COVID-19 Makin Ganas, Lindungi Diri dengan Masker Ganda

Dipublish tanggal: Jul 2, 2021 Update terakhir: Agu 6, 2021 Waktu baca: 2 menit
COVID-19 Makin Ganas, Lindungi Diri dengan Masker Ganda

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Peningkatan jumlah kasus COVID-19 yang masih belum reda memaksa kita untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk penggunaan masker dobel;
  • Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan standar kesehatan dan nyaman digunakan agar tidak mengganggu saluran pernapasan saat bernapas;
  • Saat memakai masker dobel, gunakan masker medis terlebih dahulu di bagian dalam dengan ujung tali yang disimpul, lalu lapisi dengan masker kain di bagian luar;
  • Masker N95 maupun KN95 tidak perlu dilapisi lagi dengan masker kain karena diklaim dapat memberikan perlindungan hingga 95 persen dari risiko paparan virus;
  • Efektivitas masker ganda (double mask) dalam menyaring partikel virus dan bakteri diklaim dapat memberikan perlindungan lebih dari 80 persen;
  • Ganti masker medis setelah 4 jam pemakaian atau jika sudah kotor. Langsung cuci masker kain dengan deterjen dan air hangat setelah digunakan;
  • Klik untuk mendapatkan masker atau perlengkapan new normal lainnya ke rumah kamu lewat HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD
  • Booking paket  cek COVID-19 berupa swab PCRswab antigen, dan rapid test lewat HDmall, dapatkan promo menarik dan konsultasi gratis dengan tim kami

Peningkatan jumlah kasus COVID-19 dalam skala masif yang belakangan terjadi di Indonesia memaksa kita untuk menerapkan protokol kesehatan yang benar secara ketat. Mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan dianggap sebagai cara terbaik untuk meminimalkan risiko terpapar virus corona. Jika benar-benar harus beraktivitas di luar rumah, penggunaan masker ganda sangat dianjurkan.

Penyebaran salah satu varian baru COVID-19, Delta, menjadi ancaman serius. Pasalnya, virus corona varian ini dapat menyebar dengan lebih cepat. Virus corona varian ini diperkirakan dapat menyebar hanya dalam 5-10 detik ketika kontak pasien COVID-19. Itulah sebabnya, penggunaan dua masker sekaligus sangat disarankan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

Baca juga: Lindungi Tubuh Anda dari Virus Corona Covid-19 dengan 6 Cara Ini

Mengapa perlu memakai masker dobel?

Jika selama ini pemakaian satu masker dianggap cukup untuk melindungi diri dari paparan virus corona, para ahli kesehatan dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Ameriksa Serikat menyarankan pemakaian masker dobel ketika beraktivitas di luar rumah. 

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah, masker medis yang hanya digunakan satu helai hanya memblokir 56,1 persen partikel dari percobaan batuk. Sementara, satu helai masker kain hanya bisa memblokir 51,4 persen. 

Jika keduanya dikombinasikan dengan masker kain di atas masker medis, bisa memblokir hingga 85,4 persen partikel udara. Masker medis yang digunakan dengan menyilangkan talinya pada telinga serta memasukkan lipatan masker ke bagian dalam dapat menghalau 77 persen partikel dari simulasi batuk yang dilakukan.

Bagaimana cara menggunakan masker ganda yang benar?

Kunci pertama penggunaan masker ganda adalah memilih masker yang benar. Dalam hal ini, kamu disarankan untuk menggunakan masker bedah dan masker kain sehingga kamu tetap dapat bernapas dengan baik.

Kamu juga harus menyesuaikan masker dengan ukuran wajah sehingga tidak ada celah atau rongga udara yang terbuka saat memakainya. Pastikan jika masker dapat menutupi bagian hidung dan mulut dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Perlengkapan New Normal via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 1

Jika ingin membuat masker terpasang lebih rapat, kamu bisa mengikuti cara berikut:

  • Ikat tali pengait masker bedah di sisi kiri dan kanan sehingga membentuk simpul
  • Lipat beberapa sisi sudut masker bedah yang masih terbuka ke arah dalam
  • Eratkan seluruh bagian masker bedah, termasuk bagian dagu dan kawat pada hidung
  • Pastikan bahwa sudah tidak ada celah antara masker bedah dan wajah
  • Gunakan masker bedah lebih dulu, lalu masker kain

Sama seperti anjuran penggunaan masker sebelumnya, masker bedah harus diganti 4 jam sekali meski dilapisi oleh masker kain. Jangan lupa juga bahwa masker kain harus langsung dicuci dengan air hangat dan deterjen setiap habis digunakan.

Baca juga: Tips Mencegah Paparan Virus Corona Saat Pergi dan Pulang Rumah

Jenis masker yang tepat untuk digunakan bersamaan

Tidak semua jenis masker dapat digunakan secara bersamaan. Penggunaan masker dobel yang disarankan adalah kombinasi antara masker medis atau bedah dengan tambahan masker kain pada bagian luar. Baik masker medis atau masker kain sebaiknya terdiri dari tiga lapisan pelindung berkualitas yang berfungsi sebagai filter dan penangkal partikel virus berukuran kecil agar tidak tembus dan masuk ke dalam hidung ataupun mulut.

Hindari penggunaan dua masker medis karena tidak dapat memberikan perlindungan yang efektif. Selain itu, penggunaan masker N95 dan KN95 tidak perlu dilapisi dengan masker lain karena tingkat kemampuan menyaring paparan virus dan bakterinya sudah mencapai 95 persen.

Penggunaan masker dobel ini sendiri tidak direkomendasikan pada anak-anak karena dikhawatirkan dapat membuat sulit bernapas. Oleh karena itu, usahakan anak tidak keluar rumah untuk sementara waktu agar terhindar dari risiko infeksi COVID-19.

Baca juga: Cegah Penularan Virus Corona dengan Masker

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app