obat-obatan tradisional yang tentunya akan membawa manfaat bagi kesehatan tubuhmu. 

Berikut ini akan kita bahas mengenai sejuta manfaat dari bawang putih.

1. Mencegah Penyakit Kanker.

Kandungan sulfida alil yang terdapat dalam bawang putih terbukti secara ilmiah dapat digunakan sebagai obat-obatan herbal anti kanker. Para peneliti menemukan bahwa kandungan PhIP yang merupakan salah satu bentuk dari Amina Heterosiklik (HCA) yang dapat memicu kanker payudara dapat dihambat pertumbuhan dan perkembangnya oleh zat sulfida alil yang terdapat pada bawang putih. 

Selain itu bawang putih juga mengandung bahan organosulfina yang dapat membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang dapat mencegah kanker. Rutinlah mengkonsumsi bawang putih pada setiap masakanmu untuk membantu kamu tercegah dari penyakit kanker.

2. Mengurangi Gula Darah

Dalam bawang putih, terkandung kandungan kompleks dari zat Allicin yang diteliti dapat menurunkan kadar trigliserida dan kadar gula darah dalam tubuh manusia

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Zat Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang yang menyebabkan bawang putih memiliki bau yang khas dan menyengat namun berfungsi sebagai zat anti bakteri yang membuat bawang putih dapat digunakan untuk berbagai keperluan obat dan ramuan herbal. 

3. Menurunkan Darah Tinggi

Kandungan polisulfida pada bawang putih mentah terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melegakan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tak heran jika kamu makan bawang putih mentah selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.  

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi 10gram bawang putih mentah setiap harinya selama dia bulan terbukti berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menguak bahwa makan bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

5. Mencegah Penyakit Jantung

Didasarkan pada penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition, bawang putih mentah terbukti mampu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.  

Makan bawang putih mentah secara rutin juga manjur untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki berbagai jenis gangguan pada jantung dan sistem metabolisme.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

6. Mencegah Penyakit Otak seperti Dementia dan Alzheimer

Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikkan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif

Unsur kimia tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat sehingga berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan dementia dapat dicegah dengan rutin memakan bawang putih mentah. 

7. Mencegah Flu, Radang dan Infeksi

Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih mentah memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit seperti sakit flu, radang dan infeksi. 

Mengkonsumsi bawang putih di musim flu juga bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuhmu dan membuatmu tercegah dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Demikianlah 7 manfaat ajaib yang dapat kamu dapatkan bila rutin mengkonsumsi bawang putih. Yuk segera konsumsi bawang putih baik mentah ataupun dicampurkan pada masakanmu untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat lagi.

Referensi

Bayan, et al. NCBI (2014). Garlic: a review of potential therapeutic effects. Avicenna Journal of Phytomedicine, 4(1), pp.1-14.

Cleveland Clinic (2016). Health. Cholesterol: High Cholesterol Diseases.

Egan, et al. (2013). Blood Pressure and Cholesterol Control in Hypertensive Hypercholesterolemic Patients. Circulation, 128, pp. 29-41.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
khasiat naturalle garlic untuk tubuh