Attapulgite: Obat Untuk Mengobati Kualitas Feses

Update terakhir: Mar 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 996.351 orang

Attapulgite adalah magnesium aluminium phyllosilicate yang terkandung di dalam beberapa tanah lempung yang umum di Amerika bagian tenggara. Attapulgite yang digunakan sebagai obat dapat mengikat asam, bakteri dan zat beracun secara fisik dan menurunkan kehilangan air pada perut dan saluran pencernaan

Karena alasan tersebut, attapulgite sering digunakan untuk obat anti diare, mengurangi intensitas buang air besar, memperbaiki kualitas feses agar tidak terlalu padat atau cair, dan meredakan kram gastrointestinal akibat diare. Hingga tahun 2003, attapulgite adalah bahan aktif yang digunakan pada Kaopectate, sebelum Kaopectate mengganti attapulgite dengan bismuth subsalisilat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Mengenai Attapulgite

Golongan:

Obat bebas

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Antidiare

Manfaat Attapulgite

Attapulgite yang digunakan untuk obat, dapat mengikat asam dan zat beracun pada perut dan saluran pencernaan. Oleh karena itu, attapulgite sering digunakan untuk obat anti diare. 

Attapulgite adalah magnesium aluminium phyllosilicate yang mengikat zat beracun, bakteri dan air sehingga feses menjadi lebih padat dan lebih baik, dan mengurangi kehilangan cairan akibat diare. Selain membuat tinja lebih padat, attapulgite juga bermanfaat untuk meredakan gejala kram perut akibat diare.

Cara Penggunaan dan Dosis Attapulgite

Gunakan tablet attapulgite sesuai petunjuk dari dokter Anda. Baca segala informasi yang diberikan kepada Anda dan ikuti dengan seksama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Ikuti apa yang diinstruksikan dokter
  • Attapulgite bisa diminum dengan atau tanpa makan terlebih dahulu
  • Minum banyak cairan non kafein kecuali memang diminta dokter untuk meminum lebih sedikit air dari biasanya
  • Jangan meminum attapulgite dalam jangka waktu yang terlalu lama daripada yang diinstruksikan dokter
  • Attapulgite dapat mencegah obat lain untuk masuk dengan baik ke dalam tubuh. Jika Anda menggunakan obat lain, pastikan ke dokter atau farmasis apakah Anda dapat menggunakan obat tersebut bersamaan dengan tablet attapulgite

Attapulgite diminum setiap setelah buang air besar yang encer

  • Orang dewasa dan lanjut usia dengan usia diatas 12 tahun boleh meminum 1,2 hingga 1,5 gram per dosis dan maksimal 8,4 gram per hari.
  • Anak-anak dari umur 6 hingga 12 tahun boleh meminum 600 hingga 750 gram setiap kali selesai buang air besar yang encer dan maksimal 4,5 gram per hari.
  • Anak-anak berumur 3 sampai 6 tahun boleh meminum 300 mg setiap selesai buang air besar yang encer dan maksimal 2,1 gram (sekitar 7 dosis) per hari.

Efek samping

Kebanyakan obat memiliki efek samping. Namun, kebanyakan orang tidak merasakan efek samping atau hanya mengalami efek samping yang minor. 

Segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami efek samping yang mengganggu Anda atau efek samping yang tidak kunjung hilang. Sampai saat ini, tidak ada efek samping attapulgite yang dilaporkan.

Interaksi dengan obat lain

Attapulgite dapat menurunkan kemampuan absorpsi benztropine, trihexyphenidyl, loxapine, dan dicyclomine jika digunakan secara bersamaan. Obat tersebut harus diminum setidaknya 2 jam sebelum atau setelah mengonsumsi attapulgite. 

Attapulgite dan obat anti diare lainnya yang digunakan bersamaan dapat memperparah sembelit yang disebabkan obat anti nyeri opiat seperti oxycodone, hydrocodone, propoxyphene, morfin dan kodein.

Peringatan

  • Beritahukan kepada dokter apabila Anda memiliki alergi terhadap tablet attapulgite atau bagian dari tablet attapulgite. Jika Anda alergi terhadap obat-obatan lain seperti attapulgite, obat jenis lain, makanan atau zat-zat tertentu, beritahukan ke dokter. Beritahukan mengenai alergi dan tanda yang Anda alami seperti ruam, muncul bintik-bintik kemerahan, gatal-gatal, nafas pendek, nafas berbunyi, batuk, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan, atau tanda-tanda lainnya.
  • Beritahukan pada penyedia kesehatan Anda bahwa Anda menggunakan tablet attapulgite. Penyedia kesehatan ini termasuk dokter, suster, farmasis dan dokter gigi Anda.
  • Jika Anda berusia 65 ke atas, gunakan tablet attapulgite dengan waspada. Anda mungkin mengalami efek samping yang lebih.
  • Beritahukan ke dokter apabila Anda hami, atau berencana akan hamil. Tanyakan mengenai manfaat dan risiko penggunaan tablet attapulgite saat Anda sedang hamil.
  • Beritahukan ke dokter apabila Anda sedang menyusui, dan tanyakan mengenai risiko terhadap bayi.

Penyimpanan dan Pembuangan

  • Simpan attapulgite pada suhu ruangan
  • Simpan attapulgite pada tempat yang kering. Jangan disimpan di kamar mandi
  • Simpan semua obat di tempat yan aman. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Buang semua obat yang tidak dipakai lagi atau sudah kadaluarsa. Jangan membuang obat di toilet atau membuang ke saluran air. Tanyakan ke farmasis Anda mengenai pembuangan obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp