Aturan Cuci Muka Dalam Sehari, Berapa Kali ?

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Aturan Cuci Muka Dalam Sehari, Berapa Kali ?

Sebagian besar orang beranggapan bahwa apabila semakin sering cuci muka dalam sehari, maka kulit wajah akan semakin bersih dan terawat. 

Namun, faktanya tidak demikian. Faktanya, jika Anda mencuci muka terlalu sering, akan menimbulkan risiko tersendiri bagi kesehatan kulit wajah Anda. Lantas, sebenarnya berapa kali seharikah sebaiknya Anda mencuci muka ? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Panduan mencuci muka dalam sehari berdasarkan kondisi kulit anda

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif cukup beruntung. Mengapa ? Pasalnya, bagi jenis kulit ini disarankan sebaiknya tidak perlu terlalu sering mencuci muka. Cukup satu kali mencuci muka dalam sehari. 

Hal ini karena, jika jenis kulit kering mencuci muka terlalu sering, nantinya akan  menimbulkan dampak buruk bagi kondisi kulit Anda. Mencuci kulit muka berjenis kering dapat mengurangi minyak alami yang ada pada kulit, dimana minyak ini sebenarnya berfungsi dalam melindungi kulit Anda.

Sedangkan, untuk waktu melakukan cuci muka, Anda disarankan untuk mencuci muka ketika pagi hari atau saat malam hari saja. Selain itu, lakukan juga perawatan kulit wajah Anda, misalnya seperti rajin memakai toner serta krim pelembab

Gunanya adalah supaya kulit Anda tetap terjaga kelembabannya.

Untuk jenis kulit yang satu ini disarankan melakukan lebih banyak cuci muka dalam sehari dibandingkan dengan jenis kulit yang sebelumnya. Kulit berminyak disarankan mencuci muka setidaknya dua kali sehari sudah cukup. 

Ini dilakukan ketika pagi hari sebelum memulai aktivitas dan juga malam hari sebelum Anda tidur. Karena mencuci muka ketika pagi hari dapat membersihkan minyak yang menumpuk di kulit Anda selama Anda sedang tidur.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Sedangkan, cuci muka ketika malam hari akan mencegah minyak di kulit wajah Anda mengalami penumpukan dan juga mencegah munculnya jerawat akibat kotoran yang menempel di kulit wajah selama aktivitas keseharian yang Anda lakukan. 

Selain cuci muka, Anda yang berjenis kulit berminyak juga akan direkomendasikan untuk melakukan scrubbing atau exfoliating kulit wajah setidaknya dua minggu sekali saja. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda dengan lebih optimal.  

  • Cucilah muka setelah berolahraga

Selain berdasarkan jenis kulit, hal ini juga penting dilakukan bahkan untuk semua orang. Seseorang dianjurkan mencuci muka seusai olahraga karena keringat yang keluar ketika Anda berolahraga nantinya akan meresap ke dalam kulit yang akan menyebabkan pori-pori kulit terhambat. 

Ini akan menyebabkan kulit wajah Anda rentan terhadap timbulnya jerawat.

Ketika Anda membasuh serta mengeringkan wajah, juga harus diingat untuk selalu menggunakan handuk bersih dan juga air yang bersih. Jika Anda memakai handuk kotor untuk mengeringkan kulit wajah, akan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih mudah terkena iritasi.

  • Jika keseharian anda selalu ber-makeup, cucilah muka dua kali sehari

Apabila Anda termasuk seseorang yang selalu menggunakan makeup dalam aktivitas sehari-hari, Anda harus mencuci muka setidaknya dua kali dalam satu hari. Bagi Anda berjenis kulit apapun, kering, sensitif ataupun berminyak, cuci muka dua kali sehari merupakan wajib untuk dilakukan. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Anda akan memerlukan dua tahap pembersihan kulit wajah setelah Anda menggunakan make-up.

Yang pertama yaitu, Anda harus menghapus terlebih dahulu makeup yang ada pada wajah dengan menggunakan pembersih khusus kosmetik atau yang biasa disebut dengan make-up remover

Kemudian tahap yang kedua adalah, Anda harus mencuci muka memakai sabun wajah seperti biasanya. 

Jika Anda masih mendapati beberapa sisa-sisa makeup ketika Anda mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk, berarti Anda tidak membersihkan dengan efektif seperti yang seharusnya.

  • Sebaiknya, janganlah terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka terlalu sering justru akan menyebabkan kulit mudah melepas semua minyak yang sebenarnya diperlukan oleh kulit wajah Anda supaya terjaga kekenyalannya, kelembapannya, dan agar tetap bersinar. 

Selain itu, juga dapat memecah keasaman kulit, yang berguna menjaga keseimbangan kadar minyak, keringat dan bakteri baik pada kulit. Kemudian, juga bisa menyebabkan kulit semakin kering, bersisik, kemerahan bahkan rentan terhadap jerawat.

Anda memerlukan keasaman yang cukup pada kulit agar kulit wajah Anda tetap sehat.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Walters RM, et al. (2012). Cleansing formulations that respect skin barrier integrity. DOI: (https://dx.doi.org/10.1155%2F2012%2F495917)
Neill US, et al. (2012). Skin care in the aging female: myths and truths. DOI: (https://dx.doi.org/10.1172%2FJCI61978)
Tips for Taking Care of Your Skin (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/skin-tips.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app