Asiklovir Topikal: Obat Untuk Mengobati Infeksi Virus

Update terakhir: Feb 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 892.942 orang

Kegunaan, Dosis Dan Efek Samping Asiklovir Topikal

Tidak ada yang pernah mengetahui kapan datangnya sebuah penyakit. Suatu penyakit dapat disebebkan oleh berbagai macam faktor seperti, virus, bakteri, parasit, jamur dan lain-lain. Untuk pengobatan suatu penyakit pun akan berbeda-beda tergantung pada dasar penyebabnya. Obat-obatan pun tersedia dengan berbagai macam bentuk seperti, obat oral, salep, puyer dan lain-lain. Khususnya untuk penyakit yang disebabkan oleh suatu virus bisanya akan menggunakan pengobatan menggunakan obat antivirus. Pada artikel ini akan membahas salah satu obat antivirus yaitu Asiklovir topikal atau salep yang biasa digunakan untuk berbagai macam penyakit seperti cacar air daln infeksi virus lainnya. Selamat membaca.

Apa sih obat Asiklovir topikal itu?

Asiklovir merupakan obat antivirus yang digunakan untuk mengobati infeksi akibat virus. Biasanya obat-obatan ini bekerja pada satu jenis atau kelompok dari infeksi virus. Asiklovir digunakan untuk mengobati gejala-gejala cacar air atau varisela, herpes zoster, infeksi virus herpes pada genital, kulit, otak, dan membran mukosa (bibir dan mulut), serta infeksi virus herpes pada neonatus. Asiklovir juga dapat digunakan pada infeksi virus yang lainnya, akan tetapi obat ini tidak dapat digunakan pada infeksi virus yang pasti seperti pada common cold. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet, injeksi intravena, dan topikal atau salep.

Apa saja indikasi penggunaan obat Asiklovir topikal?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Asiklovir topikal adalah obat salep yang mempunyai kegunaan untuk mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV), virus varisela zoster atau cacar air, infeksi genital awal dan berulang atau kambuhan. Cara menggunakan obat Asiklovir yaitu oleskan salep atau krim secara merata pada bagian kulit yang terkena penyakit. Sebaiknya di oleskan setelah mandi dan sebelum tidur. Pengobatan Asiklovir topikal biasanya dianjurkan selama 3-7 hari.

Berapa dosis obat Asiklovir topikal?

Dosis obat Asiklovir topikal biasanya digunakan sesuai dengan indikasi penyakit yang mendasarinya, seperti:

  • Untuk orang dewasa dan anak diatas 2 tahun: 5 x 1 hari = 200 mg setiap 4 jam selama 5 hari
  • Untuk mengobati herves simpleks: 4 x 1 hari = 200 mg setiap 6 jam
  • Untuk pengobatan penyakit herves zoster: 5 x 1 hari = 800 mg setiap 4 jam selama 7 hari 

Agar tidak membuat Anda bingung dengan cara pemakaian dan dosisnya, tanyakan kembali ke dokter atau apotek untuk pemakaian obat salep Asiklovir yang baik dan benar.

Bagaimana dengan efek samping dari obat Asiklovir topikal?

Seperti pada penggunaan obat yang lainnya, obat Asiklovir topikal juga dapat menimbulkan efek samping walaupun jarang sekali terjadi. Efek samping pada Asiklovir topikal sebagai berikut:

  • Gatal-gatal pada kulit
  • Ruam pada kulit
  • Bintik-bintik merah yang membengkak
  • Gangguan pencernaan
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala

Jika terdapat gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau bahkan terjadi gejala yang mengganggu aktivitas Anda sepeti, kesulitan bernafas, kulit melepuh dan lainya setelah mengunakan obat tersebut. Maka segeralah datangi dokter atau rumah sakit terdekat untk pendapatkan penanganan yang baik.

Perhatian Dan Peringatan untuk obat Asiklovir topikal

Gunakan obat ini hati-hati pada pasien dengan immunocompromised (pasien yang mengalami kondisi penurunan kondisi kekebalan tubuh seperti pasien HIV, pasien kemoterapi, pasien penyakit gula)

Hati- hati pemeberian obat Asiklovir yang diberikan pada wanita hamil dan kepada wanita yang sedang menyusui. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini hanya untuk pemakaian luar, tidak untuk digunakan pada mata atau di dalam mulut

Hindari penggunaan obat ini melebih dosis yang dianjurkan oleh dokter

 

Sebelum menggunakan obat ini bicarakan pada dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki riwayat alergi pada obat-obatan atau bahan tertentu khususnya pada obat Asiklovir dan golongannya. Beri tahu juga dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obat lain, termasuk obat bebas, suplemen, atau yang lainnya. Gunakanlah obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Jika terjadi alergi atau overdosis segera temui dokter utuk pendapatkan penanganan yang terbaik. Semoga bermanfaat.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit