Ketahui Bahaya Apa Saja yang Mengintai Perokok Pasif?

Dipublish tanggal: Mei 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Bahaya Apa Saja yang Mengintai Perokok Pasif?

Dampak buruk rokok bisa mengintai siapa saja tak terkecuali Anda yang tidak merokok sama sekali. Racun dalam produk rokok bisa menyebar dan masuk kedalam tubuh melalui asap rokok. 

Jadi sekalipun Anda tidak pernah merokok sama sekali, namun jika sering terkena paparan asap rokok dari lingkungan sekitar, risiko terkena masalah kesehatan masih mengancam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Bahaya penyakit akibat rokok juga bisa menjangkiti bayi, anak-anak, dan ibu hamil. Lantas dampak negatif apa saja yang ditimbulkan oleh asap rokok terhadap perokok pasif? Ketahui jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Apa itu perokok pasif?

Berkebalikan dengan perokok aktif yang mengalami kecanduan rokok, perokok pasif justru tidak pernah mencicipi rokok sama sekali. Perokok pasif adalah mereka yang terkena paparan asap rokok dari orang-orang disekitarnya. 

Risiko masalah kesehatan yang dialami oleh perokok pasif tak kalah bahayanya dari perokok aktif. Ini karena racun pada rokok sudah masuk kedalam tubuh melalui perantara asap rokok.

Jadi sekalipun Anda bukan perokok aktif namun bila hidup di lingkungan yang sebagian besar perokok aktif, risiko kerusakan jantung, paru-paru, kanker, dan penyakit lainnya masih bisa menjangkiti.

Efek buruk asap rokok terhadap perokok pasif

Kurang lebih ada 7000 jenis bahan kimia yang terkandung dalam asap rokok. 50 diantaranya menjadi penyebab utama kanker dan melemahkan fungsi beberapa organ seperti paru-paru, tenggorokan, hidung, serta mata.

Secara umum, asap rokok dibagi menjadi dua yaitu mainstream dan sidestream. Keduanya sama-sama berasal dari rokok, hanya saja sumber berbeda. Asap mainstream adalah asap yang dihasilkan dari rokok yang dihirup langsung melalui mulut. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Sedangkan asap sidestream adalah asap yang berasal dari pembakaran ujung rokok. Asap sidestream 4 kali lebih berbahaya daripada asap mainstream. Ini karena pada asap sidestream mengandung karbondioksida, nitrosamin, dan amonia lebih banyak hingga berkali-kali lipat.

Kedua jenis asap tersebut sering dihirup oleh  perokok pasif secara tidak sengaja. Lama kelamaan, zat berbahaya tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan berisiko menyebabkan penyakit kanker dan jantung. 

Jadi dampak buruk rokok tidak hanya merusak kesehatan perokok aktif, mereka yang hanya menghirup asapnya saja bisa terkena penyakit yang mematikan. Risiko yang lebih tinggi juga dialami perokok pasif yang dalam kondisi hamil serta masih dalam usia bayi dan anak-anak.

Efek buruk asap rokok bagi ibu hamil

Ibu hamil yang terlalu sering menghirup asap rokok juga berisiko mengalami masalah kesehatan. Tidak hanya itu, racun pada asap rokok juga berbahaya bagi kondisi janin. 

Beberapa dampak buruk yang bisa dialami oleh ibu hamil dan janinnya diantaranya seperti munculnya komplikasi saat melahirkan, keguguran, bayi meninggal saat dilahirkan, kelahiran prematur, dan kematian mendadak pada bayi.

Efek buruk asap rokok bagi anak-anak

Kekebalan tubuh anak-anak yang masih rentan, menyebabkan mudah terkena masalah kesehatan jika terus-terusan terpapar asap rokok. Beberapa penyakit yang kerap menyerang diantaranya adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Asma

Asap rokok bisa memicu penyakit asma. Sementara bagi anak-anak yang sudah memiliki riwayat asma, akan sering kumat dan penyembuhannya juga butuh waktu lama.

Flu dan batuk

Berbagai masalah kesehatan mudah menjangkiti anak-anak terutama jika terus menghirup asap rokok. Penyakit tersebut misalnya seperti batuk, flu, sesak napas, serta infeksi pada telinga bagian bawah.

Pneumonia dan Bronkitis

Asap rokok akan membuat kondisi paru-paru menjadi lemah. Hal ini bisa meningkatkan risiko bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis.

Meski tidak merokok, namun perokok pasif tetap berisiko terkena masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung, kerusakan paru-paru, dan lain sebagainya. Karena itulah jauhi lingkungan yang terlalu sering terpapar asap rokok agar terhindar dari penyakit berbahaya dan mematikan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Health Risks of Secondhand Smoke. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/tobacco-and-cancer/secondhand-smoke.html)
The Health Effects of Passive Smoking: An Overview of Systematic Reviews Based on Observational Epidemiological Evidence. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4595077/)
Some Hazards of Passive Smoking. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2306350/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app