Bahaya Tidur Pakai Make Up

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bahaya Tidur Pakai Make Up


Setelah melewati kegiatan yang padat sepanjang hari, tempat tidur menjadi tempat utama yang dituju untuk menghilangkan rasa lelah yang ada. Namun, sebelum berbaring atau beristirahat pastikan bahwa Anda sudah membersihkan wajah dari make up, polusi, dan kotoran yang menumpuk akibat aktivitas yang Anda jalani. 

Tanpa disadari, terkadang Anda tidak melakukan hal diatas, yakni membersihkan wajah dari make up dan kotoran. Padahal kebiasaan ini akan membuat kulit wajah Anda menjadi tidak sehat dalam kurun waktu yang cukup lama. Nah, apa saja bahaya dari kebiasaan buruk ini? Simak informasinya berikut ini! 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tidur dengan make up yang menempel menyebabkan kulit susah bernapas 

Dr. Samer Jaber, MD dari Washington Square Dermatoloy di New York menjelaskan bahwa perilaku tidak membersihkan make up sebelum tidur meningkatkan pertumbuhan komedo dan jerawat di wajah Anda. Hal ini terjadi karena pori-pori Anda tersumbat akibat make up yang masil menempel dan bercampur dengan debu dan polusi ketika beraktivitas. 

Tidak hanya untuk mengistirahatkan tubuh, tidur malam juga membuat kulit Anda ikut beristirahat. Waktu istirahat diperlukan kulit untuk memperbaiki dan meperbarui sel-sel setelah terkena berbagi radikal bebas.

Kulit yang masih penuh dengan make up saat tidur akan menghambat terjadinya proses regenerasi kulit wajah tersebut. 

Ketika radikal bebas dari lingkungan Anda terjebak di wajah Anda, maka kolagen yang berguna untuk membuat kulit tetap kencang pun pecah. Akibatnya, akan muncul garis-garis halus pada wajah Anda, yang kemudian akan semakin jelas menjadi keriput.

Jadi, apabila kebiasaan tidak menghapus make up sebelum tidur diteruskan, maka jangan heran jika Anda mengalami proses penuaan dini dengan cepat dan kulir mengalami kerusakan. 

Selain beberapa akibat diatas, tidur dengan make up yang masih menempel akan membuat kulit Anda mudah kering dan iritasi. Contohnya ketika Anda lupa membersihkan maskara. Maskara yang tertinggal akan menyumbat folikel bulu mata dan memicu terjadinya iritsai atau blefaritis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Iritasi mata merah juga dapat Anda alami apabila partikel maskara dan eyeliner tidak sengaja masuk ke mata saat tidur. 

Cara membersihkan make up dengan benar 

Penjelasan diatas memberi tahu betapa pentingnya membersihkan make up sebelum tidur agar terhindar dari berbagai kemungkinan buruk yang dapat membuat kulit wajah menjadi rusak. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menganggap remeh kegiatan yang satu ini.

Namun, ketika menghapus make up, Anda mungkin hanya berfokus pada proses mencuci muka saja. Padahal kulit belum tentu benar-benar besih hanya dengan mencuci muka. Oleh sebab itu, dibawah ini terdapat langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan make up sebelum tidur dengan benar: 

  • Pastikan bahwa tangan Anda selalu bersih sebelum membersihkan wajah, menggunakan make up, atau menyentuh wajaj Anda. Tangan yang kotor akan membuat bakteri dan kotoran menempel di wajah dengan mudah. 
  • Pakailah pembersih make up khusus untuk setiap riasan tertentu. Seperti pembesih make up khusus bagian mata dan lipstik sebagai area wajah yang sangat susah dibersihkan, dan pembersih make up biasa untuk bagian wajah yang lain. 
  • Sesudah menggunakan pembersih khusus, keringkan wajah Anda dan coba usao dengan kapas yang bersih. Apabila terdapat sisa-sisa make up yang terlihat di kapas, tandanya wajah Anda belum benar-benar bersih.

Oleh karenanya, Anda dapat mengaplikasikan pembersih yang sesuai dengan kebutuhan area wajah, seperti toner pembersih, micellar water, cleansing balm, milk cleanser, atau cleansing oil. 

  • Lalu cuci muka menggunakan sabun wajah Anda seperti biasa. Dengan gerakan memutar, cuci wajah Anda hingga merasa sudah tidak ada lagi make up yang menempel. Gunakan spons untuk wajah atau kapas untuk mengelap sisa pembersih apabila diperlukan. 
  • Kemudian bilas wajah dengan air dingin. Pori-pori yang terbuka akan tertutup ketika Anda mencuci wajah dengan air dingin, sekaligus meningkatkan sirkulasi dalam kulit.

Pastikan bahwa sisa make up dan sabut wajah Anda benar-benar terangkat dari kulit. Apabila Anda merasa bahwa kulit wajah belum bersih, jangan ragu untuk membilas wajah sekalli lagi. 

  • Keringkan wajah Anda dengan cara ditepuk secara perlahan menggunakan handuk bersih atau diusap halus. Sangat tidak disarankan untuk membersihkan wajah dengan cara digosok. 
  • Setelah mencuci muka, gunakanlah skincare malam Anda seperti biasa untuk merawat kulit. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembap di wajah. 

Sediakanlah tisu basah atau apabila Anda malas untuk bergerak dari tempat tidur untuk membersihkan wajah. Anda bisa menghapus make up yang menempel di tempat tidur.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cosmetic and Makeup Dangers: Tips to Avoid Accidents. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/how-can-i-protect-myself-against-dangers-cosmetics)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app