4 Bahan Alami yang Cepat Mengatasi Kutu Air di Kaki

Dipublish tanggal: Nov 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
4 Bahan Alami yang Cepat Mengatasi Kutu Air di Kaki

Kutu air memang bukan suatu masalah yang membahayakan kesehatan. Meski demikian, penyakit akibat infeksi jamur ini tentu harus tetap diobati agar tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sebelum mencoba obat kutu air yang ada di apotek, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi kutu air. Bahkan, beberapa di antaranya sudah ada di rumah Anda, lho!

Apa itu kutu air?

Kutu air adalah munculnya ruam pada kulit kaki terutama di sela-sela jari kaki, umumnya disebabkan oleh jamur. Kulit kaki yang terkena kutu air akan berubah menjadi lebih putih, percah-pecah, bersisik, dan terkadang kemerahan serta lebih kering. Bahkan kutu air ini juga bisa menyebabkan rasa gatal, sakit, hingga melepuh apabila tidak diobati dalam waktu yang cepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli MICONAZOLE CR 2% 10G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Miconazole cr 2 10g 1

Pengobatan kutu air bertujuan agar infeksi tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini juga dilakukan supaya jangan sampai kutu air ini menular ke orang lain. 

Memang, langkah yang tepat untuk menghilangkan kutu air adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan meresepkan obat-obatan yang mengandung bahan anti jamur, biasanya obat tersebut mengandung clotrimazole ataupun miconazole

Baca Selengkapnya: Salep Kutu Air Terbaik yang Tersedia di Apotek

Cara alami mengatasi kutu air

Selain dengan obat-obatan dari dokter, Anda sebetulnya juga dapat menghilangkan kutu air di kaki hanya berbekal bahan-bahan alami, lho! Bahkan, beberapa bahan mungkin sudah tersedia di rumah, jadi Anda tak perlu repot-repot membelinya dan bisa langsung menggunakannya.

Berikut adalah berbagai bahan alami yang dapat mengatasi kutu air, antara lain:

1. Larutan cuka 

Cuka mengandung asam asetat yang dipercaya memiliki sifat anti jamur dan dapat menghilangkan kutu air di sela-sela jari kaki. Cara memanfaatkan larutan cuka ini cukup mudah, kok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ketoconazole 200mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ketoconazole dexa 200mg tab 1

Anda hanya perlu mencampurkan 1 gelas cuka dengan 2 gelas air di dalam baskom, kemudian rendam kaki Anda pada larutan cuka tadi. Sembari merendam kaki, jangan lupa bersihkan sela-sela jari agar jamur ikut menghilang.

2. Bawang putih 

Bahan dapur yang satu ini memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Dengan kandungan antiseptik yang ada di bawang putih, Anda bisa memanfaatkan bahan dapur ini untuk mengatasi kutu air yang menganggu. 

Caranya, potong-potong bawang putih lalu gosokkan ke sela-sela jari yang terdapat kutu air. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Selengkapnya: Manfaat Bawang Putih untuk Jamur Kulit Hingga Diabetes

3. Garam laut 

Garam laut tentunya sudah pasti ada di dalam dapur Anda. Nah, bahan alami yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kutu air di kaki yang mengganggu.

Caranya, campurkan garam dan air hangat dalam baskom, lalu rendam kaki Anda selama 20 menit. Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki oleh garam dapat mengatasi kutu air yang ada di kaki Anda. Bahkan, garam juga mampu untuk mencegah penyebaran kutu air ke bagian tubuh lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Anti Jamur via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 32

4. Teh 

Selain lezat untuk dinikmati di pagi dan sore hari, ternyata teh memiliki khasiat lain. Salah satunya, manfaat teh hijau bisa membantu Anda mengatasi kutu air yang menganggu.

Teh hijau memiliki sifat anti jamur yang dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab kutu air. Rutin merendam kaki setiap hari selama 3 bulan diketahui dapat menghilangkan kutu air. 

Caranya, cukup rendam kaki Anda dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan teh hijau selama beberapa menit. Setelah itu, keringkan kaki Anda hingga benar-benar kering agar tidak memicu pertumbuhan jamur.

Pada awalnya, kulit Anda mungkin akan mengelupas dan kemerahan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena hal ini merupakan pertanda kandungan polifenol yang ada di dalam teh sedang bekerja. 

Meskipun ada banyak bahan alami yang dapat membantu mengatasi kutu air, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Pastikan juga Anda selalu menjaga kebersihan kaki, jangan biarkan kaki dalam keadaan basah dan lembap. 

Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan kaus kaki berhari-hari dan satu sepatu dalam waktu lama. Anda dianjurkan untuk rutin mengganti kaus kaki dan sepatu agar kaki tidak lembap, sehingga mencegah dan mengatasi kutu air makin parah.

Baca Juga: Beragam Cara Ampuh Mengatasi Kutu Air dan Mencegahnya Datang Lagi

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app