Awas, 6 Cara Pakai Tabir Surya ini Bikin Kulit Anda Gosong

Penggunaan tabir surya atau sunscreen juga harus benar agar tabir surya dapat bekerja efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Berikut ini 6 kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan tabir surya:
Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Awas, 6 Cara Pakai Tabir Surya ini  Bikin Kulit Anda Gosong

Tabir surya merupakan salah satu perawatan wajah yang wajib bagi kaum wanita. Pasalnya tinggal di negara yang beriklim tropis mengharuskan Anda untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari agar tidak mudah gosong.

Mungkin Anda beranggapan jika menggunakan krim wajah yang memiliki kandungan SPF sudah bisa melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Padahal pernyataan tersebut belum tentu benar. Krim yang mengandung SPF belum tentu mampu melindungi paparan ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini.

Selain itu, Penggunaan tabir surya atau sunscreen juga harus benar agar tabir surya dapat bekerja efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Berikut ini 6 kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan tabir surya:

Beli tabir surya tanpa memperhatikan kandungannya

Saat ini banyak sekali jenis tabir surya yang dijual di pasaran, seperti bentuk lotion, krim, gel, dan semprot. Pilihlah produk tabir surya sesuai dengan jenis kulit Anda. Misalnya, untuk kulit yang kering sebaiknya Anda memilih tabir surya jenis lotion, krim, gel, atau semprot. 

Tapi jika kulit Anda berminyak, pilihlah tabir surya jenis gel atau semprot.

Nah, perhatikan juga kandungan tabir surya sebelum Anda membelinya. SPF merupakan perlindungan kulit yang dapat memperkirakan berapa lama sinar matahari akan membakar kulit (sunburn). Sinar UVA dapat mengakibatkan kerutan, penuaan dini, dan kanker kulit, sedangkan UVB dapat mengakibatkan kulit terbakar.

Yayasan Kanker Kulit menganjurkan menggunakan tabir surya yang minimal mengandung SPF 30 (menghalangi 97% sinar matahari UVB) dan maksimal SPF 50 (menghalangi 98% sinar UVB). Apabila tidak tertera di produk, coba lihat kandungan produk apakah terdapat zink atau avobenzone. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Kedua bahan tersebut mampu melindungi kulit dari risiko kanker.

Hanya mengoleskan tabir surya pada kulit yang terbuka

Biasanya tabir surya hanya dioleskan pada kulit yang terbuka saja, seperti wajah, tangan, dan kaki. Apabila tabir surya tidak dioleskan ke seluruh tubuh, tentu hasilnya tidak maksimal dan kulit Anda masih akan terkena paparan sinar matahari. 

Penggunaan tabir surya yang baik adalah mengoleskannya ke seluruh bagian tubuh, termasuk bagian tubuh yang tertutup baju. 

Tidak mengoleskan tabir surya secara merata 

Jangan lewatkan mengoleskan tabir surya ke bagian tubuh seperti kelopak mata, bawah bibir, belakang telinga, kepala yang botak, maupun leher. Pasalnya bagian tersebut juga mempunyai kemungkinan terkena sinar matahari.

Bagian bibir juga tidak boleh diabaikan, Anda bisa menggunakan lip balm atau pemulas bibir sedikit tebal yang memiliki kandungan SPF. Agar bibir Anda tidak terkena dampak buruk ultraviolet dan terhindar dari kanker bibir.

Gunakan tabir surya yang memang digunakan khusus untuk wajah atau tabir surya badan yang diperbolehkan untuk wajah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Pilihlah produk tabir surya yang tepat untuk perlindungan tubuh Anda, karena tabir surya yang khusus untuk wajah biasanya memiliki kandungan yang lebih kompleks untuk mencegah iritasi dan jerawat

Menggunakan tabir surya hanya saat matahari bersinar terik

Mungkin Anda beranggapan tidak perlu menggunakan tabir surya saat cuaca sedang berawan dan matahari tidak kelihatan atau saat musim penghujan. Karena paparan sinar matahari tidak terlihat maka tidak berbahaya. Tetapi tahukah Anda bahwa anggapan tersebut salah besar.

Sinar matahari UVA dan UVB tetap dapat menembus awan, sehingga kulit Anda masih membutuhkan tabir surya sebagai pelindung. Sama halnya ketika musim penghujan, sinar UVB akan berkurang, namun paparan sinar UVA justru akan meningkat.

Sinar UVA dan UVB dapat mengakibatkan kerusakan sel dan kanker kulit. Sehingga Anda harus tetap menggunakan tabir surya walaupun cuaca diluar sedang berawan atau musim penghujan.

Mengoleskan tabir surya sesaat sebelum pergi

Sama seperti produk kosmetik lainnya, tabir surya juga memerlukan waktu untuk meresap ke lapisan kulit agar bekerja secara efektif. Oleh karena itu, sebaiknya oleskan tabir surya minimal 15-30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

Jika Anda mengoleskan tabir surya sesaat sebelum Anda pergi, kulit Anda tidak akan mendapat perlindungan optimal dari paparan sinar matahari dan beresiko terbakar matahari (sunburn).

Tidak re-apply tabir surya

Tabir surya tidak bisa hanya dioleskan satu kali selama Anda berpergian. Meskipun tabir surya yang Anda beli memiliki kandungan SPF yang tinggi, bukan berarti tabir surya akan melindungi Anda seharian penuh. Sebaiknya oleskan tabir surya setiap 2 sampai 3 jam sekali. 

Tabir surya atau sunscreen yang telah dioleskan akan mudah pudar, terlebih jika Anda banyak melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari. Apalagi jika Anda terpapar keringat atau air seperti saat berenang atau bermain di pantai.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Sunscreen Mistakes That Hurt Your Skin. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/sunscreen-mistakes-that-hurt-your-skin.aspx)
The Biggest Sunscreen Mistakes. Health.com. (https://www.health.com/beauty/15-biggest-sunscreen-mistakes)
The Proper Way to Apply Sunscreen. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/apply-sunscreen-1069526)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app