Bahaya Perokok Pasif, Ibu Hamil Dan Anak-Anak Wajib Tahu!

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Bahaya Perokok Pasif, Ibu Hamil Dan Anak-Anak Wajib Tahu!

Kita sudah tahu bahwa merokok memang sangat merugikan tubuh manusia, khususnya memberikan banyak masalah untuk kesehatan. Namun disini Anda juga harus paham bahwa yang dirugikan bukan hanya mereka yang langsung merokok saja alias perokok aktif

Namun Anda yang juga perokok pasif memiliki peluang yang sama untuk terganggu kesehatannya. Bahkan banyak penelitian menyebutkan perokok pasif ternyata lebih dirugikan dibanding mereka yang perokok aktif.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Sudah tidak makan nangkanya, perokok pasif kena getahnya. Tentu hal seperti ini memberi kerugian tersendiri untuk setiap perokok. Apa itu perokok pasif? Perokok pasif adalah mereka yang menghirup asap rokok dari orang yang merokok namun dirinya memang tidak langsung merokok. 

Banyak bahaya menjadi perokok pasif. Jadi, jika Anda melihat ada orang yang merokok, ada baiknya pergi dari lokasi tersebut. Apa saja bahayanya? Yuk cari jawabannya di pembahasan berikut ini.

Lebih Bahaya Mana, Perokok Pasif Atau Perokok Aktif?

Asap rokok itu mengandung 7000 bahan kimia yang terdiri dari gas dan juga partikel merugikan. Tidak kurang dari 50 zat tersebut terkandung dan didalamnya menyebabkan kanker ganas. 

Serta sisanya sendiri membuat ganbgguan didalam tubuh karena mengiritasinya. Contoh gangguan yang dimaksud adalah tenggorokan, paru-paru dan juga mata serta hidung.

Jika ditanya soal lebih bahaya mana antara perokok pasif dan perokok aktif, maka bisa dipastikan lebih bahaya perokok pasif. Kenapa? Karena didalam asap rokok tersebut mengandung banyak zat yang berbahaya. 

Contohnya asap rokok mengandung tiga kali lebih banyak bahan monoksida dibanding asap rokok aktif. Bukan itu saja ada juga bahan nitrosamin yang besarnya 10 sampai 30 lebih banyak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Bahaya Asap Rokok Untuk Wanita Hamil

Jika Anda memiliki suami yang gemar merokok, ada baiknya menegurnya langsung. Pasalnya sering menghirup asap rokok ketika hamil sangat membahayakan janin Anda. Menjadi perokok pasif ketika hamil membuat janin akan mengalami gangguan seperti:

  • Keguguran atau kelahiran janin mati
  • Muncul berbagai jenis komplikasi ketika janin lahir
  • Kelahiran bayi yang prematur dan juga berat bayi yang tergolong sangat rendah
  • Kematian mendadak dan tidak terduga karena sindrom kematian bayi mendadak

Itu hanya sebagian kecil dari bahaya asap rokok untuk wanita hamil. Masih banyak bahaya lain yang perlu Anda cermati disini.

Bahaya Rokok Pasif Untuk Anak-Anak

Ketika anak-anak masih kecil, banyak resiko dan bahaya menjadi perokok pasif. Berikut bahaya rokok untuk anak-anak:

  • Biasanya anak akan sangat rentan terkena flu, mengi atau napas berbunyi lirih, batuk, sesak nafas dan juga infeksi di bagian telinga tengah
  • Meningkatnya resiko penyakit pernafasan yang cukup kronis. Contohnya adalah bronkitis, bronkiolitis dan juga pneumonia serta kondisi paru yang semakin melemah dan tidak bisa berkembang dengan baik
  • Mudah mengalami asma dan juga banyak serangan di bagian alat pernafasan. Biasanya anak yang sudah menghirup asap rokok secara pasif akan terkena asma sejak dini. Terlebih jika ada anggota keluarga yang sering merokok, biasanya asap rokok akan mengendap dan menetap.

Itu adalah efek dan bahaya menjadi perokok pasif untuk anak-anak dan juga ibu hamil. Kami sarankan untuk berhenti merokok sekarang juga. Karena bukan hanya merugikan diri sendiri, kebiasaan Anda tersebut juga merugikan banyak orang. 

Ada banyak pengobatan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Sebut saja pengobatan akupuntur yang memang sudah sangat terkenal di dunia medis. Anda bisa mencobanya sendiri jika ingin tahu hasilnya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
0. Archives of Disease in Childhood. (https://adc.bmj.com/content/88/12/1086)
[Negative effects of passive smoking on the (unborn) child]. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11887620)
Dilemma of women’s passive smoking. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3081556/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app