GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

7 Daftar Barang yang Wajib Dibawa ke Kantor Saat New Normal

Dipublish tanggal: Mei 28, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
7 Daftar Barang yang Wajib Dibawa ke Kantor Saat New Normal

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Saat kembali bekerja di kantor pada masa new normal nanti, Anda perlu beradaptasi dan mempersiapkan diri secara disiplin untuk mencegah risiko paparan virus Corona (Covid-19) terutama saat berada di lingkungan kerja
  • Sejumlah perlengkapan dan keperluan pribadi juga perlu disiapkan saat harus kembali bekerja di masa new normal nanti. Beberapa di antaranya adalah masker, hand sanitizer, vitamin hingga kartu pembayaran elektronik (cashless)
  • Hindari bertukar perlengkapan kantor dengan rekan kerja serta bawa perlengkapan pribadi Anda, termasuk alat makan dan perlengkapan sholat. Tetap terapkan protokol kesehatan selama di kantor dan menjaga jarak (physical distancing) dengan rekan kerja

Akibat mewabahnya virus Covid-19 di dunia maupun di Indonesia, berdasarkan saran dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), pemerintah dan pihak terkait sempat mengambil tindakan preventif dengan menerapkan seluruh kegiatan dan aktivitas belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah.

Tetapi setelah melalui beberapa pertimbangan khusus terkait perkembangan kondisi kesehatan dan ekonomi serta pemantauan kurva jumlah kasus positif yang mulai menurun, pemerintah beserta berbagai pihak sedang berupaya untuk menyiapkan skenario new normal pasca pandemi Covid-19.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: 7 Cara Beradaptasi dengan Gaya Hidup New Normal Akibat Covid-19

Selain itu, kita juga harus beradaptasi dan menyadari akan pentingnya penerapan protokol kesehatan secara disiplin baik di rumah maupun di tempat kerja. Karena dampak Covid-19 secara nyata telah mempengaruhi cara hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan sejumlah ahli kesehatan juga telah mengingatkan akan pentingnya kedisiplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan dan menerapkan kebiasaan sehat sebagai bagian yang menentukan pelaksanaan kehidupan new normal yang aman dan terkendali.

7 Daftar barang yang wajib dibawa ke kantor saat new normal

Tetapi tak hanya berpegang pada skenario new normal yang sedang dipersiapkan pemerintah saja, untuk menghindari dan mencegah risiko penularan Covid-19, maka kita juga perlu mempersiapkan diri dengan memperhatikan perlengkapan dan keperluan pribadi saat harus kembali bekerja di masa new normal nanti.

Berikut 7 daftar barang yang wajib dibawa ke kantor saat new normal nanti, yaitu:

1. Masker

Masker adalah salah satu daftar barang yang wajib dibawa dan dipakai selama di luar rumah terutama saat pandemi Covid-19. Kebiasaan ini diharapkan membantu menurunkan risiko penularan droplet yang mungkin keluar saat batuk, bersin, maupun berbicara.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penggunaan masker kain yang saat ini sudah banyak dijual dengan berbagai bentuk, warna, dan variasi menjadi salah satu solusi mencegah penularan virus Covid-19 baik dari kita maupun orang lain. Gunakan masker dengan benar untuk menutupi hidung dan mulut, bawa juga masker pengganti, serta selalu cuci masker setelah selesai digunakan. 

Baca juga: Anjuran Baru Penggunaan Masker Untuk Cegah Penularan Covid-19

2. Hand sanitizer

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih memang merupakan hal wajib yang perlu dilakukan untuk mencegah paparan virus Corona (Covid-19) terutama setelah memegang barang di tempat umum. 

Tetapi jika mendesak, Anda dapat menggunakan hand sanitizer untuk sementara waktu sebelum mencuci tangan kemudian. Oleh karena itu, membawa hand sanitizer yang merupakan cairan antiseptik pencuci tangan juga bisa menjadi solusi praktis ketika kembali bekerja di kantor saat new normal nanti. 

3. Tissue kering & tissue basah

Tissue kering maupun tissue basah juga menjadi salah satu barang yang wajib dibawa ke kantor saat new normal karena bisa digunakan ketika ingin menyentuh wajah. Selain itu, tissue juga bisa digunakan untuk menutup mulut dan hidung ketika bersin, tetapi segera buang tissue ke tempat sampah sehabis digunakan.

4. Bekal makan siang dan botol air minum

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Meski cukup sulit untuk mempersiapkannya setiap hari, tetapi membawa bekal makan siang dari rumah akan menghindari risiko penularan virus serta keinginan untuk jajan sembarangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tak hanya bekal makan siang dan botol air minum yang sebaiknya dibawa dari rumah, tetapi peralatan makan seperti sendok dan garpu, hingga alat sholat pun sebaiknya digunakan sendiri demi menjaga kebersihan dan kesehatan.

5. Suplemen vitamin

Tak cukup hanya makanan bergizi dan minum air putih yang cukup saja, tetapi demi menjaga sistem imun dalam melawan dan mencegah virus Covid-19, ada baiknya untuk mengonsumsi suplemen vitamin yang dapat menunjang daya tahan tubuh.

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang juga ikut berperan menjaga sistem imun tubuh adalah vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan zinc. Tingkatkan pula konsumsi buah dan sayur dalam konsumsi harian. Jika Anda merasa sakit, ada baiknya untuk bekerja dari rumah dan tidak pergi ke kantor.

Baca juga: Jaga Sistem Imun dengan Konsumsi Vitamin dan Mineral

6. Kartu pembayaran elektronik (cashless)

Jika harus membeli atau membayar sesuatu, seperti beli makanan, menggunakan jasa ojek online, atau layanan transportasi umum, usahakan untuk menggunakan kartu pembayaran elektronik (cashless) dan hindari penggunaan uang tunai.

Setelah melakukan transaksi, segera cuci tangan dengan sabun dan air bersih atau gunakan hand sanitizer terlebih dahulu serta hindari menyentuh area wajah terutama mata, mulut, dan hidung.

7. Peralatan kantor dan barang pribadi lainnya

Untuk sementara waktu, hindari penggunaan peralatan kantor atau barang lainnya secara bergantian dengan rekan kerja. Jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan, kurangi juga pemakaian aksesoris seperti jam tangan, gelang, dan kalung. Bersihkan juga barang-barang tersebut secara berkala untuk menghindari resiko adanya virus yang mungkin menempel di sana.

Baca juga: Menghadapi Fase 'New Normal' di Kantor

Demikian 7 daftar barang yang wajib dibawa ke kantor saat new normal nanti. Tak hanya itu, setiap perusahaan juga wajib menyediakan dan melengkapi seluruh komponen pendukung terkait pelaksanaan protokol kesehatan bagi para karyawan selama bekerja di kantor.

Hal tersebut juga telah diatur dalam keputusan Menteri Kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kerja. Karena kesehatan dan keselamatan kerja menjadi hal yang sangat penting terutama di saat pandemi Covid-19 ini.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vox. 8 ways to go out and stay safe during the coronavirus pandemic. (https://www.vox.com/21262268/coronavirus-tips-covid-social-distancing-harm-reduction). 22 Mei 2020
Harvard Health Publishing. 7 tips for going outside safely with your children during the COVID-19 pandemic. (https://www.health.harvard.edu/blog/7-tips-for-going-outside-safely-with-your-children-during-the-covid-19-pandemic-2020042719653)
Cnet. Can you avoid coronavirus when going out in public? These 16 practical tips could help. (https://www.cnet.com/health/can-you-avoid-coronavirus-when-going-out-in-public-these-16-practical-tips-could-help/). 27 Mei 2020

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app